Gejala Dan Cara Pencegahan Kanker Serviks | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Health

Gejala Dan Cara Pencegahan Kanker Serviks

Published

on

Semua orang tentu tahu kanker serviks. Kanker yang menyerang bagian salah satu organ intim wanita  atau kanker yang ada di dinding rahim. Tapi, belum banyak yang mengetahui sebab, gejala dan bagaimana kanker serviks itu muncul, terlebih cara pencegahannya.

Dilansir Boykepedia.com, Senin, 21 Maret 2016 kanker serviks muncul karena adanya pertumbuhan sel yang tidak normal akibat mutasi gen. Adapun pemicu kanker terbagi dua, yaitu faktor dalam tubuh dan luar tubuh seperti lingkungan.

Bagaimana gejala kanker serviks?

Ditandai dengan bertumbuhnya sel pada mulut rahim. Pada stadium awal, kanker serviks memang sulit dideteksi karena pada tahap ini, wanita tidak akan merasakan apa-apa, belum ada keluhan. Walau begitu, wanita tetap harus melakukan check up ke dokter kandungan.

Pada stadium 1A-3B pasien biasanya mengalami keluhan. Keluhan yang paling sering terjadi ialah keluarnya darah pada saat berhubungan intim.

“Penyebab kanker rahim ialah virus human papolloma. Virus ini muncul antara lain akibat dari seringnya berganti-ganti pasangan seksual, sehingga menimbulkan kemungkinan penyakit kelamin. Terkadang pula mulut rahim teracuni nikotin yang dikandung dalam darah,” kata dr Boyke.

Bisa juga disebabkan karena sperma pasangan seksual. Sperma yang mengandung komlement histone dapat bereaksi dengan DNA yang ada pada serviks.

Bagaimana mencegahnya? Jaga pola hidup sehat dan tidak melakukan seks bebas, terlebih jangan bergonta-ganti pasangan.

Kenapa? Karena pada stadium lanjut, kanker serviks bisa menyebabkan pendarahan disertai nyeri pada bagian pinggul, gangguan saat buang air.

BAGIKAN:
Comments

Trending