Ibe: Koperasi Sekolah Bukan Bersifat Memaksa | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

Ibe: Koperasi Sekolah Bukan Bersifat Memaksa

Published

on

MAKASSAR – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar, Ibrahim Saleh, membuka kegiatan sosialisasi program Badan Koperasi Masuk Sekolah, berlangsung di Hotel Grand Celino, Jl Lanto Dg Pasewang, Makassar, Rabu (18/5/2016).

Salah satu program milik Pemerintah Makassar (Pemkot) Makassar ini menargetkan adanya pembentukan badan koperasi di seluruh sekolah di Makassar.

Dengan koperasi sekolah, kata Sekda Makassar, diharapkan kebutuhan para siswa bisa terpenuhi, tanpa harus mencari kebutuhan mereka di luar sekolah.

Yang terpenting, kata dia, koperasi sekolah juga ikut meningkatkan kesejahteraan para guru yang masuk dalam pengurus koperasi sekolah.

“Kita harap kesejahteraan kepala sekolah dan para guru yang masuk menjadi anggota koperasi bisa meningkat, namun bukan berarti koperasi ini menjadi alat untuk memperkaya diri,” terang Ibe, sapaan akrab Sekda Makassar.

Dia juga menyampaikan tiga hal yang harus di penuhi dalam mengoperasikan Badan Koperasi Sekolah antaralain, sistem pelayanan yang maksimal, harga yang bersaing dan kualitas barang yang dijual,” ungkap Ibe.

Ibe juga menegaskan, bahwa pengurus Badan Koperasi Sekolah tidak boleh mengeluarkan kebijakan yang bersifat memaksa, terhadap siswa dalam hal pembelian perlengkapan sekolah di koperasi tersebut.

“Bagi siswa yang ingin membeli perlengkapan di luar sekolah itu boleh saja. Jadi intinya koperasi sekolah bukan hadir untuk memaksa. Kemudian harapan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, dengan adannya Unit Badan Koperasi Sekolah tidak melahirkan bentuk pungli yang selama ini dikeluhkan orang tua siswa,” kunci Ibe.

BAGIKAN:
Comments

Trending