Video: Detik-Detik Peluncuran Roket Satelit BRI | Makassar Today
Connect with us

Tekno

Video: Detik-Detik Peluncuran Roket Satelit BRI

Published

on

GUYANA – Akhirnya pada Sabtu, 18 Juni 2016 pukul 18.38 waktu Kourou, Guyana, satelit milik PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) bernama BRIsat, meluncur ke udara dengan roket Ariane 5 buatan Arianespace, Prancis.

Awalnya, roket dijadwalkan meluncur pada pukul 17.30 waktu Korou, namun pihak Arianespace memundurkan menjadi 17.45.

Pada jam tersebut hitungan mundur 7 menit dilakukan setelah semua indikator aman, termasuk cuaca. Jadi dalam 7 menit ini, proses peluncuran sudah dimulai secara otomatis oleh komputer di dalam roket.

Namun di pertengahan hitungan mundur, ternyata ada indikator yang berwarna merah, namun tidak diketahui apa indikator tersebut. Akhirnya hitungan mundur disetop.


Beberapa menit dilakukan pengecekan oleh pihak Arianespace, hingga akhirnya pada pukul 18.38, hitungan mundur 7 menit kembali dilakukan dan roket pun meluncur kencang ke antariksa.

Saat proses peluncuran, gemuruh roket pembawa BRIsat dirasakan sampai ke Ruang Kontrol, Jupiter Room di Guiana Space Center. Padahal, lokasi Ruang Kontrol berada beberapa kilometer (km) dari roket diluncurkan.

Direktur Utama BRI, Asmawi Syam, terharu melihat roket pembawa satelit BRIsat meluncur. Tak hanya Asmawi, peluncuran satelit juga ditonton sejumlah undangan yang hadir.

Misi peluncuran 56 menit hingga satelit sampai di luar angkasa. Kemudian dibutuhkan waktu sekitar 10 hari untuk menuju orbit di 150,5 bujur timur. (dtk)

 

https://www.youtube.com/watch?v=2lXx9JSWenk

Advertisement
Comments

Tekno

Seminar CAA Kreator Konten Digital di Makassar Hadirkan Raditya Dika

Published

on

By

Makassartoday.com – Penulis, komedian, sutradara, sekaligus Youtubers nomor satu di Indonesia Raditya Dika, berkunjung ke Kota Makassar bersama Creators Academy Asia (CAA), sebuah perusahaan yang bergerak di bidang digital untuk berkeliling ke empat kota di Indonesia mengajari millenial cara menjadi kreator konten digital yang kekinian namun berkualitas.

Adapun kota-kota yang akan disambangi dalam tur bertajuk #KreatorKekinian ini yakni Surabaya, Makassar, Bandung, dan Jakarta.

Tur ini akan berlangsung pada 27 Februari hingga 20 Maret 2018 dan Makassar menjadi kota ke- dua diadakannya seminar ini yang akan digelar malam ini di Ballroom Hotel Gammara Makassar, Kamis (1/3/2018).

Selain itu, Radit juga mengajak Dennis Adishwara dan Pandu Winoto dalam rangkaian seminar ini.


Dennis Adishwara menjelaskan dalam jumpa pers di Resto Gammara Hotel bahwa keinginan untuk melakukan tur ke berbagai kota di Indonesia ini berawal dari pandangan Radit.

“Bahwa kreator konten dapat menjadi cita-cita dan profesi bagi para millenial penerus bangsa,” katanya.

Pendaftaran untuk mengikuti acara ini sudah dibuka sejak 1 Februari 2018 diwww.ola.id/CAA.

Tiket yang dijual seharga Rp. 200.000.
Sementara itu kabar baiknya bahwa pendaftar berkesempatan memperoleh harga spesial yaitu Rp 100 ribu untuk satu tiket, hingga 12 Februari 2018.

Rencananya acara ini akan diadakan juga hingga ke luar negeri namun Indonesia menjadi pilihan utama melihat antusias warga dalam mempelajari kreator konten digital yang kekinian namun berkualitas apalagi diketahui followers Raditya Dika sebanyak 3.770.000 melebihi beberapa artis ternama, yang semakin membuat warga penasaran ingin menghadiri acara tersebut. (Hajji Taruna – Windha)

Baca Selengkapnya
Advertisement

Terpopuler