Harga Gabah di Pinrang Anjlok, Apa Penyebabnya? | Makassar Today
Connect with us

Sulsel

Harga Gabah di Pinrang Anjlok, Apa Penyebabnya?

Published

on

Kecewa dengan anjloknya harga gabah, ratusan perwakilan petani berunjuk rasa di kantor DPRD Pinrang, Sulawesi Selatan, Selasa (1/3/2016).

Saat ini harga gabah di tingkat petani hingga Rp 4.500 per kilogram dari harga sebelumnya Rp 5.400 per kilogram. Padahal menurut mereka, harga beras di pasaran saat ini masih dijual di kisaran Rp 10.000 per kilogram.

Mereka menuding pihak Pengusaha Beras Indonesia (Perpadi) dan Bulog ada dibalik anjloknya harga gabah itu. Para petani pun mendesak DPRD untuk mempertemukan mereka dengan pihak Perpadi, Bulog dan dinas terkait.

“Unjuk rasa petani ini adalah bentuk kekecewaan petani atas keputusan sepihak Perpadi yang menurunkan harga gabah Rp 4.500 dari sebelumnya Rp Rp 5.300. Padahal, harga beras di pasaran masih dijual Rp 10.000-an per kilogramnya,” ujar Zainal Abidin, ketua Asosiasi Kelompok Tani Pinrang, Selasa.

Zainal mengatakan, petani juga kecewa karena Perpadi dianggap bekerja sama dengan pihak bulog melakukan praktik monopoli harga gabah secara terselubung.

Perpadi, kata dia, melarang pedagang luar untuk berkompetisi membeli gabah petani di Kabupaten Pinrang. Praktik monopoli ini membuat petani tak bisa menjual gabah mereka ke pengusaha lain.

Terpisah, Udin Asmi, salah satu pengusaha padi di Pinrang menjelaskan bahwa pengusaha hanya mengikuti keputusan harga dari pihak Bulog, “Saat ini harga kesepakatan Perpadi Sidrap dan Perpadi Pinrang Rp.475.000. Tapi, selanjutnya pengusaha akan ikut harga dari Bulog,” jelasnya.

BAGIKAN:
Comments

Sulsel

Berikut Daftar Nama Anggota KPU Sulsel Terpilih Periode 2018-2023

Published

on

By

Makassartoday.com – Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) secara resmi mengumumkan nama anggota KPU Sulsel bersama KPU tingkat Provinsi lainnya melalui surat Nomor : 511/PP.06-Pu/05/KPU/V/2018, Senin (21/5/2018) malam.

Adapun anggota KPU Sulsel Periode 2018-2023 yang terpilih adalah:

BAGIKAN:
Baca Selengkapnya

Sulsel

Personel Polres Gowa Bagi Takjil Gratis di Bulan Ramadan

Published

on

By

Makassartoday.com – Kebahagian personel Polres Gowa sangat terasa disaat dapat berbagi berkah melalui bagi-bagi takjil sebagai bekal berbuka puasa kepada warga disepanjang Jl Sultan Hasanuddin Gowa, Senin (21/5/2018) sore.

Sejumlah personel Bagian Sumda Polres Gowa bertugas untuk membagikan takjil kepada para pengendara maupun masyarakat yang melintas disepanjang jalan tersebut.

Yang menjadi titik kebahagiaan personel adalah disaat salah seorang juru parkir bersama anak anaknya seusai bekerja terlihat begitu bahagia saat menerima takjil untuk berbuka puasa.

Adapun bagi-bagi takjil ini akan dilakukan setiap hari selama bulan Ramadan sesuai dengan program Kapolres Gowa AKBP Shinto Silitonga SIK., MSi, yang mana kali ini, seluruh satuan jajaran Polres Gowa akan turun berbagi. (hms)

BAGIKAN:
Baca Selengkapnya

Sulsel

Deng Ical Lantik 81 Pejabat Eselon II, III, dan IV Pemkot Makassar

Published

on

By

Makassartoday.com – Plt Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal MI melantik 81 pejabat eselon II, III, dan IV lingkup Pemkot Makassar, di Baruga Anging Mammiri, Senin (21/5/2018).

Di antara 81 pejabat yang dilantik, satu di antaranya menduduki jabatan eselon II yang diisi oleh Jamaing menggantikan Andi Rompegading Patiroy sebagai Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik yang memasuki masa pensiun, dan satu pejabat eselon III menduduki jabatan Kepala Bagian Keuangan DPRD Makassar yang diisi oleh Andi Sadly.

Sementara itu, 79 lainnya menduduki jabatan eselon IV yang menempati posisi sebagai administrator, dan pengawas di kelurahan, kecamatan, dan dinas.

“Pelantikan ini membuka kesempatan dan wawasan pejabat yang dilantik menjadi lebih produktif,” kata Plt wali kota yang akrab disapa Deng Ical.

Ia menambahkan, saat ini tuntutan masyarakat terhadap kualitas pelayanan publik semakin tinggi. Dulu, masyarakat cukup puas jika disuguhi keramahan (senyum) oleh pamong praja, namun kini, pelayanan itu harus dibarengi dengan kepastian waktu, informasi yang jelas dan terukur.

Menurutnya, dari waktu ke waktu, masyarakat menuntut peningkatan profesionalitas ASN sebagai pelayan publik. Olehnya itu, setiap ASN wajib meningkatkan kualitas diri, dan pengetahuan yang berhubungan dengan bidang yang digelutinya.

Di kesempatan yang sama, Deng Ical juga merespon isu nasional yang berkembang belakangan ini. Ia mengajak lurah, dan camat menghidupkan kembali Siskamling di lingkungannya masing – masing dan berkordinasi dengan stake holder terkait (TNI/Polri) serta melibatkan berbagai entitas masyarakat.

Pelantikan siang tadi dihadiri Sekda kota Makassar Andi Muhammad Yasir, Asisten I Pemkot Makassar Sabri, Asisten II Sittiara Kinang, Forkopimda Makassar, camat dan pimpinan SKPD lingkup Pemkot Makassar. (*)

BAGIKAN:
Baca Selengkapnya