Siapa Kandidat Bakal Cagub Sulsel 2018 Paling Siap Bertarung? | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Politik

Siapa Kandidat Bakal Cagub Sulsel 2018 Paling Siap Bertarung?

Published

on

MAKASSAR – Pengamat politik Sulsel mulai membaca pergerakan politik dua kandidat Gubernur Sulsel. Sejauh ini keduanya dianggap paling siap untuk bertarung di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel tahun 2018 mendatang.

Keduanya juga dinilai paling berpeluang mendapat dukungan dari sejumlah partai politik. Selain intens melakukan pertemuan dengan para petinggi partai, kedua kandidat ini juga sama-sama memiliki basis kekuatan poltik yang cukup besar di Sulsel.

Hal itu dikemukakan Dosen Politik Unhas Dr Adi Suryadi Culla saat menanggapi dinamika politik jelang Pilgub Sulsel. Adi mengatakan, kendati peta politik jelang Pilgub Sulsel belum membentuk konfigurasi yang jelas, namun pergerakan keduanya sedikit demi sedikit mulai terlihat.

“Di Pilgub nanti petahana sudah tidak ada. Tapi biasanya tanpa petahana akan melahirkan banyak calon. Kalau sekarang memang baru terlihat dua nama yang mencuat. Kedua kandidat ini bisa diprediksi ke depan akan tampil sebagai calon. Itu karena basis dukungan terhadap mereka dari partai politik yang indikasinya sudah mulai dapat terbaca. Yaitu, Nurdin Halid dan Ichsan Yasin Limpo,” jelas Adi, Senin (19/12/2016).

alterntif text

Menurutnya, kedua kandidat untuk sementara hampir pasti menjadi calon yang akan berhadapan. Nurdin Halid sendiri mendapatkan tiket dari Partai Golkar dan diuntungkan dengan posisi sebagai Plt Ketua Golkar Sulsel.

Sementara Ichsan Yasin Limpo setidaknya mendapat isyarat dukungan partai politik pasca komunikasi yang ia bangun selama ini, seperti Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang dari segi elektoral bisa jadi mengantar Ichsan sebagai calon.

Selain dua kandidat tersebut, beberapa kandidat lainnya nampak belum menemukan bentuk dukungan politik. Sebut saja nama Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang, Nurdin Abdullah, Abd Rivai Ras, Abd Aziz Qahhar Mudzakkar dan bakal calon-calon lainnya.

Sementara nama lain seperti Rusdi Masse (RMS) dari Partai NasDem juga masih membutuhkan sejumlah dukungan parpol lain untuk kecukupan administratif elektoral sebagai kandidat.

Meski begitu, partai perolehan kursi terbanyak lainnya juga telah menyatakan siap mendorong kadernya maju di Pilgub Sulsel, diantaranya nama istri mantan Wali Kota Makassar dua priode, yakni Aliyah Mustika Ilham di Partai Demokrat, Ashabul Khafi di PAN serta dua mantan bupati di Partai Gerindra, Andi Rudianto Asapa dan La Tinro La Tunrung. (Farel)

BAGIKAN:
Advertisement
alterntif text
Comments

Trending