Sains

Kapan Hujan Mengguyur Indonesia? Ini Jawabannya

Foto: Michael Murphy/Getty Images

Kemarau panjang melanda. Terhitung sejak Juli 2015, hujan sepertinya enggan untuk turun. Hal ini tentu saja dikeluhkan banyak orang. Bukan hanya para petani yang gagal panen karena kekeringan. Melainkan masyarakat yang berdomisili di beberapa provinsi yang saat ini tengah dilanda asap.

Ya, Dapartemen Kehutanan bahkan memperkirakan luas areal kebakaran hutan tahun ini 38.000-40.000 hektare. Tidak heran jika sebagian warga masyarakat Indonesia menjerit karena asap.

Lantas, kapan musim hujan tiba? Dilansir Harian Pikiran Rakyat, Selasa 29 September 2015, berikut jawabannya.

Indonesia saat ini mengalami fenomena El Nino. Yang mana menurut BMKG, El Nino merupakan anomali suhu permukaan laut di Samudara Pasifik yang lebih hangat dari biasanya. Kondisi itu mengakibatkan pembentukan awan dan hujan yang seharusnya terjadi di Indonesia berpindah ke atas Pasifik.

Pada saat yang bersamaan, biasanya terjadi fenomena IOD (Indian Ocean Dipole). Suhu permukaan laut di Samudra Hindia dekat Afrika lebih hangat dibandingkan suhu di dekat Sumatra. Akibatnya, pembentukan awan dan potensi hujan di Indonesia bergerser ke Afrika.

Lantas, kapan El Nino berakhir?

Fenomena El Nino diperkirakan akan berlangsung hingga Februari 2016, puncaknya akan terjadi pada November sampai Desember. Hujan akan menyapa pada awal Desember. Itu pun diperkirakan intensitas hujan di bawah normal.

==BAGIKAN==
SPONSORED CONTENT
loading...
Loading...
Comments
To Top