Fashion - Beauty

Tips dan Jenis Pakaian Yang Cocok untuk Musim Panas

cool-fashion-girl-shorts-tank-top-Favim.com-51883

Musim panas yang tengah melanda Indonesia saat ini membuat kita lebih cermat dalam memilih busana. Hal ini perlu dilakukan agar kita merasa nyaman dan tidak dicap salah kostum.

Tidak semua orang mengerti cara berpakaian pada musim hujan ataupun musim panas. Pada dasarnya, ketika musim hujan tiba, kita berpakaian agak tebal dan menggunakan bahan yang tidak mudah basah. Pada saat musim panas, kita berpakaian dengan bahan yang agak tipis, ringan, dan mudah menyerap keringat.

Prinsip dasar tersebut rasanya tidak cukup bagi beberapa orang yang terus ingin tetap tampil menarik.
Ada beberapa hal yang patut diketahui tentang cara berpakaian ketika cuaca panas.

“Cuaca panas di Jakarta memang sepertinya sangat terik. Untuk mengatasinya ya kurangi pakaian gelap dan tebal. Lebih cocok kenakan warna pastel agar terlihat dan merasa adem; kaus tipis agar terlihat lebih santai,” ujar Yosep Sinurdasono, fashion designer Raffles Hotel.

Ada beberapa hal yang patut diketahui tentang cara berpakaian ketika cuaca panas.

1. Pemilihan Bahan yang Tepat

Dalam berpenampilan kita memang tidak bisa lepas dalam hal memilih bahan. Apa saja jenis bahan pakaian yang cocok untuk cuaca panas? Berikut ini beberapa contohnya.

Katun: bahan ini memang sangat cocok untuk digunakan pada saat kondisi atau cuaca panas. Sifatnya yang menyerap keringat membuat bahan ini sering digunakan.
Hanya saja, bahan ini mudah kusut sehingga perlu perhatian lebih pada saat menggunakannya.

Linen: bahan ini cenderung lebih mahal ketimbang dari bahan katun. Sifatnya lebih kuat dan ringan membuat bahan ini lebih istimewa pada saat musim panas. Namun, kekurangan bahan ini adalah mudah kasar dan mengerut jika tidak dirawat dengan baik.

2. Warna

Pemilihan warna memang hal yang sangat personal. Namun, ada baiknya ketika cuaca panas, hindari warna-warna yang cenderung tebal dan gelap. Ketika terkena terik matahari, warna tersebut akan menambah rasa panas pada tubuh.
Warna-warna lembut dan cerah bisa menjadi pilihan untuk Anda.

3. Chinos dan Celana Pendek

Bagi Anda yang tidak menyukai celana dengan bahan denim, chino pants merupakan salah satu pakaian yang bisa dikenakan, terbuat dari bahan katun dan sangat cocok untuk cuaca panas.

Tidak hanya nyaman saat digunakan di cuaca panas, chino pants juga menambah value untuk setiap penampilan. Celana pendek juga pilihan yang bisa Anda coba untuk beberapa kegiatan yang santai.

Sekadar hangout di kafe kecil, santai bersama teman di cuaca yang cukup panas, tidak ada salahnya untuk meninggalkan celana panjang Anda dan beralih ke celana pendek.

4. Tetap Lindungi Diri dari Sinar Matahari

Jangan lupa untuk aksesori multifungsi seperti kacamata. Tidak hanya menambah nilai dari penampilan Anda, kacamata hitam seperti aviator dapat melindungi mata dari teriknya matahari. Tidak hanya itu, sebuah topi jangan dilupakan. Bagi Anda yang memiliki rambut cukup tipis, penggunaan topi dapat melindungi kulit kepala dari sinar matahari yang cukup terik.

Yang Harus Dihindari

Hindari warna gelap

Pakaian berwarna gelap memang menjadi favorit setiap orang, tapi ketika musim panas seperti ini, sebaiknya hindari warna tersebut untuk beberapa waktu. Warna gelap seperti hitam dan biru gelap sangat mudah menyerap panas.

Pakaian ketat

Pakaian ketat sangat tidak dianjurkan ketika cuaca panas. Selain mengganggu aktivitas gerak tubuh, pakaian ketat juga akan membuat badan cepat berkeringat karena kurangnya sirkulasi udara di tubuh.

Pakaian berbahan wol

Jika berpikir akan terlihat keren menggunakan coat bermaterial wol, itu salah besar. Cuaca panas sepanjang hari akan membuat suhu tubuh semakin panas dan yang mengenakan terlihat aneh.

Parka

Kebanyakan material yang digunakan pada parka adalah kain kanvas. Material ini juga sangat tidak cocok di musim panas. Coba pilih material kain katun yang akan membuat lebih nyaman.

Jeans

Untuk cuaca panas celana chino sepertinya lebih cocok dibanding dengan jeans. Selain lebih ringan, celana ini juga lebih mudah untuk bergerak dibanding dengan jeans yang kaku.

BAGIKAN:
alterntif text
Comments

Terpopuler

To Top