Ini Manfaat Mandi Pagi Buat Kesehatan - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Health

Ini Manfaat Mandi Pagi Buat Kesehatan

Published

on

Mandi pagi seolah menjadi alergi bagi sebagian orang yang tidak terbiasa melakukannya. Namun tahukah anda bahwa mandi pagi merupakan salah satu aktivitas yang mencerminkan gaya hidup sehat? Apalagi jika mandi pagi ini dilakukan sebelum jam 6 pagi dengan menggunakan air dingin, dan ditambah dengan olahraga serta minum air putih.

Saran untuk mandi pagi ini diberikan bukan tanpa sebab, hal ini untuk membuka wawasan anda tentang kandungan sehat dari mandi pagi serta manfaatnya buat kesehatan.

1. Meningkatkan kesehatan rambut kepala

Ini adalah manfaat mandi pagi yang tentu sangat berguna bagi anda yang tidak menginginkan kebotakan. Mandi pagi bisa membuat akar rambut menjadi lebih kuat sehingga mengurangi terjadinya kerontokan. Bukan hanya mengurangi kerontokan, mandi pagi juga tidak akan membuat rambut terlihat kusam.

2. Meningkatkan kemampuan otak untuk mengingat

Air dingin yang anda gunakan saat mandi pagi akan membantu meringankan beban otak anda, sehingga stress dan depresi akan berkurang, yang tentunya akan menjadikan otak lebih dingin. Keuntungannya, anda bisa lebih siap dalam beraktifitas dan bisa mengingat sesuatu dengan lebih baik.

3. Melancarkan peredaran darah

Hal ini sudah dibuktikan oleh lembaga riset trombosit yang ada di inggris. Mandi pagi akan membuat peredaran darah menjadi lancar sehingga tubuh juga akan menjadi lebih segar dan rileks dan nutrisi serta oksigen bisa tersuplai dengan baik menuju otak, sehingga bisa meningkatkan kemampuan otak untuk mengingat seperti manfaat mandi pagi yang sebelumnya.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Mandi pagi juga akan membuat daya tahan tubuh menjadi meningkat sehingga tubuh bisa memerangi virus yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan dengan baik. Hal ini tidak lain karena mandi pagi juga bisa meningkatkan sel darah putih di dalam tubuh, dan sudah dibuktikan juga oleh para peneliti di inggris.

alterntif text

5. Menurunkan resiko rheumatik

Jika anda tahu bahwa mandi di malam hari sangat memungkinkan anda untuk terkena rheumatik, berbeda dengan mandi pagi. Karena justru mandi pagi malah menghindarkan anda dari rheumatik. Sebab air dingin di pagi hari memiliki kandungan karbondioksida yang lebih baik jika dibandingkan dengan malam hari.

6. Menurunkan resiko tekanan darah tinggi

Mandi pagi bukan hanya menurunkan resiko rheumatik, tetapi juga bisa menurunkan resiko penyakit darah tinggi. Manfaat yang satu ini bahkan juga sudah dibuktikan oleh penelitian, karena memang mandi pagi akan mengurangi terjadinya resiko pengerasan pembuluh darah serta mengurangi resiko varises.

7. Meningkatkan mood

Jika anda memperhatikan orang yang mandi pagi lebih ceria dan lebih banyak tersenyum, itu karena mandi pagi bisa membantu meningkatkan mood dan melunturkan depresi atau stress.

8. Menjaga kesegaran dan kelembaban kulit

Manfaat mandi pagi yang satu ini tentu sangat menggiurkan bagi anda yang selalu memperhatikan kondisi kulit tubuh. Faktanya, mandi pagi akan membuat kulit anda tampak segar dan terjaga kelembabannya karena mandi pagi juga mengeluarkan racun-racun yang ada di dalam tubuh anda. Sehingga tidak heran jika kulit anda juga terjaga kesehatannya.

Selain manfaat yang disebutkan di atas, mandi pagi juga sangat bermanfaat dalam mengurangi rasa kantuk yang berlebihan atau yang disebut juga dengan hipersomnia. Nah, dengan berbagai manfaat mandi pagi yang luar biasa tersebut memang sebaiknya kita tidak mengabaikan aktifitas yang satu ini. Demikian informasi tentang manfaat mandi pagi yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat.

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending