Inspiratif

Wow, Manusia Tertua di Indonesia Rayakan Ultah ke 146

pria-tertua-asal-indonesia3

SERAGEN – Mbah Gotho, yang KTP-nya menunjukkan dia lahir tahun 1870, merayakan penambahan usianya bersama cucu-cucunya setelah usianya terbukti lebih panjang ketimbang saudara kandung dan anak-anaknya.

Ulang tahunnya itu mendapat liputan luas dari media massa asing. Menurut The Independent, Selasa (3/1/2017), Mbah Gotho, orang Indonesia yang diklaim sebagai manusia tertua yang pernah hidup di dunia, merayakan hari ulang tahunnya yang ke 146 hari Sabtu lalu.

Mbha Gotho berasal dari Desa Cemeng, Kecamatan Sambungmacan, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Menurut dokumen yang dikeluarkan negara dia lahir pada tanggal 31 Desember 1870, dan petugas catatan sipil menyatakan tanggal kelahiran itu sahih.

Jika dokumen itu benar, maka Mbah Gotho akan meraih gelar sebagai manusia tertua yang pernah hidup, sebuah gelar yang selama ini dipegang oleh wanita asal Perancis Jeanne Calment, yang hidup sampai usia 122 tahun.

Mbah Gotho ulang tahun ke 146

Mbah Gotho ulang tahun ke 146

Mbah Gotho merayakan ulang tahunnya bersama cucunya Suryanto beserta istrinya Suwarni, setelah dilaporkan hidup lebih lama dari 10 saudara kandungnya, lima istri dan anak-anaknya.

Selama perayaan, keluarga dan tetangga datang berbondong-bondong ke rumah sederhana itu. Mbah Gotho terlihat tersenyum ketika mereka semua menyanyikan dia lagu selamat ulang tahun. Orang tertua di dunia asal Indonesia itu lalu meniup semua lilin ulang tahun itu dengan sekali tiupan.

Ketika ditanya apa resep panjang umurnya, Mbah Gotho menjawab, “Resepnya hanya bersabar.”

Mbah Gotho ulang tahun ke 146

Mbah Gotho ulang tahun ke 146

Ia mengatakan sudah menyiapkan kematiannya sejak tahun 1992, termasuk menyediakan makamnya di pemakaman desa, namun 24 tahun kemudian dia terbukti masih hidup.

Cucunya mengatakan Mbah Gotho menghabiskan waktunya dengan mendengar radio karena matanya sudah kurang awas buat menonton televisi.

Meski dokumen negara menunjukkan dia lahir 31 Desember 1870 dan telah ditegaskan oleh pejabat berwenang, dokumen itu menurut The Independent, harus diverifikasi oleh sebuah tim independen sebelum Mbah Gotho bisa meraih gelar sebagai manusia tertua di dunia.

Sebelumnya ada sejumlah orang yang mengklaim telah memecahkan rekor Jeanne Calment, tetapi tidak ada yang bisa dikonfirmasi.

James Olofintuyi pernah mengklaim berumur 171 tahun, sementara Dhaqabo Ebba dari Ethiophia mengklaim berumur 163 tahun. Namun, tanpa dokumen yang terverifikasi, mereka tak bisa mendapat gelar manusia tertua di dunia. Lucunya, ada satu kesamaan Mbah Gotho dan Jeanne Calment. Keduanya sama-sama seorang perokok berat.

==BAGIKAN==
SPONSORED CONTENT
loading...
Loading...
loading...
Comments
To Top