Feature

Adakah Hukum Membunuh Cicak Dalam Islam?

the-cicak-2

Beberapa muslim banyak yang mempertanyakan baigaman hukum membunuh cicak dalam Islam. Apakah membunuh cicak memiliki dalil atau hadits?


Hadits yang diriwayatkan dari sahabat Abu Hurairah, Rasulullah bersabda: “Barang siapa membunuh cicak dalam sekali pukul, maka ditulis untuknya seratus kebaikan, dan dalam dua kali pukulan kurang dari itu (seratus kebaikan), dan dalam tiga kali pukulan, kurang dari itu.” [HR. Muslim]

Hadits di atas adalah dalil dibolehkannya kita untuk membunuh cicak, dengan membunuhnya kita mendapatkan pahala seratus kebaikan. Bahkan tujuh kesalahan kita akan terhapuskan. Cicak adalah binatang yang jahat. Nabi bersabda:

“Sesungguhnya Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam memerintahkan untuk membunuh cicak, dan Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam menamainya dengan nama Fawaisiqo (Binatang jahat)” [HR. Muslim].


Namun nabi menganjurkan agar membunuh cicak sebisa mungkin sekali bunuh. Cara membunuh hewan adalah dengan membunuh dengan bagus dan jangan disiksa.

Dalam hadits disebutkan: “Sesungguhnya Allah telah memerintahkan untuk berlaku baik atas segala sesuatu. Maka, apabila kamu ingin membunuh, maka bunuhlah dengan cara yang bagus. Dan apabila kamu akan menyembelih, maka bagusilah cara penyembelihannya.

Imam An-Nawawi dalam kitab Syarah muslim mengatakan: “Para Ulama sepakat bahwa bahwa cicak adalah hewan kecil yang mengganggu.”

Wallahualam

Jika kita belum dapat memahami jelas perihal hukum membunuh cicak, ada baiknya menyimak penjelasan lengkapnya lewat video di bawah ini:

alterntif text
BAGIKAN:

loading...
alterntif text
Comments

Terpopuler

To Top