Makassar Berpeluang Raih Adipura 2016 | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

Makassar Berpeluang Raih Adipura 2016

Published

on

MAKASSAR – Kota Makassar dan 10 daerah lainnya di Sulsel berpeluang meraih piala Adipura tahun ini.

Selain Kota Makassar, kabupaten/kota yang berpeluang, Maros, Sidrap, Pinrang, Soppeng, Palopo, Bantaeng, Bulukumba, Selayar, Parepare, dan Wajo.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Sulsel, A Hasbi Nur mengemukakan, kabupaten/kota yang lolos pada pemantauan II berpeluang untuk mendapatkan piala Adipura tahun ini.

Hasbi mengemukakan, dibanding tahun lalu, indikator penilaian baru kabupaten/kota untuk meraih piala adipura cukup berat karena ada dua tambahan kriteria. Yaitu tutupan vegetasi dan persoalan pertambangan.

Sementara indikator lainnya masih seperti tahun-tahun lalu. Diantaranya pengeloaan tempat pembuangan akhir (TPA), sistem daur ulang sampah, tempat sampah terpilah, penghijauan, kebersihan saluran air atau drainase, hutan kota dan kebersihan di area umum dan perkantoran.

Seperti kantor, pelabuhan, terminal, pasar, dan lainnya. Ada juga penilaian non fisik seperti sisi manajemen pemerintahan dalam pengelolaan kualitas air, pesisir, pariwisata, dan lainnya.

Sebenarnya, kata Hasbi, banyak kabupaten/kota yang komplain dengan jadwal penilaian adipura yang tidak sesuai jadwal.

“Kan seharusnya pemantauan tahap 2 pada bulan Oktober. Tapi ternyata dimajukan,” jelas Hasbi, Jumat (20/5/2016).

Menurut rencana, penghargaan Adipura akan diberikan bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup, 5 Juli mendatang. Dibanding tahun lalu, kata Hasbi, progres raihan Adipura tahun ini diharapkan menggembirakan atau lebih baik.

“Tahun lalu hanya tujuh daerah yang meraih adipura. Mudah-mudahan 11 kabupaten yang lolos pemantauan tahap II bisa meraih Piala Adipura semua. Walaupun kriterianya lebih berat,” jelas Hasbi.

Sementara itu, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto optimis Kota Makassar bisa meraih Piala Adipura 2016. Apalagi, kata Danny sapaan akrab wali kota sejumlah titik penilaian sudah dibenahi termasuk Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Antang. (ak)

BAGIKAN:
Comments

Trending