Wow, Unhas Resmi Menjadi PTN-BH Pertama di Timur Indonesia | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

Wow, Unhas Resmi Menjadi PTN-BH Pertama di Timur Indonesia

Published

on

alterntif text

MAKASSAR – Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar, diresmikan sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH). Kini Unhas menjadi satu-satunya perguruan tinggi di kawasan timur Indonesia yang menyandang status tersebut. Seiring itu, peningkatan kinerja universitas menjadi perhatian Kemenristek Dikti.

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) Mohammad Nasir menyatakan, Unhas merupakan PTN ke-11 yang sudah berbadan hukum. “Ini tentu sebuah kebanggaan karena Unhas menjadi satu-satunya PTN di KTI yang telah resmi menyandang status badan hukum. Tentu status ini harus dipertanggungjawabkan sehingga butuh komitmen seluruh pihak baik mahasiswa, dosen, rektor, dan lainnya,” tandasnya.

Sebelum Unhas, tercatat ada 10 PTN-BH yang lebih dulu diresmikan statusnya. Yakni, Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, serta Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Unhas khususnya, kata dia, setelah resmi menjadi PTN-BH tentu akan semakin didorong agar bisa masuk sebagai perguruan tinggi kelas dunia.

alterntif text

Untuk itu, status ini diharapkan bisa dipertanggungjawabkan tentu melalui dukungan seluruh civitas akademica. Berdasarkan UU Nomor 12 tahun 2012, Nasir mengatakan, PTN-BH sudah secara sah mendapatkan dua hak otonomi baik otonomi di bidang akademik dan non-akademik. Untuk hak otonomi akademik, kata dia, sudah dilaksanakan sejak tahun lalu. Sementara itu, untuk otonomi non-akademik juga mulai diterapkan untuk tahun ini bagi pada PTN-BH. “Dengan status PTN-BH, Kementerian hanya ingin menetapkan kinerjanya.

Misalnya berapa publikasi riset yang telah dihasilkan perguruan tinggi. Contoh, tahun ini, misalnya 300 publikasi yang dilakukan, bisa tidak untuk tahun depan naik menjadi 400 publikasi riset baru?” jelasnya. Sementara Rektor Unhas Dwia Aries Tina Pulubuhu mengatakan, keberhasilan Unhas sebagai PTNBH tentunya melalui perjalanan yang panjang. Pihaknya juga berkoitmen akan semakin meningkatkan kualitas kampus agar mencapai visi-misi sebagai universitas kelas dunia.

Menurut Aries, di balik pemberian anugerah itu,tentu Unhas dititipi amanah dan tanggung jawab untuk memberikan kontribusi yang sebesar-besarnya terhadap peningkatan daya saing bangsa terutama sejajar dengan universitas-universitas kelas dunia yang tercermin dalam peringkat 500 universitas kelas dunia. (jpp/ant)

alterntif text
BAGIKAN:
Comments

Trending