Terungkap, Pengembang Kantongi Sertifikat 7 Hektar Lahan Caddika | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Hukum & Kriminal

Terungkap, Pengembang Kantongi Sertifikat 7 Hektar Lahan Caddika

Published

on

alterntif text

MAKASSAR – Kejaksaan Negeri (Kejari) Makassar akan menggandeng Panitia Khusus (Pansus) Fasum Fasos DPRD Makassar untuk mengusut perkara peralihan lahan negara di Bumi Perkemahan Caddika.

Upaya ini ditempuh Kejari Makassar, lantaran Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar hingga kini belum bisa menunjukkan dokumen resmi (alas hak) untuk 7 hektar lahan yang telah menjadi hak milik pihak pengembang.

“Kita sudah mengecek ke Badan Pertanahan Nasional (BPN), tapi lahan itu sudah bersitifikat,” ujar Deddy, Jumat (19/8/2016).

Adapun sertifikat yang dikeluarkan BPN, kata Deddy, atas nama pemilik pengembang. Meski demikian, pihaknya tetap akan melakukan pengusutan terkait lahirnya sertifikat di atas lahan yang diklaim Pemkot Makassar sebagai asetnya.

Sebelum melakukan pengusutan, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pihak DPRD Kota Makassar, guna mencari tahu asa muasal lahan perkemahan Caddika, yang sebelumnya memiliki luas mencapai 9 hektar.

alterntif text

“Kita baru akan menjadwalkan untuk melakukan pertemuan dengan pihak DPRD Makassar,” imbuhnya.

Deddy mengaku, masalah lahan Caddika sejauh ini masih dalam proses penyelidikan Bidang Intelejen dan masih terus dilakukan pengumpulan data serta bahan keterangan. Sebelumnya, DPRD kota Makassar melalui Pansus Fasum Fasos telah melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke lokasi perkemahan tersebut.

Pansus saat itu mengaku menemukan fakta bila lahan negara seluas 7 hektar telah dijual ke pihak pengembang. Adapun lahan yang diklaim sebagai aset Pemkot saat ini tersisa 2 hektar yang digunakan sebagai lokasi perkemahan serta lahan pekuburan.

“Kita masih terus mengejar bukti-bukti dilapangan, apakah lahan itu milik Pemkot atau memang milik pengembang,” tegas Deddy.

Dedy tak menampik, jika informasi yang diterima pihaknya dari Pemkot Makassar, bahwa 7 hektar lahan Caddika telah dijual. Kata Dedy, status lahan tersebut dulunya pernah dihibahkan ke Pemkot Makassar. (maman/ed)

alterntif text
BAGIKAN:
Comments

Trending