Apa itu Jam Astronomi Praha? Simak Ulasannya | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Tekno

Apa itu Jam Astronomi Praha? Simak Ulasannya

Published

on

Hari ini Google ikut merayakan ulang Tahun Ke-605 Jam Astronomi Praha dengan dijadikan tema dari google doodle. Apa itu Jam Astronomi Praha? Sebuah jam kuno berukuran raksasa di sebuah alun-alun yang ada di kota tua Praha, Republik Ceko.

Jam Astronomi Praha merupakan benda bersejarah yang sejak dulu kala sampai sekarang ini menjadi kebanggaan semua kota di sana. Jam Astronomi Praha disebut ‘Prague Astronomical Clock’, dipasang pada tahun 1410 di dinding selatan yang ada di Balai Kota.

Meskipun sudah berusia 605 tahun, jam kuno tersebut masih terlihat kokoh, terawat, dan masih jadi acuan warga kota sebagai penunjuk waktu. Menurut sejarah, Jam Astronomi Praha dibuat Mikulas of Kadan bersama seorang profesor ahli matematika dan astronomi yang berasal dari Universitas Charles, bernama Jan Sindel.

Jam Astronomi Praha-3

Jam itu juga disertai kalender, dan tampak indah dengan seni ukiran bergaya gothik yang dibuat sangat detail. Jam Astronomi Praha dilapisi dengan beberapa komponen yang seolah bergerak di atasnya, seperti cincin zodiak yang memperlihatkan zodiak waktu saat ini, juga terdapat 2 ikon yang masing-masing sebagai lambang pergerakan matahari dan bulan.

Salah satu keunikan lain Jam Astronomi Praha kerena bisa dipakai untuk membaca posisi matahari pada berbagai musim. Hingga kini, Jam Astronomi Praha yang biasa disebut Orloj itu menjadi destinasi wisata dunia, juga selalu diperingati ulang tahunnya oleh Google seperti pada hari ini, Jumat, 9 Oktober 2015.

Setiap kali perayaan ulang tahunnya, semua warga Praha bersama warga Ceko maupun para turis dari berbagai belahan dunia ikut merasakan hingar bingar perayaan hari kelahiran Jam Astronomi Praha itu.

BAGIKAN:
Comments

Trending