Kritikus Mode : Sengkang Adalah Ikon Sutera Terbaik | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Fashion - Beauty

Kritikus Mode : Sengkang Adalah Ikon Sutera Terbaik

Published

on

tenun sutra sengkang terbaik

Pengamat mode dan gaya hidup, Sonny Muchlison tak meragukan keindahan kain sutera Sengkang. Baginya, ikon kain sutera itu ada di Sulawesi Selatan, yaitu sutera Sengkang.

Hanya saja, perancang ini sedikit kecewa karena peluang tersebut sepertinya tidak begitu dikembangkan. “Sebulan lalu saya ke Makassar, saya kaget melihat papan iklan yang begitu besar di salah satu jalan disana, ada iklan sarung produk dari kota lain,” kata Sonny.

Kenapa dengan itu? “Iklan sarung Wadimor terpampang jelas, hanya saja iklan itu memakai penari Pakarena sebagai model iklannya”.

“Saya kecewa melihatnya. Ini kapitalisme namanya. Pakarena itu identik dengan sarung khas Sul-Sel yaitu sarung yang ditenun masyarakat lokal. Ini, kenapa iklan sarung yang diproduksi di Pekalongan dipakai oleh penari Pakarena?” Sonny menyesalkan.

Bukan hanya itu, yang dikritisinya, pakar mode ini juga menilai kualitas kain lokal makin hari makin menurun kualitasnya. “Kain sutera Sengkang dan kain Toraja juga mengalami kemunduran kualitas, mungkin karena penurunan kualitas benang yang digunakan,” kata Sonny.

Karena harganya dinilai mahal, maka sebagian produksi menurunkan kualitas agar bisa dijual dengan harga lebih murah, lanjut Sonny.

“Satu hal yang mesti diketahui, konsumen luar negeri itu mementingkan keaslian. Mereka tidak memandang mahal atau murahnya harga. Jadi, jika ingin agar kain lokal dilirik dunia, pertahankan keaslian, Sonny menegaskan.

Meski begitu, baginya sutera Sengkang tetaplah ikon kain sutera. Perancang ini, bahkan memiliki puluhan koleksi kain sutera Sengkang.

RINA ATMASARI

BAGIKAN:
Comments

Trending