Sains

Pengusaha Muda Asal Barru Pamer Listrik Hidro Di Yogyakarta

HIPMI PT (1)

Hari terakhir penutupan Penghargaan, Workshop dan Expo Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2016 berlangsung di Yogyakarta semakin memberi daya tarik pengunjung.

Workshop yang menghadirkan seluruh karya anak muda dari pelosok negeri semakin menarik dengan kedatangan Gubernur Daerah Istimewah Jogjakarta, Hamengku Buwono (HB) X, dan Menteri KUKM, AA Gede Ngurah Puspayoga.

Acara bergengsi tersebut dihelat di Graha Sabha Pramana Kompleks Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, Selasa-Kamis (8-10/3/2016). Dihadiri sekitar 200 tenan peserta terdiri dari alumni WMM. Salah satunya ialah perusahaan milik Mandiri Pro Nusantara dipimpin Harianto Albar, seorang pengusaha muda asal Kabupaten Barru Sulawesi Selatan.

“Kebetulan saya bawa turbin disini. Acaranya sangat rame hingga penutupan. Seluruh alumni WMM diundang menjadi peserta. Ada bapak menteri Puspayoga dan Gubernur DIJ HB ke-10 hadiri. Beliau sempat ke tenan kami. Tanya-tanya tentang PLTMH kami. Kami terkesanlah karena kami jadi perhatian,” kata Harianto yang juga juara Mandiri Young Technopreneur 2012, Kamis (10/3/2016).

Kepada Menteri KUKM, Puspayoga dan Gubernur DIJ HB ke-10, Harioanto menjelaskan, Pembangkit Listrik Tenaha Mikro Hidro (PLTMH) miliknya berkapasitas mulai dari 5 KV dengan biaya sangat efisien hanya berkisar Rp10 jutaan per KV.

“Kami jelaskan seperti itu ke Bapak Menteri dan Gubernur. Selama ini kan PLTMH dikatakan mahal. Kami mengatakan tidak demikian. Buktinya pengalaman kami sudah memberi penerangan listrik banyak desa-desa dan selaras dengan program pemerintah menyediakan 35 ribu MW listrik,” katanya.

Sebelumnya, Assistant Vice President Corporate Secretary Group PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, Diwangkoro Alpinanto Ratam mengatakan, WMM tahun 2016 secara garis besar tidak berbeda dengan penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya.

Hanya saja untuk tahun 2016 ada beberapa penambahan, di antaranya yakni penekanan pada model bisnis yang bebasis pada teknologi informasi.

“Mulai tahun ini kami bekerjasama dengan Microsoft yang memberikan dukungan software dan pelatihan. Barangkali ini yang membedakan dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun sekarang kami mendukung inovasi teknologi demi mendukung kemajuan bangsa,” katanya lagi.

WMM 2016 sendiri digelar dalam dua kategori besar, yang pertama pemberian penghargaan dan yang kedua yakni expo. Penghargaan sendiri akan diberikan pada wirausaha muda di lima bidang yakni Industri dan Jasa, Boga, Kreatif, Teknologi dan Sosial. Selain itu penghargaan juga diberikan pada wirausaha Digital Prototype, Best of The Best dan Wirausaha Favorite

==BAGIKAN==
SPONSORED CONTENT
loading...
loading...
Comments

Terpopuler

To Top