Feature

Mengapa Jendela Pesawat Tak Sejajar Dengan Kursi Penumpang?

ilustrasi-2

Pernahkan anda bertanya mengapa tidak semua jendela pesawat terbang berada dalam posisi sejajar dengan kursi penumpang? Apa alasannya?

Rupanya ada penjelasan rasional mengenai keganjilan tersebut. Saat sebuah maskapai memesan pesawat, perusahaan pembuat burung besi hanya akan mengatur letak jendela di dalam kabin, bukan posisi kursi.

Walaupun begitu, biasanya perusahaan seperti Airbus dan Boeing akan merekomendasikan pengaturan letak tempat duduk berdasarkan posisi jendela yang telah mereka buat.

Namun, tidak semua maskapai menerima saran tersebut. Biasanya pihak maskapai mempunyai desain sendiri untuk posisi tempat duduk, seperti memuat lebih banyak baris kursi, mengurangi ruang kaki atau jarak antar kursi, dan demi menjaga harga yang kompetitif.

Trek di lantai kabin pesawat memungkinkan pihak maskapai untuk mengatur baris kursi, dibuat lebih dekat atau jauh terpisah.

Pengaturan konfigurasi tempat duduk pun juga tergantung pada kebijaksanaan pihak maskapai. Pihak berwenang dapat mengatur susunannya menjadi 3-4-3, 2-3-2, atau 3-5-3.

Jadi, alasan mengapa jendela pesawat tidak selalu sejajar dengan kursi kabin adalah karena biasanya maskapai menambahkan beberapa deret kursi tambahan. Hal ini dilakukan diduga untuk menghasilkan lebih banyak keuntungan. (rph)

==BAGIKAN==
SPONSORED CONTENT
loading...
Loading...
loading...
Comments

Terpopuler

To Top