Mengapa Orang Berjodoh Memiliki Wajah Mirip? Ini Penjelasannya | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Love - Sex

Mengapa Orang Berjodoh Memiliki Wajah Mirip? Ini Penjelasannya

Published

on

foto habibie dan ainun

Anda pasti kerap mendengar ungkapan, “Eh kamu mirip sama pacarmu” ataukah “Kamu mirip dengan sahabatmu, mungkin kalian jodoh.

Entah dari mana awalnya, orang berjodoh itu dikatakan memiliki wajah yang mirip. Tapi, ternyata hal tersebut ada benarnya juga.

Dilansir The New York Times, sebuah penelitian sekitar 1987-an melaporkan bahwa pasangan mulanya merasa tidak mengalami kemiripan satu sama lain. Tapi setelah 25 tahun menikah, kemiripan mulai terlihat walaupun terlihat samar. Selain itu, penelitian yang sama juga menyatakan bahwa semakin tinggi tingkat kemiripan wajah, semakin bahagialah pasangan tersebut.

“Peningkatan kemiripan wajah tersebut merupakan hasil dari saling berbagi emosi selama beberapa dekade,” kata Robert Zajonc, psikolog University of Michigan, Amerika Serikat.

Robert yang juga terlibat dalam penelitian ini mengatakan, dalam studi ini orang diberi foto hitam-putih dari wajah random, kemudian diinstruksikan untuk mencocokkan antara pria dan wanita yang paling mirip. Dua puluh empat foto-foto itu terdiri dari pasangan yang baru saja menikah, sementara dua puluh empat lainnya adalah foto-foto pasangan yang sudah 25 tahun menikah, sebagian besar diambil pada waktu peringatan perayaan pernikahan perak mereka. Semua pasangan ini tinggal di Michigan dan Wisconsin (keduanya di Amerika Serikat) dan berusia 50 dan 60 tahun pada foto kedua (usia pernikahan 25 tahun).

Hasil studi ini melihat bahwa pasangan muda hanya menunjukkan kesamaan sepintas, namun pada pasangan yang telah menikah seperempat abad terlihat kemiripan di antara mereka sangat jelas.

Faktor-faktor seperti diet yang sama, dapat berkontribusi dalam kemiripan pasangan. Semisal hasil diet pasangan itu memengaruhi jaringan lemak. Nah, bukti seperti ini ditemukan lebih tampak pada pasangan yang lebih tua usia pernikahannya daripada yang lebih muda, lanjut Robert.

BAGIKAN:
Comments

Trending