Apa Itu Harbolnas?
Connect with us

LIFESTYLE

Apa Itu Harbolnas? Begini Awal Mulanya

Published

on

Harbonas adalah singkatan dari Hari Belanja Online Nasional. Harbolnas tahun 2016 ini telah dilaksanakan pada 11 November lalu.

Selanjutnya Harbolnas untuk belanja online bermacam jenis fashion, gadget, lifestyle, hingga travel di banyak online shop dengan diskon besar-besaran akan kembali dilaksanakan pada 12 Desember mendatang.

Bahkan promo 12.12 ini akan diikuti lebih banyak online shop dari pada promo 11.11. Lalu, apa saja yang harus dipersiapkan untuk mengikuti promo 12.12 nanti agar tetap aman dan bijak dalam berbelanja? Berikut tips belanja online dirangkum dari Pikiran-rakyat.com

Jaringan Internet

Jaringan internet tentu saja menjadi hal yang sangat penting dalam berbelanja online. Apalagi ketika kita ingin mengikuti Harbolnas, mengincar suatu produk dengan keuntungan diskon namun jumlah barangnya terbatas. Jangan sampai jaringan internet yang lelet menggagalkan kita untuk mendapatkan barang yang diinginkan dengan keuntungan discount yang besar.

Daftar Belanjaan

Diskon gila-gilaan pada saat Harbolnas untuk bermacam barang, di berbagai online shop. Jangan sampai membuat kita kalap, membeli berbagai hal karena harganya yang miring. Lebih baik kita dengan bijak membuat daftar barang yang diperlukan. Agar apa yang kita beli dengan murah, bisa benar-benar bermanfaat.

Perhatikan Diskon

Diskon yang ditawarkan saat Harbolnas bisa mencapai 70%, 80% bahkan 90%, jangan sampai membuat kita tertipu. Hanya karena penawaran diskon yang besar, kita langsung membeli produk tersebut. Untuk menghindari penipuan diskon besar, ada baiknya kita periksa kembali harga pasaran barang tersebut biasa di jual. Jangan sampai kita mendapatkan diskon besar saat harga sudah dinaikan sangat tinggi.

Baca Testimoni

Jangan hanya berhati-hati pada penipuan harga diskon. Kualitas barang yang akan kita beli pun harus kita perhatikan. Selain membaca deskripsi produk yang akan kita beli, ada baiknya kita membaca testimony pembeli-pembeli atas produk tersebut di kolom ulasan produk oleh konsumen sebelumnya.

Transaksi/ Cara Pembayaran

Untuk proses pembayaran produk umumnya di Indonesia menawarkan beberapa alternatif cara pembayaran. Bisa melalui kartu kredit, transfer anjungan tunai mandiri, sampai pembayaran di tempat atau Cash On Delivery (COD). Pilih saja cara pembayaran yang paling bisa membuat nyaman. Jangan lupa, jika memilih untuk transfer simpan baik-baik tanda bukti transfer.

Sejarah Harbolnas

Asal Mula Harbolnas dimulai tanpa sengaja pada tahun 2012 oleh sejumlah pentolan pengusaha e-commerce yang usahanya lagi naik daun.

Rizki Suluh Adi, merupakan salah satu orang yang mengagas gerakan ini. Seperti dirangkum dari DailySocial, Rizki menceritakan kisahnya, “Awal Harbolnas sih sebetulnya tidak sengaja. Suatu hari di akhir Nnovember 2012, di tengah hujan lebat, sambil nunggu hujan nggak sengaja ketemuan di Starbucks. Masing-masing habis meeting sendiri-sendiri dan tidak janjian. Akhirnya hasil ngopi bareng sepakat bikin event bareng di 121212. Dari email, telepon, WhatsApp, akhirnya beberapa (layanan) e-commerce bergabung dan mendapatkan support dari Yahoo! dan Telkomsel,” tutur Rizki yang pada saat itu masih bergabung di Lazada Indonesia.

“Believe it or not, teman-teman volunteer pro bono semua. Tidak dibayar. Malah kami patungan. Kadang harus sport jantung juga, karena kami semua juga harus tetap menjalankan pekerjaan sehari hari dan ditambah kerja sukarela menjadi panitia #1212Sale. Tapi karena gotong royong, semua bisa dikerjakan on time dan terasa ringan,” tambah Rizki yang saat ini bergabung dengan Eraphone.

Berikutnya Harbolnas disepakati menjadi acara rutin tahun setiap 12 Desember. Di tahun ketiga ini Harbolnas semakin banyak didukung partner dan peserta.

Perayaan #1212Sale, di mata penggagasnya, sudah bukan hari seru-seruan untuk layanan e-commerce saja. Ajang ini telah melibatkan seluruh lini industri digital di Indonesia. “Semua lini terlibat di sini. Tidak cuma (layanan) e-commerce-nya, tapi juga digital media, adtech (ad network, ad platform), social network service, chat app, payment gateway, bank, operator telekomunikasi, dan (penyedia layanan) logistik. Bahkan (sejumlah) brand pun memberikan dukungan diskon,” lanjut Rizki.

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Food - Travel

Warkop Buana Gelar Nobar Piala Dunia 2018

Published

on

By

Makassartoday.com – Demam perhelatan Piala Dunia 2018 Rusia merambat hingga ke warung kopi (warkop) di Makassar.

Seperti yang dirasakan para penikmat kopi di Warkop Buana Jl Urip Sumoharjo Ruko KTC No B5.

Untuk memanjakan pengunjungnya, Warkop Buana menggelar acara nonton bareng (nobar) selama perhelatan Piala Dunia 2018.

Sejumlah komunitas di warkop ini mengaku tak sabar menyaksikan laga penyisihan di hari ketiga yang akan disiarkan live di TransTV antara Timnas Konstarika vs Serbia, Sabtu (17/6/2018) pukul 20.00 Wita.

“Mulai malam ini kita menggelar nobar piala dunia dan ini akan berlangsung selama piala dunia dihelat,” kata salah satu pegawai warkop, Anto.

Untuk mendapatkan sajian nobar Piala Dunia 2018 di Warkop Buana, pengunjung cukup memesan kopi khas Buana serta menu makanan dan minuman lainnya dengan harga yang sangat terjangkau. (*)

Related Posts
Begini Desain Bola Resmi FIFA di Piala Dunia 2018
Makassartoday.com - FIFA, melalui situs resminya pada Kamis (9/11/2017), mengumumkan bola resmi untuk Piala Dunia 2018. Bola tersebut diberi nama Telstar 18. Telstar 18 tercipta berkat kerja sama FIFA dengan perusahaan ...
READ MORE
Begini Desain Bola Resmi FIFA di Piala Dunia
BAGIKAN:
Baca Selengkapnya

Fashion - Beauty

Gerai Produk Kecantikan Watons Kini Hadir di Makassar

Published

on

By

Makassartoday.com – PT Duta Intidaya Tbk dengan gembira meresmikan gerai Watsons ke-91 sekaligus gerai pertama di Kota Makassar. Lokasi gerai Watsons yang diresmikan yakni berada di Mall Panakukang.

Acara peresmian gerai Watons ditandai dengan pengguntingan pita yang dilakukan oleh Presiden Direktur Watsons Indonesia beserta jajaran manajemen Watsons Indonesia.

“Kami mengucap syukur bahwa hari ini kami dapat meresmikan gerai pertama di Makassar. Setelah warga Makassar menunggu-nunggu sekian lama, akhirnya Watsons hadir di Makassar untuk memenuhi kebutuhan Makassar akan peoduk kecantikan dan kesehatan yang berkualitas,” ucapnya usai perempuan gerai, Selasa (29/5/2018).

Pihaknya berharap, dengan adanya Watsons di Makassar dapat menunjang penampilan dan membuat konsumen merasa selalu fit dan burgar.

Direktur Watsons Indonesia, Lilis Mulyawati, dalam kata sambutannya pada acara peresmian Watsons Mall Panakukang Makassar.

Dalam rangka peresmian gerai ini, Watsons Mall Panakukang mengadakan program belanja berhadiah menarik berupa pemberian Watsons travel pillow untuk setiap pembelanjaan minimum Rp300 ribu dengan menggunakan debit dan credit card Bank Mandiri dan discount spesial yang memberikan keuntungan diskon hingga 50% serta pemberian Watsons Tote Bag untuk setiap pembelanjaan minimum 100.000.

“Kami juga memeiliki promo khusus Watsons Mal Panakukang, untuk 100 konsumen pertama yang membawa potongan flyer mendapat kartu member Watsons. kartu member Watsons selalu memberikan keuntungan lebih bagi membernya, seperti discount spesial, milk spesial, extra poin, dan informasi terkini seputar produk Watsons,” sebutnya.

“Sebagai ritel kesehatan dan kencantikan terkemuka, Watsons indonesia tidak pernah berhenti berinovasi untuk selalu memberikan kepuasan kepada pelanggannya. Konsep toko Watsons selalu membuat pelanggan nyaman untuk berbelanja. selain itu, Watsons juga menyediakan produk-produk health dan beauty yang exclusive yang tidak didapatkan di ritel lainnya.” Tutup Lilis. (Hajji Taruna)

BAGIKAN:
Baca Selengkapnya

Food - Travel

Spesial Ramadan, Kedai Kopi PapaOng Sajikan Menu Buka Puasa dan Sahur

Published

on

By

Makasaartoday.com – Kedai Kopi PapaOng di Jl Rusa No 34-35, Kota Makassaar hadir memanjakan penggunanya di bulan suci Ramadan 2018.

Khusus bulan suci tahun ini, Kedai Kopi PapaOng buka mulai pukul 15.00 – 03.00 WITA. PapaOng yang tak hanya terkenal dengan sajian kopi-nya, namun juga menu makanan yang dijamin 100 persen halal dan harganya yang terjangkau.

Aneka roti panggang, nasi goreng, nasi hainan, dan nasi lemak. Juga tersedia sup ikan, bubur ayam, sup kacang yang menyerupai lontong sayur diberi sentuhan daun jeruk menambah sensasi kelezatan menu ini. Menu lain, pempek, bakso, siomay dan pisang goreng, dan jajanan takjil juga ada di kedai ini.

Sambil menikmati hidangan buka puasa dan sahur, para pengunjung juga bisa menikmati suasana tak lazim dari kedai kopi lain yang ada pada umumnya.

PapaOng menawarkan arsitektur bangunan sentuhan Malaysia dan China. Hal itu terlihat di sejumlah furniture dan pajangan di dinding. Begitu juga dengan gagang pintu kedai yang khas, chinese banget.

Namun dari suasananya sangat persis jika ngopi di kawasan Chinatown Singapura.
Menandakan dari temboknya dilukis dengan gambar bangunan China dengan goresan lampion merah.

Sekedar diketahui, Kedai PapaOng
sudah memiliki empat cabang di Indonesia dan salah satunya di Makassar. (Tina)

BAGIKAN:
Baca Selengkapnya