Intermezzo

Ternyata Wanita Lebih Sering Mimpi Tentang Ini!

wanita bermimpi

Anda pernah bermimpi ? Tentu semua orang pernah bahkan sering bermimpi. Ada juga orang yang bermimpi aneh-aneh ketika ia merasakan sangat kelelahan atau ada sesuatu yang tak sempat diungkapkan akhirnya ikut terbawa mimpi. Sejauh ini belum ada hasil penelitian yang mengupas secara mendalam mengenai mimpi dengan hasil mutlak.

Malah banyak orang yang lebih percaya mitos dengan mengaitkan kejadian yang akan terjadi di masa depan melalui mimpi. Misalnya saja ketika Anda bermimpi digigit seekor ular, mitosnya Anda akan dilamar oleh pasangan Anda, atau bermimpi gigi Anda tanggal diartikan bahwa akan ada seseorang yang meninggal.

Mungkin Anda pernah bermimpi dalam suatu rangkaian cerita, dan saat terbangun anda mampu menceritakannya secara detail waktunya kapan dan tempatnya berada dimana. Tapi tahukah Anda bahwa faktanya kita sudah melupakan mimpi itu hampir sebagian besarnya. 50% bagian dari mimpi akan hilang setelah kita terbangun selama 5 menit, dan 90% terhapus saat kita terbangun 10 menit.

Kabar baiknya, yaitu kita dapat merancang mimpi dengan ilmu yang disebut dengan Lucid Dream. Ilmu ini dapat dipelajari dengan mengingat dan menulis mimpi setelah kita bangun tidur. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai Lucid Dream ini, googling aja ya, guys. Mari kita lanjutkan mengulas mengenai mimpi wanita.

Berdasarkan hasil penelitian yang diutarakan oleh Jennie Parker seorang psikolog, faktanya pria lebih sering bermimpi yang berkaitan dengan fisik, sementara wanita lebih sering mimpi berkaitan dengan verbal; tentang emosi, hubungan dengan sesama, anggota keluarga, dan berhubungan seksual dengan orang yang dikenal. Mungkin ini disebabkan karena wanita lebih suka ‘baper’.

Berbeda dengan pria yang memiliki kecenderungan bermimpi tentang kekerasan, orang asing, barang, dan seks dengan wanita yang bukan pasangannya.Maka tak jarang pria akan sangat bahagia saat memimpikan wanita yang ia senangi dan bisa sangat khawatir saat wanita dalam mimpinya itu mengalami kejadian yang tidak menyenangkan.

Dan, hasil studi dan survei menemukan fakta bahwa beberapa tahun belakangan wanita juga lebih sering bermimpi tentang ekpresi emosional terkait pekerjaan. Mimpi ini lebih sering terjadi daripada tahun-tahun sebelumnya yang bisa ditebak merupakan cerminan dari kondisi saat ini dimana banyak wanita yang aktif bekerja. Diketahui pula bahwa wanita cenderung mengingat mimpi mereka lebih detail, daripada kebanyakan pria. Karena itu, Wanita lebih bisa untuk berbagi, memberi catatan, dan mendiskusikan mimpi mereka dengan orang lain.

Selain itu wanita lebih sering cemas memikirkan mimpinya dengan mendefinisikan apa yang ia lihat dalam tidur merupakan mimpi buruk. Dibanding pria, wanita juga lebih sering untuk mencari interpretasi mimpi mereka dan bahkan cenderung terdorong rasa penasaran hingga kerap menggunakan ‘primbon’ atau kamus intrepretasi mimpi untuk mengerti arti dari mimpi mereka.

Jadi, mengapa mimpi pria dan wanita berbeda?

Terdapat perbedaan antara pria dan wanita mengenai cara berpikir, cara mengeluarkan perasaan dan bagaimana sikap dalam menjalani hidup. Alasan perbedaan-perbedaan tersebut dapat bersifat sosial atau biologikal. Jawaban terbaik adalah kombinasi dari keduanya.

Karena wanita cenderung mempeoleh kepercayaan diri melalui hubungannya dengan orang lain dan pria cenderung memperoleh kepercayaan dirinya melalui pembuktian diri terhadap dunia, maka masuk akal jika wanita lebih sering bermimpi tentang hubungan dan pria lebih sering bermimpi tentang pencapaian.

Tentu saja, hal ini cenderung menggeneralisasikan keadaan dan harus lebih berhati-hati untuk menghindari agar tidak jatuh pada stereotip mimpi berdasarkan jenis kelamin.

Kita semua memiliki tingkatan yang berbeda dari sifat-sifat maskulin dan feminin. Orang bisa bermimpi sama atau berbeda, tanpa memandang jenis kelamin atau identitas gender.

Persamaan dan perbedaan dalam gaya bermimpi biasanya berkaitan dengan latar belakang, kepribadian, tingkat introvert atau ekstrovertnya seseorang, budaya, sistem kepercayaan, dan pandangan dunia, daripada berkaitan dengan identitas jenis kelamin.

Pria cenderung bermimpi tentang:

• Orang asing, kesuksesan atau kegagalan
• Berhubungan seks dengan orang yang tidak dikenal
• Serangan fisik
• Mobil, jalan
• Kekerasan
• Mimpi singkat
• Kurang berwarna
• Kompetisi

Wanita cenderung bermimpi tentang:

• Anggota keluarga, hubungan dengan orang lain
• Ciuman, menggoda orang lain atau berhubungan seksual dengan orang yang dikenal
• Agresi verbal
• Ekspresi emosional
• Kehilangan orang yang dicintai
• Mimpi lebih panjang
• Mimpi lebih berwarna
• Pembicaraan

Penelitian dapat memperkuat apa yang kita sudah tahu atau menunjukkan kepada kita apa yang kita belum dipikirkan. Ketika bicara tentang mimpi, kita belajar bahwa gender adalah salah satu pengaruh pada mimpi, begitu juga dengan budaya, usia, dan pengalaman hidup dapat memiliki pengaruh kuat pada mimpi.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda memiliki mimpi yang termasuk dalam pengalaman emosional atau sosial dari jenis kelamin tertentu?

Sumber Diolah: huffingtonpost/dokter.id

==BAGIKAN==
SPONSORED CONTENT
loading...
loading...
Comments

Terpopuler

To Top
Open

alterntif text