Berciuman Jarak Jauh, Kenapa Tidak? Coba Gunakan Alat Ini | Makassar Today
Connect with us

TEKNOLOGI

Berciuman Jarak Jauh, Kenapa Tidak? Coba Gunakan Alat Ini

Published

on

Kemajuan teknologi yang kian pesat semakin memungkinkan para ahli untuk mengembangkan teknologi yang tidak pernah terpikir dan dianggap mustahil sebelumnya.

Sejatinya handphone atau telepon genggam adalah perangkat komunikasi elektronik yang mempunyai kesamaan dengan telepon konvensional.

Bedanya, sebuah ponsel dapat dibawa kemana-mana dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon. Lewat HP, biasanya para penggunanya hanya bisa mendengarkan suara lawan bicara.

Namun, di tangan seorang mahasiswi yang tengah mengambil gelar PhD-nya di City University, London, Inggris, dengan perangkat yang ukurannya tidak lebih besar dari telapak tangan itu, si pemakainya bisa merasakan sensasi berciuman dengan lawan bicaranya, padahal dipisahkan oleh jarak. Bagaimana bisa?

The Kissinger pertama kali dicetuskan oleh Dr Hooman Samani, seorang Direktur AIART Lab (Artificial Intelligence and Robotics Technology Laboratory) di Singapura.

Alat berciuman ini terbuat dari karet silikon yang berbentuk robot kelinci. Di bagian bibir robot terdapat sebuah panel silikon berbentuk bibir. Saat ingin mencium kekasih yang keberadaannya terpisah ribuan kilometer, Anda bisa menggunakan perantaraan bibir silikon.


Hal yang sama juga dilakukan juga oleh pasangan Anda. Kissinger akan mengirimkan gerak sensorik dari bibir dua orang itu sebagai simulasi ciuman.

Metode Kissinger yang diciptakan oleh Emma Yann Zhang, mahasiswi di City University London memiliki cara kerja yang sama. Namun desainnya jauh lebih praktis.

Kissinger yang dibuatnya berupa silikon pembungkus smartphone yang bagian bawahnya terdapat bentuk bibir. Dengan alat itu, ponsel penerima bisa menirukan gerakan bibir si pengirim. Emma menuturkan ide pembuatan The Kissinger tidak hanya digunakan untuk menjalin hubungan agar tetap romantis.

Perangkat ini bisa juga digunakan oleh para orangtua yang ingin memberikan ciuman di pipi pada anak-anaknya. Karena Emma percaya suatu hari nanti, manusia akan bisa lebih intim dengan Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan. Keintiman tersebut bisa terjalin dengan berbagi sebuah ciuman.

“Penelitian ini tidak mencoba menyimpulkan soal etis atau tidaknya untuk memiliki hubungan intim dengan robot,” jelas Emma.

.

Advertisement
Comments

TEKNOLOGI

DANA, Dompet Elektronik di BBM Messenger!

Published

on

By

Makassartoday.com – Creative Media Works, yang beroperasi sebagai BBM, dan salah satu divisi dari PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (“Emtek”, IDX:EMTK), perusahaan konten dan media sosial terbesar di Indonesia, bersama DANA, hari ini meluncurkan ‘DANA di BBM’. DANA merupakan dompet elektronik dan solusi pembayaran baru yang menyediakan beragam layanan pembayaran di BBM Messenger.

DANA juga merupakan bagian dari grup Emtek. DANA, sesuai namanya, adalah sebuah platform mobile untuk pembayaran dan layanan keuangan lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan akses layanan keuangan digital di Indonesia. Sebagai dompet digital, DANA bertujuan untuk mengganti dompet konvensional sebagai platform pembayaran digital dan non tunai.

Sebagai langkah awal, DANA di BBM akan memberi kemudahan kepada pengguna untuk membayar kebutuhan sehari-hari, mulai dari isi ulang pulsa prabayar, pembayaran air dan listrik, belanja online, serta cicilan di sejumlah perusahaan pembiayaan. Layanan baru ini, yang tersedia di menu BBM Discover, memungkinkan transaksi cepat dan mudah bagi pengguna Android dan iOS tanpa harus keluar dari aplikasi BBM Messenger.


Pasar pembayaran digital memasuki babak baru karena pemerintah Indonesia sedang mempercepat upaya dalam mempromosikan penggunaan uang elektronik untuk berbagai transaksi. Pengguna Internet di Indonesia telah mencapai angka 132,7 juta, sementara pengguna ponsel tercatat sebanyak 177,9 juta per Januari 2018. Kajian memperlihatkan bahwa transaksi digital telah menjadi salah satu aktivitas populer di ponsel cerdas. Diperkirakan lebih dari 27% pengguna ponsel cerdas memiliki aplikasi pembayaran di perangkat mereka.

“Kami menatap masa depan yang menjanjikan. Selagi BBM mengembangkan platform jejaring sosial dan menambah konten serta layanannya, solusi pembayaran yang mulus, aman dan terukur akan menjadi bagian penting dari pengalaman pengguna kami. DANA di BBM adalah sebuah bukti inovasi dan evolusi BBM yang akan terus berlanjut, karena kami berusaha mengenalkan fitur dan layanan baru untuk memperkaya pengalaman pengguna, sekaligus menyajikan manfaat kepada pengguna agar terus menggunakan BBM Messenger,” ujar Matthew Talbot, CEO Creative Media Works, perusahaan yang mengoperasikan dan menjalankan BBM Consumer secara global.

“Dalam waktu dekat, pengguna kami juga dapat melakukan transfer dana ke teman, keluarga dan grup di dalam BBM Messenger.”

Jadi, perbarui atau unduh versi terbaru BBM di App Store dan Google Play; dan buat akun DANA Anda di akun BBM sekarang. (*)

Baca Selengkapnya
Advertisement

Terpopuler