Manfaat Buah Cranberry Bagi Kesehatan Tubuh | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Health

Manfaat Buah Cranberry Bagi Kesehatan Tubuh

Published

on

Banyak sekali orang yang menyukai buah-buahan yang memiliki nama dengan akhiran berry. Entah itu strawberry, blueberry, atau masih banyak jenis berry lainnya yang menjadi favorit banyak orang. Ternyata bukan hanya enak rasanya, akan tetapi juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Menurut beberapa penelitian yang sudah pernah dilakukan, banyak sekali wanita di dunia ini yang mengalami infeksi saluran kemih.

Centers for Desease Control and Prevention (CDC) mengatakan bahwa ada berjuta-juta wanita di dunia ini yang menderita infeksi saluran kemih setiap tahunnya. Dan ada sebuah study yang mengatakan bahwa ada buah yang bisa membantu pencegahan penyakit infeksi saluran kemih. Buah yang bisa digunakann untuk mencegah infeksi saluran kemih adalah cranberry. Cranberry dipercayai memiliki efek yangs angat positif untuk proses pencegahan infeksi saluran kemih.

Namun masih banyak yang tidak mnegetahui bahwa canberry bisa membantu untuk mencegah infeksi saluran kemih. Manfaat yang didapatkan dari buah yang satu ini masih menjadi misteri. Akan tetapi walaupun masih menyisakan banyak pertanyaan, ada kelompok ilmuwan dari McGill University yang dipimpin oleh Prof. Nathalie Tufenjki melakukan penelitian untuk menjawab misteri tersebut.

alterntif text

Mereka melakukan penelitian untuk mengamati bakteri Esherichia-coli dan juga bakteri Proteus-mirabillis. Kedua bekteri tersebut adalah bakteri yang sering menjadi penyebab terjadinya infeksi saluran kemih. Hasil dari penelitian yang dilakukan mereka mendapatkan hasil bahwa sebenarnya cranberry tidak bisa membunuh bakteri-bakteri tersebut, akan tetapi buah yang satu ini bisa memperlambat pergerakan dan juga penyebaran dari kuman.

Kuman P.mirabilis memiliki flagella yang tumbuh di tubuhnya. Dengan menggunakan flagella yang ada di tubuhnya inilag kuman-kuamn tersebut bisa berjalan dan akhirnya membentuk sebuah koloni. Nah, cranberry memiliki peran untuk mencegah tumbuhnya flagella pada tubuh kuman-kuman tersebut. Apabila kuman-kuman tersebut tidak memiliki flagella, maka mereka akan kesulitan untuk bergerak kesana kemari. Di dalam tubuh penyakit juga bisa terus memburuk lantaran disebabkan oleh sebuah bahan kimia yang bernama urease. Nah, cranberry diyakini mampu untuk menurunkan produksi dari urease tersebut. Jadi selain enak, cranberry juga memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

BAGIKAN:
Advertisement
alterntif text
Comments

Trending