Inspiratif

Innalillahi, “Gadis Baskom” di Nigeria Meninggal Dunia

gadi-baskom

NIGERIA – Gadis Nigeria yang tinggal di baskom plastik Rahma Haruna 19 tahun Meninggal, karena lengan dan kakinya tidak tumbuh sempurna telah meninggal dunia. Publik di Nigeria yang berempati pada Haruna mendoakan supaya gadis itu masuk surga.

Sosok Haruna pernah jadi pemberitaan media-media internasional ketika fotonya menyebar online pada awal tahun ini. Dia menderita kondisi misterius yang menyebabkan lengan dan kakinya tidak tumbuh sempurna dengan selalu kesakitan.

Haruna yang dijuluki “gadis baskom” itu meninggal pada 25 Desember lalu. Berita kematiannya disebarkan oleh wartawan lokal Sani Maikatanga.

Wartawan itulah yang membuat sosok Haruna terkenal di seluruh dunia. Maikatanga menyampaikan kabar duka itu dalam sebuah posting di media sosial.

“Rahma Haruna seorang gadis berusia 19 tahun telah berlalu pada hari Minggu 25 Desember 2016. Mungkin (Allah) SWT memberi dia (surga) Jannatul Firdaus,” ucapnya.

Lengan dan kaki Haruna berhenti timbuh ketika dia berumur enam bulan. Dia selama ini tinggal bersama keluarganya di Desa Lahadin Makole, dekat Kano di Nigeria.

Dengan kondisi akses terbatas dan sakit kronis, selama bertahun-tahun Haruna menghabiskan sebagian besar waktunya di sebuah baskom plastik. Keluarganya membawa Haruna dengan baskom itu ketika bepergian.

Saudaranya, Fahad, kerap membawanya ke Kano setiap hari untuk mengemis. Pada tahun lalu, seorang wartawan bernama Ibrahim Jirgi, memberi keluarga Haruna sebuah kursi roda.

Awal tahun ini, ibunya Rahma Fadi menceritakan kondisi Haruna. “Sejak usia enam bulan, dia belajar bagaimana untuk duduk. Dia tidak belajar bagaimana untuk merangkak,” kata dia. (bs)

==BAGIKAN==
SPONSORED CONTENT
loading...
Loading...
loading...
Comments
To Top