Health

Ini 5 Tumbuhan Cantik yang Ternyata Beracun dan Mematikan

Awas Inilah 5 Tumbuhan Cantik Yang Ternyata Beracun Dan Sangat Mematikan

Apabila dalam dunia hewan memiliki jenis hewan yang paling ganas di seluruh dunia, maka di dalam dunia tumbuhan pun juga berlaku demikian. Dalam dunia tumbuhan ada beberapa jenis tanaman yang di yakini paling ganas dan mematikan di dunia. Nah, penasaran bukan jenis tumbuhan apa saja itu, yang di percaya sangat mematikan tersebut?

Tumbuhan Paling Ganas di Dunia:

1. Castor Bean

Tumbuhan yang memegang predikat paling beracun di dunia adalah Castor Bean. Tumbuhan ini juga tercatat dalam buku Guinness Book of Record, karena racunnya yang terkenal paling mematikan. Castor Bean dapat membunuh manusia dewasa dalam hitungan menit hanya dengan secuil kecil saja.

Kandungan racun yang terdapat di tumbuhan ini adalah racun Ricin, dapat menimbulkan iritasi seperti terbakar pada kulit dan juga menimbulkan rasa terbakar yang sangat luar biasa pada daerah bagian mulut dan tenggorokan, sakit perut yang luar biasa yang kemudian disusul oleh diare yang dapat terus menerus berlangsung hingga 36 jam, yang akhirnya berakibat kematian jika tidak ditangani dengan tepat.

2. White Snake Root

Tumbuhan ini berasal dari Amerika Utara, White Snake Root atau yang sering disebut juga dengan White Sanicle dan Tall Boneset, dan merupakan salah satu tanaman atau tumbuhan paling ganas di dunia. Tanaman ini berwarna putih yang tampak bersih dan menarik, akan tetapi menyembunyikan racun Tremetol yang cukup tinggi dan mematikan. Sebagai contoh apabila sapi memakan tumbuhan ini maka racunnya akan terserap kedalam susu dan daging sapi tersebut.

Ketika manusia mengkonsumsi daging sapi maupun susu dari sapi yang terkontaminasi tersebut, maka racun dari tumbuhan White Root akan masuk kedalam tubuh dan menyebabkan keracunan. Di abad ke-19 banyak orang yang meninggal dunia akibat keracunan susu, yang mana tumbuhan ini menjadi salah satu faktor yang dicurigai pada saat itu.

3. Wolfsbane

Tumbuhan yang berwarna ungu ini juga memiliki nama lain seperti Leopard’s Bane, Woman’s Bane juga Devils Helmet. Jangan dulu tertipu dengan keindahan bentuk dan namanya, tumbuhan ini termasuk dalam tumbuhan paling ganas di dunia. Suku yang berasal dari Jepang, suku Ainu, cairan beracun yang ada di dalam tumbuhan ini di manfaatkan untuk dioleskan pada ujung anak panah mereka dan digunakan untuk berburu.

Wolfsbane memiliki kandungan racun Alkaloid Pseudaconitine, yang jika terkena pada kulit manusia maka akan membuat kulit seperti terbakar dan menimbulkan gatal yang sangat luar biasa. Efek lainnya adalah gangguan pencernaan karena racun tersebut. Racun dari tanaman ini dapat membunuh manusia dewasa dalam beberapa jam saja dalam dosis yang besar.

4. Water Hemlock

Masih termasuk dalam keluarga tumbuhan wortel, tumbuhan ini juga termasuk dalam tumbuhan yang paling mematikan di wilayah Amerika Utara. Tumbuhan ini memiliki bunga yang putih dan cantik akan tetapi bunga tersebut lah yang berbahaya bagi manusia. Tumbuhan ini juga mengeluarkan getah yang juga mengandung racun berbahaya. Racun Cicutoxin adalah racun yang terkandung dalam tumbuhan tersebut. Sedikit kandungan racun ini di dalam tubuh dapat mempengaruhi sistem syaraf manusia dan juga dapat menyebabkan kejang-kejang.

5. Rosary Pea

Tumbuhan Rosary Pea yang sering disebut dengan Crab’s Eye atau Jumble Bead, adalah salah satu dari tumbuhan paling ganas di dunia yang tumbuh di sekitar pohon, semak-semak dan pagar-pagar rumah. Namanya memang terdengar seperti berasal dari luar negeri, tapi ternyata tumbuhan mematikan ini berasal dari Indonesia. Tumbuhan ini memiliki racun yang luar biasa mematikan, dimana hanya dengan 3 mikogram saja dapat membunuh seorang manusia dewasa.

Nah, itu dia ulasan mengenai tumbuhan paling ganas di dunia. semoga artikel di atas bermanfaat. 

alterntif text

BAGIKAN:
alterntif text
loading...
Comments

Terpopuler

loading...
To Top