Apa Itu Bank Sampah? - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Artikel

Apa Itu Bank Sampah?

Published

on

Selama ini sampah dikelola dengan cara dibakar, namun hal ini tentu saja hanya merusak kondisi lingkungan. Biasanya sebelum dibakar, sampah hanya ditimbun dan lama kelamaan terus menumpuk. Tumpukan sampah berakibat buruk bagi kesehatan lingkungan serta menimbulkan berbagai penyakit.

Berangkat dari fenomena itu, kemudian dibuatlah sistem pengelolaan sampah bernama Bank Sampah. Apa itu Bank Sampah? Bank sampah adalah jenis kegiatan usaha yang disebut social enterprise. Ya, pada usaha ini harus ada misi sosialnya terutama soal kebersihan lingkungan dan pemanfaatan energi, bukan hanya berfokus pada profit semata.

Sebetulnya sampah memiliki nilai ekonomi yang sayang kalau dihancurkan atau dimusnahkan. Limbah sampah dapat diolah menjadi energi baru dalam berbagai bentuk. Misalnya, kertas daur ulang atau pupuk kompos. Nah, dengan adanya Bank Sampah, meskipun nilai profitnya kecil jika dikelola dalam skala kecil, namun tetap bisa menghasilkan uang. Sebab orang pada umumnya malas mengumpulkan sampah, kecuali ada insentif ekonominya, berupa uang imbalan.

alterntif text

Menariknya, beberapa daerah di Indonesia, sistem bank sampah sudah bisa berjalan dan membawa kebaikan bagi masyarakatnya. Cara kerjanya, sampah yang terkumpul ditimbang, lalu dihargai sesuai dengan banyaknya setoran. Kemudian, pengelola sampah akan menjualnya lagi kepada mereka yang membutuhkan energi daur ulang.

Jadi, pada dasarnya sistem ini akan menampung memilah, dan menyalurkan sampah bernilai ekonomi pada pasar sehingga masyarakat mendapat keuntungan ekonomi dari menabung sampah.

Bank Sampah merupakan solusi yang tepat untuk pengelolaan sampah yang kian memprihatinkan. Dengan diadakannya sosialisasi mengenai bank sampah yang disertai dengan edukasi mengenai pemilahan sampah, diharapkan masyarakat bisa ikut bergabung menjadi nasabah serta ikut membantu menjaga lingkungan. Ayo, mulai bergerak sekarang!

(Berbagai Sumber)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending