Kelanjutan Proyek Kereta Api Sulawesi, Target Selesai 2019 | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

Kelanjutan Proyek Kereta Api Sulawesi, Target Selesai 2019

Published

on

MAKASSAR – Kementerian Perhubungan berkomitmen melanjutkan proyek pembangunan kereta api Trans Sulawesi jalur Makassar – Pare-Pare.

Usai meninjau Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar, Senin (19/12/2016), Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi melanjutkan kunjungan kerjanya di Sulawesi Selatan dengan mendatangi Pekkae, Desa Lalabata, Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru, Selasa, 20 Desember 2016.

Setiba di Barru, Budi meninjau proyek pembangunan rel kerepa api Trans Sulawesi. Ia mengapresiasi capaian perkembangan proyek rel kereta api yang sudah mencapai 16,1 kilometer dari 145 km rencana lintasan yang menghubungkan Kota Makassar hingga Kota Parepare Sulawesi Selatan.

Rencananya, proyek rel kerepa api Trans Sulawesi akan terus dikembangkan hingga menghubungkan Kota Makassar dan Kota Manado Sulawesi Utara.

Meski tanpa melibatkan investor asing, ia tetap optimistis perampungan proyek rel kereta api Trans Sulawesi akan dapat diselesaikan meski hanya mengandalkan APBN dan APBD. Targetnya, awal tahun 2019 rel kereta api tersebut sudah dapat dioperasikan.

“Kita akan pastikan, bahwa APBN dan APBD bisa membantu untuk pelaksanaannya agar 2019 awal sudah ada yang beroperasi. Yang kita lihat di sini memang suatu pekerjaan yang luar biasa. Artinya kita sudah memulai suatu proyek besar di Sulawesi, di luar Jawa dan Sumatera,” kata Budi.

Namun, kemungkinan pelibatan investor asing tetap terbuka untuk menunjang pendanaan proyek tersebut. Sebab, kata Budi, tidak menutup kemungkinan, pencairan APBN terkait proyek tersebut masih belum jelas. Apalagi proyek itu sempat terhenti akibat terhentinya kucuran anggaran dari pemerintah. “Tetap terbuka untuk investor yang mau gabung. Boleh saja. Sekarang kan masih pakai APBN,” ucapnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Barru, Suardi Saleh mengapresiasi kunjungan Menteri Perhubungan (Menhub) Republik Indonesia (RI) Budi Karya Sumadi. Kedatangan Menhub dinilai mampu memotivasi pemerintah daerah dan masyarakat Barru, khususnya dalam perampungan proyek rel kereta api Trans Sulawesi.

“Kami semakin optimis, proyek rel kereta api ini bisa terus berlanjut hingga tuntas,” ucap Suardi.

Suardi Saleh mengatakan, Pemda Barru akan terus mendukung dan mengupayakan penyelesaian proyek tersebut. Harapannya, potensi perekonomian yang ada di Barru dapat meningkat untuk kesejahteraan masyarakat.

BAGIKAN:
Comments

Trending