alterntif text
Parenting

Dampak Negatif dan Positif Facebook Bagi Anak yang Harus Orangtua Ketahui

Tidak dapat dipungkiri jika internet merupakan salah satu fenomena baru yang telah mengubah banyak hal. Jika zaman dulu, untuk terhubung dengan kerabat atau teman yang jauh, kita hanya bisa lewat surat atau telepon. Berbeda saat ini dengan adanya internet, kita bisa bersosialisi dengan sangat mudah. Setiap saat, ketika terhubung dengan internet, kita bisa dengan mudah terhubung dengan mereka. Mengetahui perkembangannya, apa yang mereka lakukan, atau bahkan kita tahu bagaimana perasaan mereka saat ini dari status yang mereka posting.

Dan dari sekian banyak media di internet yang digunakan untuk berbagi adalah facebook. Media Sosial yang digagas Mark Zuckerberg ini memang sangat mengasyikkan. Bukan hanya orang dewasa saja yang menyukainya, bahkan saat ini banyak anak kecil yang betah berlama-lama di depan komputer atau smartphone gara-gara facebook.

Nah, buat anda para orang tua, berikut ini beberapa dampak negatif maupun positif dari kehadiran facebook buat anak anda. Dengan mengetahui hal tersebut, diharapkan sebagai orang tua anda bisa mengawasi dan menjaga anak anda, guna meminimalisir dampak buruk yang terjadi akibat facebook.

Dampak Negatif Facebook Bagi Anak

1. Berat badan naik dan Sifat Pemalas

Kecenderungan untuk berada di depan komputer untuk jangka waktu yang lama, serta dibarengi kebiasaan makan yang tidak teratur dan tidak sehat, akan membuat anak jadi malas dan akan cenderung gemuk.

2. Bisa memicu gejala tak normal

Berselancar menjelajahi dunia maya menggunakan Facebook bisa menimbulkan gejala-gejala abnormal seperti kecemasan, depresi, serta sifat agresif yang berlebihan. Mereka yang menderita kecemasan sosial cenderung untuk menenggelamkan diri di Facebook. Anak-anak, terutama remaja, seringkali sangat sadar diri terhadap tubuh, gaya, serta penampilan dirinya. Jika secara sosial mereka merasa rendah diri, mereka cenderung untuk menarik diri dari interaksi sosial; dan seringkali Facebook menjadi sarana untuk melampiaskan rasa kesepiannya.

3. Isolasi Diri

Sebagian anak akan mengalami isolasi diri karena ia cenderung terpaku pada komputer atau gadget miliknya. Mereka menjadi jarang pergi ke luar rumah dan berinteraksi dengan orang-orang di lingkungan sekitarnya, karena merasa lebih nyaman berada di dekat komputer atau gadget mereka dan melakukan komunikasi jarak jauh melalui Facebook.

4. Berhubungan dengan Orang Asing

Jaringan Facebook tidak melulu antar kawan saja, sangat mungkin seorang anak membangun hubungan perkawanan dengan orang yang sama sekali asing, yang dalam beberapa kasus ternyata adalah orang jahat. Anak-anak sangatlah rapuh dan mudah terpengaruh oleh pengaruh luar. Mereka cenderung tertarik dengan hal-hal baru yang dianggapnya sedang populer. Hal ini pada gilirannya menuntun si anak untuk berhubungan dengan orang-orang asing yang mungkin saja bisa mencelakakan dirinya.

5. Tidak baik untuk Kesehatan Mata

Kecenderungan untuk terpaku pada layar gadget atau komputer dalam waktu yang lama dan terus menerus tentunya tidak akan bagus untuk kesehatan mata. Oleh karena itu, anak-anak harus juga diminta untuk bermain di luar dan menikmati udara segar, bukannya terus menerus terpaku melihat status Facebook.

6. Kurangnya Hubungan Emosional

Perasaan peduli atau kehangatan yang tercipta saat komunikasi tatap muka hilang pada saat anak lebih suka berkomunikasi secara maya. Akibatnya mereka seperti kekurangan konektifitas emosional saat bertemu dengan orang lain secara riil. Oleh karena itu kita melihat betapa semakin banyak gejala anak-anak yang dianggap kurang ajar atau tidak bisa menaruh hormat pada orang lain.

Dampak Positif Facebook Bagi Anak

1. Anak menjadi lebih terbuka

Facebook bisa menjadi semacam media yang membuat anak pemalu menjadi lebih terbuka. Ada masa-masa seorang anak menjadi sangat tertutup dan tidak ingin berinteraksi dengan anak-anak lain. Facebook memungkinkannya untuk berkomunikasi dengan pihak lain tanpa harus berinteraksi secara langsung. Pada gilirannya, jika pertemanan menjadi semakin nyaman, tidak menutup kemungkinan akan terjadi interaksi yang lebih intens dan menjadi bentuk persahabatan yang riil.

2. Mood Meningkat

Facebook memungkinkan seorang anak memiliki sahabat dan berkomunikasi dari jarak jauh. Interaksi yang menyenangkan itu akan meningkatkan mood atau suasana hati si anak. Peningkatan mood akan membuat anak positif dan bersemangat dalam menjalani hidup.

3. Memungkinkan kemampuan komunikasi

Facebook merupakan tempat untuk manjalin komunikasi dan berinteraksi dengan banyak orang. dengan sering aktif di facebook, tentu kemampuan komunikasi anak anda semakin terasah.
Demikian beberapa dampak negatif dan positif media sosial facebook terhadap anak anda. Semoga bermanfaat.
 

alterntif text

BAGIKAN:
alterntif text
loading...
Loading...
Comments

Terpopuler

loading...
To Top