Video: Inilah Pemilik Suara Kaset Ngaji Yang Sering Terdengar Di Masjid - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Inspiratif

Video: Inilah Pemilik Suara Kaset Ngaji Yang Sering Terdengar Di Masjid

Published

on

alterntif text

Tiap hari jelang kumandang adzan, masjid melantunkan ayat-ayat suci Al-Quran melalui pengeras suara. Mungkin ada yang bertanya, siapakah pemilik suara indah itu?

Dia adalah Abd Al-Bâsit `Abd As-Samad, seorang Qari atau orang (laki-laki) yang mahir dalan seni baca Al-Qur’an ternama di Mesir.

Pada tahun 1970-an, Abd Al-Bâsit `Abd As-Samad memenangkan tiga kompetisi dunia Qira’at. Dia juga menjadi salah satu huffaz pertama yang membuat rekaman komersial bacaan, dan presiden pertama dari reciters’ Union di Mesir.

Dia terkenal karena bacaannya dari surah al-Fatihah, bab pertama dari Al-Qur’an, yang merupakan surah kunci (bab) dalam shalat lima waktu kanonik Islam setiap hari.

Abdul Basit lahir di sebuah desa dekat kota Armant di Mesir selatan. Ia dibesarkan di lingkungan yang dipelihara kekuatan memotivasi dan semangat untuk membaca Al-Quran.

Ayahnya Muhammad Abdus Samad dan grand-ayah Abdus Samad-, keduanya diakui dan dihormati untuk menghafal dan membaca Al-Quran. Ayahnya adalah keturunan Kurdi dan ibunya adalah Mesir.

Pada tahun 1950, ia datang ke Kairo di mana umat Islam di banyak masjid yang terpikat oleh bacaan nya. Pada satu kesempatan, ia membaca ayat-ayat surah al-Ahzab (Konfederasi).

Dia kemudian diminta untuk membacakan ayat-ayat suci Al-Quran di depan para jemaah selama10 menit. Namun Abdul Basit terus membaca hingga lebih dari satu jam dan pendengarnya terpesona oleh penguasaan, nada dan aturan tajwid (bacaan Al-Qur’an).

Tidak hanya itu, ABdul Basit juga tak jarang meneteskan air mata tiap kali membaca ayat-ayat suci Al-Quran hingga mebuat jemaah ikut terlarut dalam keharuan. (*/ed)

https://www.youtube.com/watch?v=4TY2wCNT0H8

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending