Makassar Internasional Eight Festival Forum Bakal Digelar Di Atas Perahu Phinisi | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

Makassar Internasional Eight Festival Forum Bakal Digelar Di Atas Perahu Phinisi

Published

on

alterntif text

MAKSSAR – Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto menjamu rombongan Wisata Budaya Indonesia Hertage yang dipimpin Dany Dahlan di Fort Rotterdam, Rabu (11/5/2016) malam.

Dalam acara tersebut, para rombongan disajikan tarian Empat Etnis Sulawesi Selatan serta aksi Paraga dari sanggar seni fakutas kesenian Universitas Hasanuddin (Unhas).

Dalam sambutannya, Danny memaparkan secara menyeluruh tentang bagaimana budaya Kota Makassar mulai dari adat budaya sampai ke makanan khasnya. Dihadapan tamu, Danny menyampaikan histori Benteng Rotterdam serta beberapa referensi Kota Makassar dari abad 14 sampai abad 15.

“Kita ingin mengambalikan sejarah Makassar yang pernah menjadi kota ke empat terbesar di Asia setelah Ayyutia, Malaka dan Batavia. Bahkan Makassar pernah masuk 20 kota terbesar di dunia pada abad 14, dimana Amsterdam pada waktu itu penduduknya hanya berjumlah 20 ribu jiwa, sedangkan Makassar pada waktu itu sudah mencapai 100 ribu jiwa,” papar Danny.

alterntif text

Setelah memaparkan secara menyeluruh tentang bagaimana sejarah peradaban kota.makassar,Danny mengundang rombongan Hertage untuk hadir di festival yang di sebut F8 (Makassar Internasional Eight Festival Forum) yang akan diselenggarakan pada 8 September 2016.

“Festival ini adalah Catworld dan akan digelar di atas perahu Phinisi. Amsterdam di acara nanti turut ambil bagian,” ungkap Danny.

Lanjut Danny, 10 perahu Phinisi yang akan dijadikan panggung di atas air dari 10 Phinisi, sembilan diantaranya berasal dari sumbangan Menteri Kemaritiman RI dan satu perahu Pemerintah Kota (Pemkot) sendiri.

Festival ini, kata Danny digelar bertepatan dengan fenomena Sunset yang sangat sempurna di bulan September. Bahkan salah satu peniliti luar mengatakan, Makassar menjadi kota yang memiliki pemandangan Sunsent terindah di seluruh dunia.

“Ini hasil penelitian bahwa antara tanggal 8-9 September Sunset di Makassar akan nampak sempurna. Bahkan dikatakan menjadi pemandangan Sunset terindah di seluruh dunia,” tutup Danny. (ni)

alterntif text
BAGIKAN:
Comments

Trending