Tekno

Video: Detik-Detik Peluncuran Roket Satelit BRI

cfaedfd7-5c94-4742-afb7-721febe63ddc

GUYANA – Akhirnya pada Sabtu, 18 Juni 2016 pukul 18.38 waktu Kourou, Guyana, satelit milik PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) bernama BRIsat, meluncur ke udara dengan roket Ariane 5 buatan Arianespace, Prancis.

Awalnya, roket dijadwalkan meluncur pada pukul 17.30 waktu Korou, namun pihak Arianespace memundurkan menjadi 17.45.

Pada jam tersebut hitungan mundur 7 menit dilakukan setelah semua indikator aman, termasuk cuaca. Jadi dalam 7 menit ini, proses peluncuran sudah dimulai secara otomatis oleh komputer di dalam roket.

Namun di pertengahan hitungan mundur, ternyata ada indikator yang berwarna merah, namun tidak diketahui apa indikator tersebut. Akhirnya hitungan mundur disetop.

Beberapa menit dilakukan pengecekan oleh pihak Arianespace, hingga akhirnya pada pukul 18.38, hitungan mundur 7 menit kembali dilakukan dan roket pun meluncur kencang ke antariksa.

Saat proses peluncuran, gemuruh roket pembawa BRIsat dirasakan sampai ke Ruang Kontrol, Jupiter Room di Guiana Space Center. Padahal, lokasi Ruang Kontrol berada beberapa kilometer (km) dari roket diluncurkan.

Direktur Utama BRI, Asmawi Syam, terharu melihat roket pembawa satelit BRIsat meluncur. Tak hanya Asmawi, peluncuran satelit juga ditonton sejumlah undangan yang hadir.

Misi peluncuran 56 menit hingga satelit sampai di luar angkasa. Kemudian dibutuhkan waktu sekitar 10 hari untuk menuju orbit di 150,5 bujur timur. (dtk)

 

==BAGIKAN==
SPONSORED CONTENT
loading...
loading...
Comments

Terpopuler

To Top
Open

alterntif text