Lain Coto Lain Soto - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Food - Travel

Lain Coto Lain Soto

Published

on

Apakah coto sama dengan soto? Pertanyaan ini kerap terdengar. Banyak yang menganggap coto itu sama dengan soto hanya beda pada pengucapan saja. Terutama bagi mereka yang tinggal di pulau Jawa.

Coto Makassar atau Coto Mangkasara adalah makanan tradisional Makassar, Sulawesi Selatan. Makanan ini terbuat dari jeroan (isi perut) sapi yang direbus dalam waktu lama. Rebusan jeroan bercampur daging sapi ini kemudian diiris-iris lalu dibumbui dengan bumbu yang diracik secara khusus. Coto dihidangkan dalam mangkuk dan dimakan dengan ketupat dan “burasa”.

alterntif text

Bumbu utama coto Makassar adalah ketumbar, bawang, lengkuas dan serai. Bumbu inilah yang menjadi penguat rasa coto.

Lain hal dengan soto. Soto banyak ditemukan di daerah Jawa. Warnanya kekuningan karena kunyit menjadi bumbu khas dari soto.

Jika coto mengandalkan daging sapi, soto mengandalkan daging ayam, telur, dan irisan kentang. Terkadang soto juga disajikan dengan lontong atau nasi putih. Selain itu soto ayam juga sering dihidangkan dengan sambal, kerupuk dan bubuk koya (campuran tumbukan kerupuk dengan bawang putih). Ada banyak jenis soto, di antaranya; Soto Betawi, Soto Medan, Soto Lamongan, Soto Kudus, dan Soto Banjar.

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending