Ini Penyebab Hilal Tak Terlihat Di Makassar | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

Ini Penyebab Hilal Tak Terlihat Di Makassar

Published

on

MAKASSAR – Pemantauan penampakan hilal di atas gedung Mall GTC Makassar yang dilakukan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Gowa, terhalang cuaca mendung.

Kepala BMKG Gowa Ariyo Fauzi pada wartawan menyebutkan kondisi awan tidak mendukung proses pemantauan hilal yang dilakukan mulai pukul 17.30 wita hingga pukul 18.25 Wita. Meski demikian, pihaknya memperkirakan ketinggian hilal di daerah kota Makassar mencapai 3,1 derajat.

“Hilal akan sangat sulit terlihat oleh alat teropong ketika hilal di bawah 4 derajat sehingga hilal di sekitar 3,1 derajat sulit terlihat. Kesempatan kita melihat bulan setelah tenggelam matahari pukul 17.56, sebanyak 16 menit. Namun untuk waktu sebanyak itu sangat sulit kita melihat piringan bulan karena cahaya matahari masih terlihat terang,” ujar Fauzi.

Fauzi menambahkan, pihaknya menerima laporan dari kantor BMKG wilayah Maluku dan Papua, juga belum melihat penampakan hilal. Hasil pemantauannya ini akan dilaporkan ke BMKG Pusat, untuk dijadikan pertimbangan dalam Sidang Isbat Kementerian Agama (Kemenag).

Sebelumnya, pada siang dan sore hari beberapa kawasan di Makassar diguyur hujan gerimis. Bahkan hingga memasuki malam hari, hujan gerimis nampak turun di wilayah barat Kota Makassar. (ar)

BAGIKAN:
Comments

Trending