Dampak Negatif Berlebihan Minum Air Putih | Makassar Today
Connect with us

Health

Dampak Negatif Berlebihan Minum Air Putih

Published

on

Bertahun-tahun menderita sakit gusi, Andrew Thornton (44) sama sekali enggan pergi ke dokter atau meminum obat penghilang nyeri. Untuk meredakan sakit itu, Thorton justru memilih menggunakan obat kumur dan meminum air putih sebanyak-banyaknya.

Melihat penyakitnya bertambah parah, Thornton pun meminum air putih sebanyak 17 liter dalam waktu delapan jam. Alhasil, laki-laki yang bekerja sebagai pemilik gudang ini jatuh dan tak sadarkan diri.

Setelah pingsan, ibunya, Alice (65) segera membawanya ke rumah sakit. Awalnya dokter mengira Thornton telah keracunan alkohol. Namun ternyata ia mengalami pembengkakan otak karena kelebihan cairan.

Dokter pun langsung memasukkan garam ke dalam tubuhnya guna melawan efek asupan air yang berlebihan. Namun keesokan harinya, Thornton mengalami serangan jantung fatal yang membuat nyawanya melayang.

Terkait dengan itu, dr. Alan Padwell mengatakan kepada Daily Mail: “Dia [Thornton] mengklaim air minum dapat melegakan masalah gusi, meskipun dia muntah banyak setelah itu…Dia telah minum banyak sekali air dan muntah. Dia telah dipenuhi dengan air.”

Menurut hasil pemeriksaan, serangan jantung yang menimpa Thornton terjadi karena dipicu oleh konsumsi air yang berlebihan. Sebelum meninggal, Thornton juga mengatakan bahwa ia tidak bisa berjalan lurus serta menderita sakit pada lengan kanannya.

Setelah kejadian itu, dokter juga menyarankan untuk tidak mengonsumsi air terlalu banyak karena overdosis air dapat mencairkan kadar garam yang vital dalam darah. Sel dan organ kemudian membengkak dan terjadi peningkatan tekanan di otak yang dapat mematikan tubuh.

Thornton bukan satu-satunya, Seorang wanita Inggris juga meninggal karena meminum terlalu banyak air saat hiking. Menurut laporan Daily Mail berdasarkan jurnal Wilderness & Environmental Medicine, wanita berusia 47 tahun itu meninggal akibat mengkonsumsi begitu banyak air sehingga kadar garam dalam darahnya menurun drastis yang menyebabkan pembengkakan pada otak.

Ia pingsan dan jatuh di trotoar setelah hiking di Grand Canyon National Park bersama suaminya. Ketika layanan darurat tiba, wanita itu menjadi lambat dalam merespon berbagai pertanyaan dan mengeluhkan sakit kepala.

Setelah dibawa ke rumah sakit terdekat, wanita itu tiba-tiba memuntahkan banyak cairan bening dan menjadi tidak responsif, dokter segera memberinya larutan garam dan oksigen. Namun nyawanya tak berhasil tertolong dan mati setelah pingsan selama 19 jam.

Kejadian yang sama juga menimpa wanita asal California, Jennifer Strange (28) yang meninggal akibat mengikuti kontes minum air terbanyak di sebuah acara stasiun radio. Ia meninggal setelah menenggak enam liter air dalam waktu tiga jam. Sebelum menghembuskan nafas terakhirnya, Jennifer sempat muntah dan mengeluh sakit kepala.

Contoh tragis lainnya juga terjadi pada 2005 silam. Akibat mengikuti perpeloncoan di California State University, seorang mahasiswa meninggal setelah dipaksa menenggak air dalam jumlah yang banyak, setelah sebelumnya dipaksa push-up di ruang bawah tanah yang dingin.

Tidak berhenti sampai di sana, menurut laporan Mirror, kurang lebih 14 orang telah meninggal akibat kebanyakan minum air putih, terutama sehabis berolahraga. Sebagian besar dari korban keracunan air ini adalah pelari maraton, pemain sepak bola, yoga dan pemain bowling.

Sebelum meninggal, biasanya mereka mengalami gejala pusing dan mual. Dalam kasus yang cukup fatal, keracunan air juga dapat menyebabkan muntah, sakit kepala, perubahan mental seperti kebingungan, agitasi, delirium serta kejang dan koma.

Mengapa mengkonsumsi air terlalu banyak bisa berbahaya?

Kelebihan konsumsi air dapat menyebabkan hiponatremia: natrium dalam darah menjadi rendah dan encer. Ketika ini terjadi, kadar air dalam tubuh menjadi meningkat yang menyebabkan sel-sel mulai membengkak. Pembengkakan ini dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, dari yang paling ringan hingga kematian.

Tanda-tanda penyakit itu biasanya disertai dengan mual, muntah, sakit kepala, kebingungan dan kehilangan energi. Sementara gejala lain juga menunjukkan kelelahan, gelisah, lekas marah, kelemahan otot, kram, kejang, bahkan koma.

Dilaporkan oleh Mayo Clinic, keracunan atau kelebihan air dapat menyebabkan pembengkakan otak yang lambat laun akan menekan tengkorak sehingga dapat berujung pada kematian.

BAGIKAN:
Comments

Love - Sex

Wanita Ini Minum Jus Campuran Sperma Setiap Hari

Published

on

By

Makassartoday.com – Ketika kalian mendengar kata ‘Sperma Pria’ yang dicampur dalam minuman, kira-kira apa yang ada dibenak kalian? Jijik…geli…dan mungkin akan mual-mual saat memikirkannya.

Tapi tunggu dulu sebab wanita yang berusia 29 tahun ini berkata bahwa minuman yang dicampur sperma pria ini bisa membuat suasana hatinya menjadi lebih baik dan lebih merasa kenyang.

“Aku sering merasa kurang berenergi, tapi setelah minum ini aku merasa kenyang dan suasana hatiku membaik. Aku mengkonsumsi minuman yang telah dicampur sperma pria ini setiap hari,” ujar Tracy Kiss.

Untuk membuat minuman spesial ala Tracy ini dia mencampurkan sayuran, buah-buahan, biji-bijian, susu almond dan juga sperma pria yang dia dapatkan dari seorang pendonor pria yang selalu mengirimkan spermanya setiap seminggu sekali.

Apa tidak takut tuh sperma dari pria itu jika nantinya mengandung berbagai macam virus?

Rupanya Tracy sudah mengantisipasinya sejak awal sebab sang pendonor selalu melakukan tes STI secara berkala sebelum mengirimkan spermanya.

Tracy juga menambahkan, “Selain diminum, sperma itu juga aku gunakan untuk masker setelah dicampur dengan minyak lavender dan putih telur.” (BS)

BAGIKAN:
Baca Selengkapnya

Health

Catat, 4 Teh Ini Bantu Usir Jerawat

Published

on

By

Untuk mendapatkan kulit yang mulus dan bebas jerawat, Anda tidak selalu harus bergantung pada obat atau salep. Tak peduli sudah seberapa sering Anda mengoleskan benzoyl peroxide atau tretinoin pada area yang berjerawat, Anda perlu asupan dari dalam untuk membantu kulit kembali bersih.

1. Teh Spearmint

Teh spearmint termasuk dalam keluarga teh mint, namun ia tidak sama dengan teh peppermint. Teh spearmint disukai karena rasanya, baunya, dan kandungannya yang sehat. Salah satunya adalah efek antiandrogenik.

Kelebihan androgen di dalam tubuh, seperti testosteron, adalah salah satu penyebab jerawat. Dengan menyisip teh spearmint secara rutin, jerawat yang disebabkan oleh hormon akan berkurang.

2. Teh hijau

Teh hijau memang teh super. Kandungannya yang kaya antioksidan membuat teh hijau memiliki kualitas antimikroba. Menyisip teh hijau 2-3 kali sehari akan membantu mengusir jerawat yang muncul di saat-saat tak terduga.

Jika Anda tidak suka rasanya, Anda bisa juga langsung mengusapkan teh hijau ini ke kulit. Hal ini bisa membendung produksi sebum dan memerangi bakteri penyebab jerawat.

3. teh Chamomile

Chamomile dikenal memiliki kandungan yang menenangkan. Mereka yang menderita stres karena munculnya jerawat akan mendapatkan efek tenang dan melelapkan tidur dari teh ini.

Selain itu, teh chamomile juga memiliki sifat anti-inflamasi, yang akan membantu mengobati jerawat yang meradang.

4. Teh kayu sappan

Teh kayu sappan atau pathimugham bisa didapat dari toko khusus Ayuverdic. Parutan dari pohon kayu sappan ini akan menghasilkan teh berwarna pink yang menyenangkan.

Minum teh ini tak hanya akan mengurangi jerawat tapi juga bisa mendinginkan tubuh saat musim kemarau. Brazilein, pigmen merah yang ada dalam teh ini adalah zat antijerawat yang kuat. (BS)

BAGIKAN:
Baca Selengkapnya

Love - Sex

7 Jurus Ampuh Bikin Pasangan Klepek-klepek

Published

on

By

Bertemu gebetan sering membuat deg-degan, menjadi orang lain dan salah tingkah. Anda mungkin akan langsung merasa gugup begitu bertemu si dia dan berceloteh seperti anak umur lima tahun atau bahkan lebih parah, Anda malah membahas hal yang tidak penting hanya untuk menghindari suasana canggung.

Hal seperti itu memang wajar saja terjadi. Tapi, ada baiknya, Anda mulai menenangkan diri ketika bertemu si dia. Lalu, berusahalah agar bisa membuatnya terkesan dalam waktu singkat.

Apa saja yang harus dilakukan agar gebetan langsung terpesona begitu tertemu Anda? Dikutip dari WikiHow, berikut cara memberikan kesan bagi gebetan.

1. Lakukan kontak mata 

Tataplah dia dengan biasa saja supaya dia tidak ketakutan. Ketika dia membalas tatapan Anda, tersenyumlah dengan manis lalu teruskan aktivitas Anda. Jika Anda hanya duduk dan memandanginya terus-menerus, bisa-bisa dia akan mengira Anda agak obsesif. Namun ketika berbicara dengannya, Anda mesti percaya diri. Tataplah matanya, jangan menunduk saja. Dengan begitu, dia akan terkesan dengan kemampuan Anda untuk menguasai diri.

2. Tarik perhatian teman-temannya 

Ini bukan berarti  harus menggoda teman-temannya secara terbuka sampai mereka memperhatikan Anda. Maksudnya, jadilah orang yang seru dan menarik di antara teman-temannya, dan cobalah lebih mengenal mereka. Tidak apa-apa jika Anda akrab dengan cowok-cowok lain, hal itu malah akan membuat pria yang Anda taksir menjadi lebih penasaran. Tapi, jangan sampai kelawatan. Jika itu terjadi, bisa jadi cowok-cowok itu malah punya kesan yang salah terhadap Anda.

Sebaliknya, jadilah orang yang baik dan menarik. Tanyakan kepada teman-teman si dia mengenai tim olahraga favorit atau rencana akhir pekan mereka, dan usahakan bertingkah biasa saja supaya perasaan suka Anda terhadap si dia tidak terlalu mencolok.

3. Perlihatkan sikap menyenangkan 

Jika si dia dalam lingkaran pertemanan Anda tetapi Anda tidak punya kesempatan bercakap-cakap dengan dia, jangan habiskan waktu dengan bermuram durja atau menunjukkan muka bosan, dan hanya menunggu si dia menghampiri Anda. Sebaliknya, bersenang-senanglah dengan orang-orang di sekitar Anda, tertawalah bersama, ceritakan kisah-kisah lucu, nikmati keasyikan bukannya malah hanya tengok kiri-kanan, dan jadilah orang yang menyenangkan. Buatlah si dia ingin mendekati dan berkomunikasi dengan Anda.

4. Jadilah diri sendiri 

Jika sedang berbicara dengan si dia, meskipun kedengarannya gombal, sebaiknya jadilah diri sendiri. Lagipula, Anda ingin dia menyukai Anda yang sebenarnya, bukan? Anda tentu tak ingin dia malah menyukai gambaran sosok ideal yang Anda bayangkan. Anda tak perlu menceritakan segala sesuatu tentang diri Anda sekaligus, tapi sebaiknya bersikaplah biasa saja seperti saat bersama teman-teman, hanya sedikit kurang familier. Mungkin awalnya Anda masih malu-malu, tapi semakin lama akan semakin nyaman menjadi diri sendiri.

5. Hindari berkata buruk 

Anda mungkin mengira bergosip atau mengatakan hal buruk tentang orang lain yang kalian kenal akan membuat si dia menganggap Anda sosok yang menarik, tetapi sebenarnya, meski sementara dia tertarik dengan gosip apa pun yang Anda dengar, dia akan menganggap Anda orang yang cantik tetapi tidak bisa dipercaya. Tak ada pria yang senang bergaul dengan gadis yang suka berbicara buruk, karena hal itu akan membuat gadis tersebut seolah berada di pusat drama, dan tak ada seorang pria yang ingin tersangkut dalam suatu drama, terutama drama wanita.

6. Jangan cemburu

Ini hal terburuk yang sebaiknya tidak Anda lakukan jika ingin menarik perhatian pria. Jika Anda melihat dia pergi bersama gadis lain, jangan tanyakan padanya apakah dia menyukai gadis itu atau malah mengatakan gadis itu bodoh, jelek, atau gendut. Hal ini akan menunjukkan bahwa Anda tidak nyaman dengan diri sendiri dan cemburu luar biasa. Jika Anda tampaknya orang yang cemburuan, bahkan sebelum mulai berkencan dengan si dia, sang gebetan akan membayangkan Anda akan menjadi pacar yang cemburuan.

7. Tanyakan apa saja yang dia sukai 

Hadapilah kenyataan bahwa pria suka membicarakan dirinya sendiri. Siapa sih yang tidak suka? Jika Anda ingin si dia merasa senang saat bersama tunjukkan padanya bahwa Anda peduli padanya tanpa sok memuji-muji dia atau meremas lengannya yang berotot. Alih-alih, tanyakan padanya soal tim olahraga favoritnya, atau soal olahraga yang dia ikuti. Ajak bicara soal grup musik kesukaannya, acara televisi yang dia sukai, atau mungkin tanyakan makanan yang dia sukai. Anda pun tentu bisa menceritakan hal-hal tentang diri Anda sendiri; jangan membuatnya merasa diinterogasi, seolah Anda ingin tahu segalanya tentang dia. (*)

BAGIKAN:
Baca Selengkapnya