Pecinta Alam Tanam Pohon di Gunung Nepo | Makassar Today
Connect with us

Komunitas

Pecinta Alam Tanam Pohon di Gunung Nepo

Published

on

PAREPARE – Memperingati Hari Gunung Sedunia, komunitas pencinta alam se-Ajattappareng melakukan penanaman bibit pohon dan ekspedisi penyelamatan mata air di gunung Nepo, Senin 12 Desember. Penanaman dilakukan pada posko 4, dan penyelamatan mata air dilakukan diposko 7 Gunung Nepo.

Pendakian dimulai sejak Sabtu malam dan tiba di Puncak Nepo pada Sabtu sore. Sekira 60 pecinta alam dari pelbagai komunitas ikut dalam kegiatan ini. Sekertaris Panpel, Muh Agussalim menjelaskan telah banyak pohon yang mati di Gunung yang berbatasan dengan empat kabupaten/kota itu. Sehingga dikhawatirkan bisa memicu longsor.

pecinta-alam-parepare-2


“Ada 500 bibit pohon yang kami bawa sendiri dari Bacukiki Parepare sampai di posko 4 kemudian kami tanam bersama,” jelas aktivis Komunitas Pecinta Alam Sulawesi (Kapas) saat ditemui PIJAR, Senin 12 Desember.

Sementara di posko 7, terdapat mata air yang kerap digunakan para pendaki melepas haus dan lelah. Pecinta alam memperbaiki titik mata air, dengan membersihkan daerah itu dan menandai titik mata air yang deras. “Kami berharap teman pendaki, pencinta alam yang datang di Nepo agar menjaga kelestarian alam,” harapnya.

Komunitas Tarian Pena STAIN Parepare juga berpartisipasi dalam kegitan ini. Rahmatia Rahim selaku pembina Pena mengatakan, peringatan Hari Gunung di Nepo dirangkai dengan kegiatan penerimaan anggota baru Pena. Ada 20 orang anggota baru yang dikukuhkan.

“Ini bertujuan untuk melatih mental dan fisik mereka karena di pena sendiri butuh genersi tangguh. Dari kegiatan ini, anggota baru nantinya akan menuliskan Buku tentang gunung Nepo yang nantinya akan mereka terbitkan,” urainya. (M Haris Syah)

Advertisement
Comments

Komunitas

90 Mahasiswa Ikut Pencalonan Anggota Baru UKM LIMA

Published

on

By

Makassartoday.com – Sebanyak 90 calon anggota baru Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Informasi Mahasiswa Alauddin (UKM LIMA) mengikuti technical meeting di Aula Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) lantai II Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin, Kampus Samata, Rabu (18/4/2018).

Technical meeting ini merupakan rangkaian kegiatan perekrutan anggota baru mereka, sebelum masuk In House Training Jurnalistik (IHTJ).

Sekertaris panitia IHTJ, Muh Irwan mengatakan, sebanyak 111 peserta telah melakukan pendaftaran, namun hanya sebanyak 90 orang yang telah registrasi ulang.

“Yang mengambil formulir sebanyak 111 orang dan yang melakukan registrasi sebanyak 90 orang,” terangnya.


Sementara itu, Dewan Pakar UKM LIMA periode 2018, Fadhilah Azis menambahkan, technical meeting merupakan penjelasan mengenai persoalan teknis, mulai dari screening hingga ke tahap masuk kegiatan IHTJ.

“Technical Meeting merupakan Penjelasan teknis soal screening dan untuk memperkenalkan struktur lembaga,” ucapnya.

Lain halnya dengan Ketua Umum UKM LIMA, Faisal Mustafa yang menekankan kepada calon anggota baru agar memiliki semangat kompetisi.

“Saya harap kawan-kawan punya jiwa-jiwa dan semangat berkompetisi di mulai dari technical meeting hingga pengumuman IHTJ nantinya,” singkatnya. (Hajji Taruna)

Baca Selengkapnya
Advertisement

Terpopuler