Harapan Wali Kota Danny di HUT AJI ke-22 | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

Harapan Wali Kota Danny di HUT AJI ke-22

Published

on

MAKASSAR – Wali kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto menyampaikan harapan kepada Aliansi Jurnalis Independen (AJI) agar tetap menjaga idealismenya sebagai jurnalis.

Harapan itu disampaikan Danny saat hadir membuka acara Hari Ulang Tahun (HUT) AJI ke 22 dan malam penganugerahan jurnalis award di Hotel Four Point by Sheraton, Minggu (28/8/16).

“Idealisme jurnalis harus dijaga. Kita berharap Jurnalis mampu memisahkan antara fakta dan prasangka agar tidak menimbulkan kebingungan dalam masyarakat tentang kebenaran informasi yang harus mereka dengarkan,” kata Danny.

Menurut Danny, dewaa ini banyak media yang gemar memakai bahasa – bahasa provokatif, padahal menurutnya, satu judul frovokatif saja sudah dapat berakibat fatal dan mengancam keselamatan jiwa dan ketentraman warga.

alterntif text

Belum lagi fenomena baru, yakni semakin menjamurnya media online tampa dibarengi sistem protokol yang jelas. Kesemua ini merupakan tantangan terbesar sehingga menurutnya dibutuhkan idealisme kuat seorang jurnalis untuk mampu berkontribusi secara produktif demi menperkuat negara ini.

Ia mencontohkan ketika terjadi tsunami yang begitu massif di Jepang, tak penah satu pun media pernah memposting gambar-gambar korban yang bergelimpangan.

Demikian saat negara itu memerlukan support, para wartawannya sepakat untuk tidak memunculkan pemberitaan yang bisa semakin membuat kondisinya semakin terpuruk. Inilah support yang diberikan jurnalis mereka yang mampu menjaga berita-berita melemahkan di saat negara mereka butuh dukungan.

“Saya melihat yang bisa berbuat produktif dan memperkuat negara seperti contoh di Jepang saya kira tempatnya adalah di Aliansi Jurnalis Independent (AJI),” kunci Danny. (ronny/ed)

BAGIKAN:
Comments

Trending