Apa Saja Makanan Khas Makassar? - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Food - Travel

Apa Saja Makanan Khas Makassar?

Published

on

Makanan khas Makassar ada banyak. Hanya saja, yang dikenal banyak orang hanyalah coto Makassar dan es pisang ijo. Selain coto, ada banyak makanan yang khas dan tentu saja bisa memanjakan lidah. Apa saja makanan khas Makassar?

Es Palu Butung

Es palu Butung merupakan makanan berbahan dasar pisang. Palu Butung sebenarnya mirip dengan es pisang ijo. Hanya saja pisangnya tidak dilapisi dengan adonan hijau. Penyajiannya juga sama, menggunakan pemanis atau sirup.

Barongko

Barongko adalah makanan khas Bugis – Makassar. Makanan ini dibuat dari pisang kepok matang yang dikukus dengan balutan daun pisang. Makanan ini, disajikan pada acara-acara tertentu, seperti hajatan pernikahan.

Gogos

alterntif text

Manusia Bugis Makassar menyebutnya Gogoso’. Makanan yang terbuat dari beras ketan putih atau hitam yang dimasak dengan santan, lalu dibungkus daun pisang dan dipanggang.

Pisang Epe

Pisang epe sangat mudah ditemukan di Pantai Losari, Makassar. Jajanan khas Makassar ini terbuat dari pisang yang dibakar. Orang menamainya pisang epe, karena setelah dibakar pisang ini dipipihkan lalu disajikan dengan air gula merah, kelapa, atau bahkan coklat cair.

Jalangkote

Jalangkote merupakan jajanan khas Makassar yang bentuknya serupa dengan pastel. Hanya saja kulit pastel lebih tebal. Dan isi jalangkote lebih padat. Ada wortel, kol, telur bahkan ayam. Jalangkote dimakan bersama sambal cair yang merupakan campuran cuka dan cabe.

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending