alterntif text
Parenting

Cara Mendidik Anak Agar Suka Membaca

Seperti yang kita tahu, kebanyakan anak belajar membaca dari bangku sekolah. Karena itu, mungkin mereka sering menganggap kegiatan membaca sebagai aktifitas yang membosankan, dan bukan sesuatu yang menyenangkan. Sebab itu pula, sangat mungkin dengan berjalannya waktu mereka akan kehilangan minat membaca. Nah, lantas bagaimana cara mengarahkan anak agar jangan sampai kehilangan minat membaca dan menjadi anak yang cinta membaca?

Tips Jitu Mendidik Anak Agar Senang Membaca

Mulailah sejak usia dini

Mengenalkan bacaan bisa dilakukan dari usia dini. Jika perlu, Anda mengenalkan bacaan pada anak sejak minggu-minggu pertama kelahirannya. Anda bisa membacakan cerita-cerita sebelum waktu si anak tidur. Satu atau dua kisah pendek tak akan menyita waktu Anda. Anda bisa menjadikan kegiatan ini sebagai rutinitas harian dan menjadikannya sebagai suatu kegiatan yang dianggap alami bagi anak Anda. Selain anak mendapat stimulasi dari bacaan-bacaan yang Anda berikan, Anda juga akan membangun waktu spesial yang mengesankan dengan anak Anda.

Pilih buku-buku yang tepat untuk Anak

Tidak semua buku cocok untuk membantu anak mencintai buku dan bacaan. Untuk membangkitkan minat baca anak, Anda perlu memilihkan buku-buku yang cocok bagi selera dan usia mereka. Walau pun buku cerita, namun jika kalimatnya panjang-panjang, tentu saja tidak akan membangkitkan minatnya baca mereka. Untuk anak-anak usia dini, Anda bisa memilihkan buku-buku yang penuh warna-warna ceria serta gambar-gambar yang mudah dipahami.

Lebih jauh lagi, Anda juga perlu memilihkan buku-buku yang memiliki alur cerita. Pada intinya, buku yang Anda pilih harus bisa menarik perhatian mereka, dan terus menarik pikiran mereka selama Anda membacakan untuk mereka. Buku yang Anda pilih juga harus memiliki akhir atau ending yang menyenangkan, sehingga mereka akan selalu merasa senang sehabis Anda membacakannya.

Bacakan dengan lantang

Membacakan buku pada anak secara lantang atau keras adalah salah satu cara yang paling efektif untuk membangkitkan kecintaan anak terhadap membaca. Dan semakin awal Anda memulainya terhadap anak, maka akan semakin baik hasilnya; karena bayi beberapa bulan pun telah mampu melihat gambar-gambar, membalik halaman-halaman buku balita, serta mendengarkan suara Anda. Anda bisa terus melakukannya bahkan hingga si anak mulai belajar membaca sendiri. Pada tahap ini Anda bisa meminta mereka membacakan bacaannya pada Anda. Kegiatan bersama ini akan menguatkan minat dan ketertarikan anak terhadap buku.

Bersabar Menghadapi Anak

Salah satu kunci agar anak mencintai kegiatan membaca adalah kesabaran. Untuk melakukan beberapa tips yang disebutkan sebelumnya, selain harus meluangkan waktu, Anda juga harus memiliki kesabaran. Selain tingkat pemahaman anak yang berbeda-beda dalam menyerap apa yang Anda bacakan (sehingga Anda harus mengulanginya berkali-kali), Anda juga harus memahami bahwa untuk membuat anak cinta pada bacaan, maka Anda harus menyesuaikan diri dengan ritme belajar mereka, agar mereka tidak merasa dipaksa; dan semua itu sangat memerlukan kesabaran Anda.

Jangan Ragu Untuk Memberi Reward Pada Anak

Setiap anak memiliki memampuan mereka sendiri-sendiri dalam belajar membaca. Mungkin ada yang pelan, ada pula yang cepat sekali pemahamannya. Semua memiliki alur dan ritme belajar mereka sendiri. Untuk semua itu, Anda tidak bisa memaksa mereka agar bisa belajar sesuai dengan alur atau cara belajar Anda. Buatlah anak bisa merasakan suatu pencapaian demi pencapaian saat belajar membaca. Berilah mereka reward pujian atas semua pencapaian itu. Anak Anda akan merasa termotivasi dan merasakan bahwa usahanya belajar membaca memang memiliki arti dan memang menyenangkan.

Jadilah Contoh Teladan Untuk Anak

Tak ada yang lebih menguatkan minat seorang anak untuk mencintai buku dan bacaan selain Anda sendiri menjadi contoh dalam melakukannya. Anda bisa menjadi contoh bagi mereka bahwa Anda memang sangat mencintai buku serta bacaan; dan itu semua bisa membangkitkan minat anak dalam mencintai bacaan dan buku.
Selain itu, Anda perlu pula menyiapkan buku-buku di berbagai tempat di rumah Anda, sehingga anak dengan mudah melihat dan jika tertarik, mudah mengambil dan membukanya. Berikan pula buku bagi hadiah ulang tahun atau kesempatan spesial lainnya. Tanamkan pada diri mereka bahwa Anda sangat menghargai buku, maka sangat mungkin hal tersebut membuat mereka pun akan menghargainya pula.

alterntif text

BAGIKAN:
alterntif text
loading...
Loading...
Comments

Terpopuler

loading...
To Top