Jenis Makanan Yang Bikin Panjang Umur - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Health

Jenis Makanan Yang Bikin Panjang Umur

Published

on

Salah satu cara menerapkan pola hidup sehat adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan membiasakan gaya hidup sehat. Dengan rutin berolahraga dan membiasakan mengkonsumsi makanan yang sehat, maka anda telah menjaga berbagai organ tubuh yang berperan penting dalam kelangsungan hidup anda. Dan apabila berbagai organ penting tubuh anda tersebut terus terjaga kondisinya, maka sangat mungkin anda bisa tetap sehat dan panjang umur. Lantas makanan apa saja yang berkhasiat menyehatkan dan bikin panjang umur? Nah berikut ulasan lengkapnya.

Makanan Sehat Yang Bikin Panjang Umur

1. Ikan laut

Ikan laut memiliki kandungan asam lemak omega- 3 yang berkhasiat mencegah penyakit yang memicu resiko kematian seperti jantung, stroke dan diabetes. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa seseorang yang mengkonsumsi ikan laut, seperti tuna, salmon, tengiri dan lain-lain memiliki resiko kematian terendah. Nah, jadi jika anda ingin sehat hingga usia tua maka anda dapat mengkonsumsi ikan 2-3 porsi dalam seminggu.

2. Sarapan dengan outmeal

Sarapan outmeal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Beberapa di antaranya yaitu mengontrol kolesterol darah, diet sehat karena tidak mudah membuat lapar dan menstabilkan gula darah. Oleh karena itu, jika anda ingin sehat sampai usia senja anda dapat mengkonsumsi outmeal sebagai menu sarapan anda.

3. Sayuran

Sayur-sayuran berwarna hijau seperti bayam, brokoli, kangkung, paprika memiliki banyak kandungan zat yang dapat menyehatkan tubuh anda, seperti vitamin, antioksidan dan mineral yang dapat mencegah resiko berbagai penyakit seperti serangan jantung, diabetes, kanker, dan lain-lain. Oleh karena itu, seyogyanya kita membiasakan sejak dini untuk memperbanyak mengkonsumsi sayur-sayuran setidaknya dalam 2-3 hari dalam sehari sehingga bisa menjaga kesehatan dan panjang umur.

4. Buah-buahan

alterntif text

Beberapa manfaat yang dapat anda peroleh ketika mengkonsumsi sayur-sayuran juga dapat anda temukan pada buah-buahan. Seperti, buah alpukat yang mengandung kolesterol baik yang dapat menjaga kesehatan jantung. Buah apel juga memiliki kandungan nutrisi yang tak kalah pentingnya dari buah alpukat. Kandungan beta yang terdapat pada buah ini mampu menurunkan kolesterol dan melawan sel kanker yang membahayakan bagi tubuh anda. Anda dapat mengkonsumsi buah yang bervariasi 1-2 porsi setiap harinya untuk membuat anda panjang umur.

5. Susu Kedelai

Kandungan zat besi dari kedelai cukup tinggi. Dengan mengkonsumsi sari atau susu kedelai secara rutin dapat mengontrol kolesterol dalam darah anda, dan anda pun terhindar dari obesitas. Nah, dengan kelebihan yang dimiliki oleh bahan ini lah, sehingga banyak kaum wanita memanfaatkan bahan ini untuk diet sehat dan menjaga tubuh ideal. Mereka berharap supaya mereka dapat sehat dan memiliki tubuh yang ideal sampai usia senja.

6. Teh Hijau

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa teh hijau mempu mencegah kanker. Kandungan antioksidannya yang tinggi juga sangat baik bagi tubuh anda untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh. Maka, tak heran jika dengan meminum teh hijau secara rutin dapat memperbesar harapan anda untuk panjang umur dan tetap sehat hingga hari tua.

7. Makanan yang Menggunakan Bahan Bawang Putih

Bawang putih memiliki kandungan vitamin C dan zat antioksidan yang baik bagi tubuh. Bawang putih juga mampu menaikkan kadar kolesterol baik dalam darah dan dapat mencegah penyakit kanker. Anda dapat mengkonsumsi bawang ini dengan dimasukkan dalam selipan salad atau sandwich karena mengkonsumsi sebagaimana sudah diketahui, bawang putih juga membuat bau mulut menjadi tak sedap.

Nah, itu tadi adalah beberapa jenis makanan yang dapat anda jadikan menu makanan sehat yang bikin panjang umur. Konsumsilah secara rutin beberapa bahan makanan sehat di atas, dengan diselingi olahraga. Selamat mencoba.

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending