CPNS 2016 Siapkan Kuota 230.000 Orang | Makassar Today
Connect with us

Pns

CPNS 2016 Siapkan Kuota 230.000 Orang

Published

on

cpns 2016 Yuddy Chrisnandi

Seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) rencananya akan digelar pada April hingga Oktober 2016 mendatang. Hal itu telah diputuskan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Untuk seleksi CPNS 2016, Kemenpan RB telah menetapkan kuota sebanyak 230.000 orang untuk formasi pusat dan daerah. “Telah diputuskan kebutuhan semua kementerian pusat dan daerah sebanyak itu,” ujar MenPAN-RB Yuddy Chrisnandi di kantornya, Jakarta Selatan, Senin (28/9/15)


Namun, kuota 230.000 CPNS itu memang tidak seluruhnya rekrutan baru. Lantaran jumlah tersebut sudah termasuk pengangkatan sekitar 40.000 guru honorer dan bidang desa berstatus pegawai tidak tetap (PTT) yang jumlahnya mencapai 16.000 orang.

“Anggaran telah disiapkan dalam DIPA (daftar isian pelaksanaan anggaran, red) sebesar Rp 12,42 triliun,” papar Yuddy.

Menteri Yuddy Chrisnandi juga menjelaskan bahwa kuota dan anggaran telah dilaporkan ke Kementerian Keuangan dan Dewan Perwakilan Rakyat. Usulan anggaran itu pun sudah dikaji secara matang.

“Anggarannya sudah realistis berdasarkan kebutuhan. Apalagi sebagian besar yang direkrut adalah honorer K2 dan bidan desa PTT,” tandasnya.

Advertisement
Comments

Pns

Pendaftran CPNS 2016 Akan Digelar Pemerintah

Published

on

By

cpns sulsel 2016

Bagi Anda yang telah lulus sekolah atau telah sarjana, dan bercita-cita menjadi abdi negara, ini kabar gembira untuk Anda. Setelah seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun ini batal digelar, pemerintah bakal kembali membuka pendaftaran penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) bagi pelamar umum pada tahun 2016.

“Insya Allah tahun depan seleksi penerimaan CPNS untuk pelamar umum akan dibuka. Sekarang ini masih dirumuskan,” kata Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik (HUKIP), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Herman Suryatman di Jakarta, Senin (19/10/15).

Namun, Herman menegaskan, seleksi CPNS yang dilaksanakan tahun depan hanya untuk menjaring sejumlah profesi yang masih sangat dibutuhkan pemerintah seperti guru, tenaga kesehatan, penegak hukum dan tenaga fungsional tertentu.


Herman juga menyampaiakan agar masyarakat mengikuti perkembangan lowongan seleksi CPNS 2015 website KemenPAN-RB. Selain untuk medapatkan informasi akurat terkait penerimaan CPNS di website tersebut, diharapkan pula masyarakat terhindar dari penipuan atau informasi yang menyesatkan.

“Masyarakat bisa memantau website KemenPAN-RB. Jangan sampai ketipu informasi tidak jelas di luar institusi resmi. Harap bersabar saja,” kata dia.

Sambil menunggu pengumuman resmi diliris, Herman juga berharap kepada para peminat untuk mulai mempersiapkan diri dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

“Melalui sistem CAT ini tidak ada peluang untuk sogok menyogok dan andalkan koneksi, sebab kompetensi dan kualifikasi yang menentukan peserta tes diterima atau tidak,” jelasnya.

Baca Selengkapnya
Advertisement

Terpopuler