Danny Tetapkan Program Salat Subuh Berjamaah Di Losari | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

Danny Tetapkan Program Salat Subuh Berjamaah Di Losari

Published

on

MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mengajak kaum muslimin dan muslimat beserta keluarga untuk menunaikan salat Subuh berjamaah. Ajakan itu tertuang dalam Gerakan Makassar Salat Subuh Berjamaah yang dimulai, Minggu, (31/7/2016) di Anjungan City of Makassar, Pantai Losari.

Gerakan ini akan menjadi agenda tetap Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar yang akan dilaksanakan sebulan sekali di hari Ahad terakhir. Sebagai permulaan akan dimulai pada 31 Juli, 28 Agustus, 25 September, 30 Oktober, dan 27 November.

Diperkirakan tak kurang dari seribu orang akan mengikuti Gerakan Makassar Salat Subuh Berjamaah, mereka berasal dari unsur SKPD, Perusda, unit kerja, dan kecamatan yang hadir bersama keluarga. Selain itu, pelajar SMP, SMA/SMK juga dihimbau untuk mengikuti kegiatan tersebut.

“Pemerintah berupaya menuntun warganya ke hal – hal yang positif. Tidak sekedar mengejar dunia lantas mengabaikan akhirat. Ini gerakan moral yang menjadi pemersatu bagi masyarakat dan pemerintah untuk bersama – sama membangun Makassar Dua Kali Tambah Baik. Ini bagian dari syiar,” jelas Danny.

alterntif text

Sementara itu, Kabag Humas Pemkot Makassar, Firman Pagarra menyampaikan, Gerakan Makassar Salat Subuh Berjamaah juga diisi dengan ceramah.

“Akan ada ceramah setiap usai shalat Subuh untuk memberikan pencerahan kalbu bagi jamaah, semoga dengan ini keberkahan bagi warga dan kota Makassar dapat kita raih,” tutur Firman.

Firman menambahkan, pemilihan waktu salat subuh dikarenakan banyak keutamaan – keutamaan dari sisi spiritualitas yang salah satunya disebutkan dalam firman Allah SWT, surah Al – Isra ayat 78 yang artinya.

“Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) Subuh. Sesungguhnya shalat Subuh itu disaksikan (oleh malaikat)”.

Keutamaan lain shalat Subuh dapat dilihat pada hadits riwayat Muslim dari Aisyah Radhiyallahu Anha bahwa Rasulullah SAW bersabda “Dua rakaat fajar (Subuh) lebih baik dari dunia seisinya”. (ronny/ed)

alterntif text
BAGIKAN:
Comments

Trending