Health

7 Makanan Penyebab Perut Kembung yang Harus Anda Waspadai

makanan-penyeba-perut-kembung

Perut kembung merupakan salah satu keluhan yang sering di alami oleh setiap orang. Entah itu orang tua maupun anak-anak sekalipun. Biasanya keluhan kembung tersebut di sebabkan oleh penuhnya gas di dalam lambung. Selain bisa membuat tubuh terasa tidak nyaman, tentunya jika di biarkan berlarut-larut kondisi tersebut bisa berakibat buruk pada kesehatan. Untuk itu, sangat penting buat anda mengetahui berbagai penyebab dari perut kembung. Dengan tahu penyebabnya tentunya anda bisa menjaga tubuh agar terhindar dari kondisi tersebut.

Makanan Penyebab Perut Kembung

1. Kembang Kol, Brokoli, dan Kubis

Selain enak dibuat tumis, sayur, atau lalapan, kubis, kembang kol, dan brokoli tergolong sayuran yang kaya akan vitamin K, kalsium dan zat besi. Namun taukah anda ternyata karbohidrat yang dikandung kembang kol, brokoli, dan kubis dapat menghasilkan gas ketika dicerna di dalam perut. Jenis karbohidrat ini disebut raffinose. Saat karbohidrat ini masuk ke dalam perut, usus kecil tidak bisa memecahkan raffinose dengan sempurna. Proses yang tidak sempurna tersebut mengakibatkan sisa karbohidrat yang tidak terproses akan difermentasikan oleh bakteri yang ada di usus dan menghasilkan gelembung-gelembung gas. Oleh karenanya, konsumsilah brokoli, kubis, dan kembang kol secukupnya.

2. Susu

Susu dan produk-produk yang terbuat dari susu mengandung gula yang sulit dicerna oleh tubuh. Gula yang terkandung dalam susu dikenal dengan nama laktosa. Walaupun di dalam tubuh kita terdapat enzim lactase yang dapat mengubah laktosa menjadi energi, namun tidak semua bagian tubuh kita memiliki enzim tersebut. Dengan sulitnya tubuh mencerna laktosa, hal itu dapat menyebabkan kembung yang disebabkan karena akan terbentuk gelembung gas pada perut akibat terfermentasi oleh bakteri. Khusus pengidap laktosa intoleran sebaiknya tidak mengkonsumsi bahan yang mengandung laktosa dikarenakan akan mengalami sakit pada bagian perut.

3. Bawang


Selain dikenal sebagai pelengkap bumbu saat memasak, mengkonsumsi bawang secara berlebihan akan menyebabkan perut anda kembung. Selain itu, bawang merah mengandung inulin dan fruktooligosakarida yang sulit dicerna oleh tubuh dan akan di fermentasikan di usus besar yang mengakibatkan produksi gas yang berlebih. Selain produksi gas, mengkonsumsi bawang akan meningkatkan kadar air dalam usus yang menyebabkan perut menjadi kembung,

4. Permen Karet

Permen karet yang lezat ternyata dapat menyebabkan perut menjadi kembung. Hal tersebut dikarenakan permen karet mengandung pemanis buatan sorbitol dan xylitol yang memperlambat proses penyerapan makanan di dalam usus kecil. Akibatnya perut anda akan menjadi kembung.

5. Kacang

Kacang mengandung raffinose yang tinggi dan serat larut yang besar. Adanya raffinose yang tinggi tersebut menyebabkan banyaknya gas yang akan dihasilkan memenuhi perut anda. Sebaiknya makan lah kacang dengan porsi yang kecil. Kurangi kegemaran memakan kacang terlalu banyak untuk menghindari kembung.

6. Apel

Di dalam apel, terdapat gula dan kandungan serat yang tinggi. Gula tersebut biasa dikenal dengan nama fruktosa atau sorbitol. Adanya kandungan gula yang sulit dicerna oleh tubuh mengakibatkan timbulnya gelembung pada usus. Selain itu, serat yang tinggi juga dapat menyebabkan perut anda menjadi kembung karena tidak dapat larut dalam pencernaan.

7. Karbohidrat

Memakan makanan yang banyak mengandung karobohidrat dapat menyebabkan perut anda terasa kembung. Karbohidrat dapat menyebabkan gas disaat proses pencernaannya di dalam perut. Namun beras tidak dapat menghasilkan gas di dalam perut. Hanya gandum, roti, sereal, jagung, kentang, dan pasta yang saat proses pencernaan di dalam perut menghasilkan gas.

Nah, itulah ketujuh makanan yang di yakini dapat menyebabkan perut menjadi kembung. Idealnya konsumsilah makakan tersebut dalam porsi wajar agar tidak menimbulkan hal yang buruk. Semoga bermanfaat.

alterntif text
BAGIKAN:

loading...
alterntif text
Comments

Terpopuler

To Top