Internasional

Meski Lagi Haid, Wanita Ini Ikut Lari Maraton

Sungguh di luar dugaan wanita yang bernama Kiran Gandi ini mengikuti lomba lari maraton keliling Kota London dalam kondisi haid tanpa menggunakan pembalut. Waduh? Alhasil, darah menstruasinya merembes keluar celana olahraga yang ia kenakan.

Saat dilansir dailymail.co.uk (11/8), Kiran yang juga lulusan Harvard University ini bukan tanpa sengaja ikut lari marathon saat haid. Ia juga dengan sadar dan membiarkan haidnya mengalir saat marathon pada April lalu. Hal ini dilakukannya sebagai unjuk rasa untuk meningkatkan kepedulian terhadap para wanita yang tak memiliki akses untuk mendapatkan produk-produk kesehatan.

Wanita berusia 26 tahun ini menceritakan pengalamannya tersebut di situs pribadinya. Dalam tulisan yang berjudul “Feminisme”, ia menulis: “Saya mendapat haid semalam sebelum lomba dan itu benar-benar bencana, tapi saya tak mau membersihkannya. Bakal sangat tidak nyaman untuk mencemaskan pembalut sepanjang 26,2 mil.”

“Saya pikir jika ada seseorang di mana masyarakat tak mau bermasalah dengannya, ia adalah pelari marathon. Jika ada satu cara untuk mengalahkan penindasan, cara itu adalah berlari marathon dengan cara apapun yang kita inginkan,” tulis wanita yang juga sang drummer band H.A.I.M ini.

Kiran yang berlari bersama dua sahabat baiknya ini untuk menggalang dana 3.800 pound yang akan disumbangkan kepada Breast Cancer Care. ”Saya berlari dengan darah mengucur di antara kedua kaki saya demi saudari-saudari saya yang tak punya akses terhadap pembalut dan saudari-saudari saya yang meski merasakan kesakitan, menyembunyikan semua itu dan berpura-pura hal itu tak pernah ada,” tambahnya.

Tindakan Kiran tersebut mendapatkan dukungan sejumlah pengguna Twitter, tapi tak sedikit yang juga mengecamnya. Namun Kiran mengaku bersyukur karena begitu banyak orang memahami pesannya.

“Anda wanita yang mengagumkan! Terima kasih karena telah menambah kepercayaan diri saya,” kicau akun twitter bernama Demiurgic. (sooperboy.com) 

alterntif text

BAGIKAN:
alterntif text
loading...
Loading...
Comments

Terpopuler

To Top