Mau Tahu Proses Pembuatan dan Pendistribusian Uang Rupiah? Cekidot! | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Artikel

Mau Tahu Proses Pembuatan dan Pendistribusian Uang Rupiah? Cekidot!

Published

on

Uang. Duit. Satu kata yang menjadi impian semua orang. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari setiap orang butuh uang. Karena itulah kita banting tulang bekerja untuk mandapatkan uang.

Bagaimana proses pembuatan uang dan pendistribusiannya hingga sampai ke tangan masyarakat? BI mempunyai otoritas untuk mencetak uang baru melalui Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri).

Dalam proses percetakan uang melewati beberapa tahapan. Pembuatannya pun mengalami pengawasan super ketat, termasuk pendistribusiannya yang turut melibatkan TNI AL.

Tidak sembarang orang bisa memasuki kawasan Peruri. Jika seseorang ingin masuk ke Peruri tentu harus memenuhi syarat administrasi yang super ketat. Segala bentuk barang bawaan berkaitan denga teknologi semisal, laptop, kamera, dan handphone tidak diperbolehkan di bawah ke dalam kawasan percetakan tersebut.

Bahkan uang dan dompet Anda harus dititipkan dan disimpan di dalam loker terlebih dahulu. Setelah itu Anda baru boleh masuk ke dalam gedung. Di dalam, Anda akan menjumpai sejumlah etalase yang memajang sejumlah produk buatan Peruri seperti, uang lama, uang terbaru, kertas berharga non uang seperti pita cukai, perangko, passport, ijazah, materai, dan sertifikat tanah.

Penasaran ingin tahu lebih lengkap proses produksi uang kertas. Tonto videonya di atas!

BAGIKAN:
Comments

Trending