Aksi Bom Bunuh Diri Dekat Bandara Mogadishu, 7 Tewas | Makassar Today
Connect with us

Internasional

Aksi Bom Bunuh Diri Dekat Bandara Mogadishu, 7 Tewas

Published

on

REUTERS/Feisal Omar

SOMALIA – Sekurang-kurangnya tujuh orang tewas dan 17 lainnya cedera akibat dua ledakan bom mobil bunuh diri di dekat bandara internasional Mogadishu, Senin (2/1/2017).

Menurut pejabat-pejabat Somalia, kelompok militan al-Shabab telah mengaku bertanggungjawab atas serangan itu. Ini adalah kedua kalinya kelompok itu menggunakan serangan bom mobil bunuh diri secara beruntun, dengan bom pertama dimaksudkan untuk menimbulkan kepanikan dan serangan kedua memaksimalkan jumlah korban jiwa.

Serangan pertama yang dilakukan sekitar tengah hari Senin (2/1/2017) itu, menarget sebuah pos pemeriksaan yang dijaga pasukan nasional Somalia. Menurut warga setempat, segera setelah ledakan pertama, mobil kedua dikemudikan dengan kecepatan tinggi menerjang pos pemeriksaan itu dan diledakkan di dekat Hotel Peace yang letaknya berseberangan dengan bandara.

Kedua ledakan terjadi di dekat Gerbang Medina, salah satu pintu masuk utama ke bandara.

Seorang saksi mata yang tidak mau disebut namanya mengatakan, pertama ia mendengar bunyi tembakan senjata api dan ia bersama orang-orang di dekatnya segera bertiarap di tanah. Ketika mereka mendekat untuk memberikan pertolongan, mereka melihat sebuah truk besar menerobos pos pemeriksaan dan kemudian meledak.

Menurut saksi mata, ledakan kedua yang ditimbulkan bom truk itu terjadi di jalan antara Hotel Peace dan bandara internasional Mogadishu.


Seperti diberitakan VOA Beberapa rumah di sekitarnya ambruk sementara Hotel Peace sendiri mengalami kerusakan berat. Hotel itu sering digunakan para pekerja LSM dan warga diaspora Somalia.

Ahmed Ali yang tinggal di wilayah itu mengatakan seorang tetangganya tewas ketika rumahnya ambruk. Saudara laki-laki, saudara perempuan korban, dan seorang anak kecil cedera.

Juru bicara pemerintah kota Mogadishu, Abdifatah Omar Halane, mengatakan bahwa upaya pertolongan terus dilakukan untuk menemukan korban yang mungkin terjebak di bawah reruntuhan.

Ini adalah ledakan paling keras yang pernah terjadi di Mogadishu, kata Halane yang menambahkan bahwa untungnya ledakan terjadi di lokasi yang tidak banyak penduduknya.

Pengelola layanan ambulans mengukuhkan kematian empat orang sementara sumber-sumber keamanan mengatakan bahwa seorang tentara tewas. Kedua pelaku serangan juga tewas sehingga seluruhnya ada tujuh korban jiwa.

Menteri Luar Negeri Somalia Abdusalam Hadliye Omer, yang sedang berada di Nairobi, mengatakan bahwa selama dua tahun terakhir ini ia tinggal di Hotel Peace, dan ia diberitahu bahwa hotel itu rusak berat.

Omer mengatakan serangan keji ini dilakukan oleh kelompok yang tidak ingin melihat perdamaian dan pemerintahan di Somalia. (VOA)

Advertisement
Comments

Internasional

Kursi Roda Tersangkut, Pria Disable Ini Melaju Kencang Bersama Truk

Published

on

By

Makassartoday.com – Seorang pria 21 tahun punya perjalanan yang akan dikenang seumur hidup ketika kursi roda listrik yang ia gunakan bersarang di depan karburator dari semi trailer dan didorong di jalan raya sepanjang 6,5 KM kilometer dengan

Ben Carpenter tidak terluka tetapi dibawa ke rumah sakit sebagai tindakan pencegahan. Dia telah diselamatkan dari kursi rodanya dengan sabuk pengaman. Carpenter, yang telah distrofi otot, mengatakan kepada sebuah
stasiun televisi bahwa ia berpikir ia tidak bisa selamat dalam perjalanan ekstrem itu.


Saat itu Carpenter menyeberang di persimpangan di Paw Paw, sekitar 140 mil sebelah barat Detroit. Lampu berubah menjadi hijau sementara anaknya berada di depan sebuah truk, yang mulai bergerak. Kursi roda yang dia
naiki tersangkut di kisi-kisi truk tersebut.

Seorang pengemudi yang melihat kejadian itu menelepon polisi dan sepasang polisi yang sedang menyamar kebetulan berada di dekatnya dan melihat apa yang terjadi.

Mereka menepikan truk dan mengatakan kepada sang sopir truk yang terbengong-bengong. Kursi itu tidak rusak kecuali kehilangan sebagian besar karet di roda. (*)

Baca Selengkapnya
Advertisement

Terpopuler