Tahukah Kamu Perbedaan Sinyal 2G/3G/H/4G? | Makassar Today
Connect with us

Internet

Tahukah Kamu Perbedaan Sinyal 2G/3G/H/4G?

Published

on

Perkembangan teknologi kini berkembang pesat, semakin canggih teknologi semakin mutakhir pula jaringan internet.

Tentu Anda sering melihat simbol jaringan seperti, 2G/3G/H+ atau 4G. Tapi tahukah perbedaan masing-masing jaringan ini. Nah, artikel ini akan mengulas perbedaan semua jaringan internet itu.

1. 2G

Jaringan yang kita bahas terlebih dahulu adalah jaringan yang menjadi andalan pada tahun 90-an dan sampai detik ini masih digunakan. Jaringan 2G pertama kali muncul pada tahun 1991 dan merupakan teknologi yang menyalurkan layanan data berupa voice, SMS, MMS. 2G memiliki kecepatan transfer sebesar 50 kbps.

2. G

Selanjutnya adalah G atau GPRS (General Pocket Radio Service). G mulai digunakan pada tahun 200 dan menjadi jaringan yang selalu menyala setiap hari tanpa henti. G juga memiliki sebutan keren dari masyarakat dengan nama 2.5G. Namun, jaringan ini masih dianggap sangat lambat. G memiliki kecepatan transfer sebesar 144 kbps.

3. E

E atau Edge (Encanched Data rates for GSM Evolution), ia mulai digunakan secara luas pada tahun 2003 dan memiliki kecepatan pengiriman data sebesar 217 kbps. Jarinan ini masih diguakan samapai saat ini diseluruh dunia, mencakup 604 jaringan EDGE di 213 negara, EDGE juga memiliki nama keren dengan sebutan 2.75G.

4. 3G

Jaringan ini sebenarnya sudah sangat lama digunakan negara-negara lain jauh sebelum Indonesia menggunakannya. 3G sudah mulai digunakan di Japan pada tahun 2001. Jaringan ini adalah jarigan yang sanggup mendukung aktiivitas mobile internet browsing seperti sekarang ini, kecepatan yang dimiliki sebesar 384 kbps.

5. H

Berikutnya adalah jaringan dengan simbol H jika simbol ini muncul di signal bar Anda, berarti Anda sedang menikmati jaringan yang cukup cepat digunakan, H berarti HSPA (High Speed Packet Access) dan jaringan ini menggunakan teknologi yang sma dengan 3G. Kecepatan yang dimiliki oleh jaringan ini sebesar 7.2 kbps. Dan jaringan ini juga merupakan jaringan paling populer di dunia.

6. H+

H+ pasti sering juga Anda biasa lihat di signal bar. H+ berarti HSPA+ (Evolved High Speed Packet Access). Ada lima generasi untuk jaringan ini, antara lain:

a. Release 6: 14.4 mbps

b. Release 7: 21.1 mbps

c. Release 8: 42.2 mbps

d. Release 9: 84.4 mbps

e. Release 10: 168.8 mbps

7. 4G

Siapa yang tidak kenal dengan jaringan yang satu ini, jika smartphone Anda sudah muncul simbol 4G pada signal barnya maka Anda sudah bisa menikmati kecepatan browsing yang luar biasa cepat. 4G pertama kali digunakan pada tahun 2009 di Stockholm dan Oslo. Kemudian jaringan dengan kecepatan paling oke ini menyebar keseluruh dunia, termasuk Indonesia juga kini sudah mulai menikmati kecepatan jaringan 4G.


Advertisement
loading...
Comments

Internet

IM3 Ooredoo Luncurkan Paket Bulanan UNLIMITED

Published

on

By

JAKARTA – IM3 Ooredoo kembali membuat gebrakan terbaru dengan memberikan kebebasan lebih untuk internetan kepada para pelanggannya. Setelah meluncurkan Yellow, paket internet paling praktis dengan harga terbaik, IM3 Ooredoo meluncurkan paket bulanan UNLIMITED yang dirancang khusus bagi pelanggan yang menginginkan internetan tanpa rasa khawatir, bahkan kebebasan nelpon ke semua operator dengan satu harga pasti.

IM3 Ooredoo memahami banyak pelanggan yang tidak puas karena terpaksa membayar mahal untuk aktivitas internetan sehari-hari seperti chatting, beraktivitas di media sosial, transportasi, mengirim pesan hingga streaming. Sejumlah aktivitas yang sering dilakukan pelanggan ini bisa menghabiskan kuota utama dengan sangat cepat dan membuat mereka harus membayar lebih dengan biaya tambahan yang mahal.

Dengan manfaat UNLIMITED Apps, pelanggan dapat melakukan lebih banyak hal untuk menikmati aplikasi harian secara terus menerus, tanpa batasan, sepanjang hari. Ini adalah Unlimited yang sebenarnya. UNLIMITED Apps mencakup semua aplikasi populer seperti Facebook, Whatsapp, LINE, Path, Facebook Messenger, BBM, Spotify, dan iflix. Manfaat terbaik dari semuanya? Perkenalkan UNLIMITED YouTube! Dapatkan akses YouTube sepuasnya tanpa menghabiskan kuota internet utama Anda, manfaat tambahan yang ada di dalam paket UNLIMITED 7GB ke atas. Pelanggan hanya perlu membayar dengan satu harga dan tidak lebih.

Paket UNLIMITED hadir dalam berbagai pilihan dengan kuota utama yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Harga mulai dari yang termurah Rp35.000 untuk Paket 2GB, Rp70.000 untuk 7GB, hingga Rp165.000 untuk UNLIMITED Jumbo. Paket UNLIMITED Jumbo ini bahkan hadir dengan manfaat kebebasan nelpon dan SMS tanpa batas ke semua operator, seharian. Ini baru keuntungan yang sesungguhnya.

Andreas Gregori, Chief Marketing Officer Indosat Ooredoo mengatakan, bagi pihaknya, UNLIMITED berarti tanpa batasan, tanpa limit, dan tanpa hambatan. Hanya ada keseruan untuk internetan.

“Jadi Anda dapat menikmati aplikasi populer sehari-hari, aplikasi streaming seperti Spotify & iflix sepuasnya. Bahkan YouTube-an benar-benar tak terbatas. Ini merupakan cara terbaik untuk menikmati video streaming tanpa rasa khawatir. Setiap hari, kapan saja sebanyak yang Anda inginkan, tanpa adanya penurunan kecepatan. Pelanggan mendapatkan paket internet dengan pengalaman yang berbeda dan memberikan kebebasan lebih banyak, tidak seperti operator lainnya. Untuk internetan tanpa rasa khawatir, UNLIMITED adalah pilihan cerdas,” kata Andreas melalui rilisnya, Selasa (19/12/2017).

Untuk informasi lebih lanjut, pelanggan dapat mengakses informasi melalui im3ooredoo.com/unlimited. Bagi pelanggan yang ingin berlangganan Paket UNLIMITED, dapat mengunjungi outlet Indosat Ooredoo terdekat, tekan *123#, atau akses Aplikasi myIM3 dari smartphone Anda. (*)


Baca Selengkapnya
Advertisement

Trending

Terpopuler

loading...