LIFESTYLE

Apa Itu Harbolnas? Begini Awal Mulanya

situs-belanja-online-blog-dealharga-com

Harbonas adalah singkatan dari Hari Belanja Online Nasional. Harbolnas tahun 2016 ini telah dilaksanakan pada 11 November lalu.

Selanjutnya Harbolnas untuk belanja online bermacam jenis fashion, gadget, lifestyle, hingga travel di banyak online shop dengan diskon besar-besaran akan kembali dilaksanakan pada 12 Desember mendatang.

Bahkan promo 12.12 ini akan diikuti lebih banyak online shop dari pada promo 11.11. Lalu, apa saja yang harus dipersiapkan untuk mengikuti promo 12.12 nanti agar tetap aman dan bijak dalam berbelanja? Berikut tips belanja online dirangkum dari Pikiran-rakyat.com

Jaringan Internet

Jaringan internet tentu saja menjadi hal yang sangat penting dalam berbelanja online. Apalagi ketika kita ingin mengikuti Harbolnas, mengincar suatu produk dengan keuntungan diskon namun jumlah barangnya terbatas. Jangan sampai jaringan internet yang lelet menggagalkan kita untuk mendapatkan barang yang diinginkan dengan keuntungan discount yang besar.

Daftar Belanjaan

Diskon gila-gilaan pada saat Harbolnas untuk bermacam barang, di berbagai online shop. Jangan sampai membuat kita kalap, membeli berbagai hal karena harganya yang miring. Lebih baik kita dengan bijak membuat daftar barang yang diperlukan. Agar apa yang kita beli dengan murah, bisa benar-benar bermanfaat.

Perhatikan Diskon

Diskon yang ditawarkan saat Harbolnas bisa mencapai 70%, 80% bahkan 90%, jangan sampai membuat kita tertipu. Hanya karena penawaran diskon yang besar, kita langsung membeli produk tersebut. Untuk menghindari penipuan diskon besar, ada baiknya kita periksa kembali harga pasaran barang tersebut biasa di jual. Jangan sampai kita mendapatkan diskon besar saat harga sudah dinaikan sangat tinggi.

Baca Testimoni

Jangan hanya berhati-hati pada penipuan harga diskon. Kualitas barang yang akan kita beli pun harus kita perhatikan. Selain membaca deskripsi produk yang akan kita beli, ada baiknya kita membaca testimony pembeli-pembeli atas produk tersebut di kolom ulasan produk oleh konsumen sebelumnya.

Transaksi/ Cara Pembayaran

Untuk proses pembayaran produk umumnya di Indonesia menawarkan beberapa alternatif cara pembayaran. Bisa melalui kartu kredit, transfer anjungan tunai mandiri, sampai pembayaran di tempat atau Cash On Delivery (COD). Pilih saja cara pembayaran yang paling bisa membuat nyaman. Jangan lupa, jika memilih untuk transfer simpan baik-baik tanda bukti transfer.

Sejarah Harbolnas

Asal Mula Harbolnas dimulai tanpa sengaja pada tahun 2012 oleh sejumlah pentolan pengusaha e-commerce yang usahanya lagi naik daun.

Rizki Suluh Adi, merupakan salah satu orang yang mengagas gerakan ini. Seperti dirangkum dari DailySocial, Rizki menceritakan kisahnya, “Awal Harbolnas sih sebetulnya tidak sengaja. Suatu hari di akhir Nnovember 2012, di tengah hujan lebat, sambil nunggu hujan nggak sengaja ketemuan di Starbucks. Masing-masing habis meeting sendiri-sendiri dan tidak janjian. Akhirnya hasil ngopi bareng sepakat bikin event bareng di 121212. Dari email, telepon, WhatsApp, akhirnya beberapa (layanan) e-commerce bergabung dan mendapatkan support dari Yahoo! dan Telkomsel,” tutur Rizki yang pada saat itu masih bergabung di Lazada Indonesia.

“Believe it or not, teman-teman volunteer pro bono semua. Tidak dibayar. Malah kami patungan. Kadang harus sport jantung juga, karena kami semua juga harus tetap menjalankan pekerjaan sehari hari dan ditambah kerja sukarela menjadi panitia #1212Sale. Tapi karena gotong royong, semua bisa dikerjakan on time dan terasa ringan,” tambah Rizki yang saat ini bergabung dengan Eraphone.

Berikutnya Harbolnas disepakati menjadi acara rutin tahun setiap 12 Desember. Di tahun ketiga ini Harbolnas semakin banyak didukung partner dan peserta.

Perayaan #1212Sale, di mata penggagasnya, sudah bukan hari seru-seruan untuk layanan e-commerce saja. Ajang ini telah melibatkan seluruh lini industri digital di Indonesia. “Semua lini terlibat di sini. Tidak cuma (layanan) e-commerce-nya, tapi juga digital media, adtech (ad network, ad platform), social network service, chat app, payment gateway, bank, operator telekomunikasi, dan (penyedia layanan) logistik. Bahkan (sejumlah) brand pun memberikan dukungan diskon,” lanjut Rizki.

BAGIKAN:
alterntif text
Comments

Terpopuler

To Top