Tahukah Kamu Perbedaan Sinyal 2G/3G/H/4G? | Makassar Today
Connect with us

Internet

Tahukah Kamu Perbedaan Sinyal 2G/3G/H/4G?

Published

on

Perkembangan teknologi kini berkembang pesat, semakin canggih teknologi semakin mutakhir pula jaringan internet.

Tentu Anda sering melihat simbol jaringan seperti, 2G/3G/H+ atau 4G. Tapi tahukah perbedaan masing-masing jaringan ini. Nah, artikel ini akan mengulas perbedaan semua jaringan internet itu.

1. 2G

Jaringan yang kita bahas terlebih dahulu adalah jaringan yang menjadi andalan pada tahun 90-an dan sampai detik ini masih digunakan. Jaringan 2G pertama kali muncul pada tahun 1991 dan merupakan teknologi yang menyalurkan layanan data berupa voice, SMS, MMS. 2G memiliki kecepatan transfer sebesar 50 kbps.

2. G

Selanjutnya adalah G atau GPRS (General Pocket Radio Service). G mulai digunakan pada tahun 200 dan menjadi jaringan yang selalu menyala setiap hari tanpa henti. G juga memiliki sebutan keren dari masyarakat dengan nama 2.5G. Namun, jaringan ini masih dianggap sangat lambat. G memiliki kecepatan transfer sebesar 144 kbps.

3. E

E atau Edge (Encanched Data rates for GSM Evolution), ia mulai digunakan secara luas pada tahun 2003 dan memiliki kecepatan pengiriman data sebesar 217 kbps. Jarinan ini masih diguakan samapai saat ini diseluruh dunia, mencakup 604 jaringan EDGE di 213 negara, EDGE juga memiliki nama keren dengan sebutan 2.75G.

4. 3G


Jaringan ini sebenarnya sudah sangat lama digunakan negara-negara lain jauh sebelum Indonesia menggunakannya. 3G sudah mulai digunakan di Japan pada tahun 2001. Jaringan ini adalah jarigan yang sanggup mendukung aktiivitas mobile internet browsing seperti sekarang ini, kecepatan yang dimiliki sebesar 384 kbps.

5. H

Berikutnya adalah jaringan dengan simbol H jika simbol ini muncul di signal bar Anda, berarti Anda sedang menikmati jaringan yang cukup cepat digunakan, H berarti HSPA (High Speed Packet Access) dan jaringan ini menggunakan teknologi yang sma dengan 3G. Kecepatan yang dimiliki oleh jaringan ini sebesar 7.2 kbps. Dan jaringan ini juga merupakan jaringan paling populer di dunia.

6. H+

H+ pasti sering juga Anda biasa lihat di signal bar. H+ berarti HSPA+ (Evolved High Speed Packet Access). Ada lima generasi untuk jaringan ini, antara lain:

a. Release 6: 14.4 mbps

b. Release 7: 21.1 mbps

c. Release 8: 42.2 mbps

d. Release 9: 84.4 mbps

e. Release 10: 168.8 mbps

7. 4G

Siapa yang tidak kenal dengan jaringan yang satu ini, jika smartphone Anda sudah muncul simbol 4G pada signal barnya maka Anda sudah bisa menikmati kecepatan browsing yang luar biasa cepat. 4G pertama kali digunakan pada tahun 2009 di Stockholm dan Oslo. Kemudian jaringan dengan kecepatan paling oke ini menyebar keseluruh dunia, termasuk Indonesia juga kini sudah mulai menikmati kecepatan jaringan 4G.

Advertisement
Comments

Internet

XL Luncurkan Xtra Kuota 30 GB Rp10 Ribu

Published

on

By

Makassartoday.com – Operator seluler XL Axiata kini resmi menambah jajaran paket datanya dengan merilis Xtra Kuota 30GB dan dibanderol sebesar Rp10 ribu saja.

General Manager (GM) Sales Operation Sulawesi Area, Ivan Priyahutama mengatakan, bahwa paket Xtra Kuota ini merupakan solusi terbaik bagi pengguna kuota.

Promo baru dari XL ini, kata dia, merupakan pemenuhan kebutuhan pelanggan atas kuota data juga terus meningkat seiring dengan semakin banyaknya aktivitas produktif yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan layanan data untuk mengakses internet.


“Paket Xtra Kuota kami luncurkan sebagai solusi terbaik yang kami tawarkan atas tingginya permintaan kuota data oleh pelanggan. Dengan paket ini, pelanggan menjadi lebih , simple, fleksibel dan hemat dalam mendapatkan tambahan kuota data di seluruh jaringan (2G/3G & 4G). Kami menyadari, dengan semakin luasnya jangkauan layanan data berkualitas, termasuk 4G LTE dan 4.5G, maka akan semakin meningkat pemanfaatan layanan data oleh masyarakat. Hal inilah yang mendorong permintaan atas kuota data terus meningkat.” jelasnya, Rabu (24/1/2018).

Paket “Xtra Kuota” yaitu tambahan kuota sebesar 30GB hanya dengan harga Rp
10 ribu yang bisa dinikmati selama satu bulan. (Hajji Taruna)

Baca Selengkapnya
Advertisement

Terpopuler