alterntif text
Parenting

Tips Jitu Agar Anak Menuruti Kata Orangtua

Mendidik anak memang tidak semudah yang dibayangkan. Dibutuhkan kerja keras dan juga kesabaran yang ekstra. Selain itu diperlukan berbagai tips atau trik yang jitu untuk membuat anak mendengarkan dan menuruti perkataan orangtua. Nah untuk itu, buat anda para orangtua sebaiknya baca beberapa tips di bawah ini.

Tips Jitu Agar Anak Anak Mendengarkan Dan Menuruti Orang Tua

1. Hindari memanggil dengan nada tinggi

Jika anda ingin memanggil anak anda untuk meminta bantuan maupun menyuruh untuk makan, sebaiknya jangan menggunakan nada yang tinggi atau dengan mengomel. Selain hal tersebut juga tidak akan menyelesaikan masalah, cara itu juga tidak menjamin anak anda akan segera menghampiri anda dan melakukan apa yang disuruhkan.

Justru dengan memanggil dengan nada tinggi, maka anak akan menjadi syok dan kaget bahkan menimbulkan rasa kesal dan akhirnya malah menjauh dari anda atau berpura-pura tidak mendengar. Sebaiknya gunakan kata-kata yang lembut yang dapat membuat anak tenang dan merasa terlindungi.

2. Introspeksi diri anda dan berikan contoh nyata

Ada kalanya orang tua juga lupa bahwa mereka juga sering tidak menepati janji. Dari berbagai informasi mengenai tips mendidik anak, introspeksi diri orang tua menjadi poin yang sering terabaikan. Orang tua yang seringkali tidak konsisten dengan ucapan mereka sendiri juga membuat anak sulit untuk mematuhi mereka.

Apalagi jika ditambah orang tua yang sering memarahi anaknya atas hal yang sebenarnya mereka sendiri juga melakukannya. Hal tersebut tentu membuat anak menjadi malas untuk melakukan perintah orang tua. Untuk itu penting sekali memperbaiki sikap anda, dan pastikan anda selalu memberi contoh yang baik pada anak anda sebelum mengajarkan anak tentang hal tersebut.

3. Dengarkan keluhan anak anda

Walaupun anda bisa memberikan perintah atau menyuruh anak anda untuk melakukan sesuatu, bukan berarti anda boleh mengabaikan dan tidak mendengarkan keluhan-keluhan mereka. Sikap anak yang menolak untuk disuruh melakukan sesuatu bisa jadi bukan karena dia malas atau nakal. Mungkin saja saat itu dia sedang kelelahan sepulang sekolah, sedang ada masalah dengan lingkungan sekitarnya maupun sedang merasa tidak enak badan. Maka dari itu sebaiknya luangkan waktu anda untuk mendengarkan keluhan-keluhan anak anda.

4. Tujukan tatapan anda pada anak anda

Hal ini mungkin terlihat sepele, akan tetapi tatapan mata memiliki kekuatan untuk menunjukkan perasaan anda. Ketika anda menatap mata anak anda, maka mereka akan dapat melihat bahwa anda memberikan perhatian dan bukannya marah ataupun melakukan perintah dengan semena-mena. Dengan menatap mata anak anda, maka mereka juga akan merasakan bahwa anda membutuhkan bantuan mereka dan mereka akan lebih senang melakukan hal tersebut. Selain itu tatapan mata juga membuat anak merasa diperdulikan dan juga diperhatikan.

5. Memperhatikan situasi anak anda

Tips agar anak menuruti kata orang tua selanjutnya adalah ketika anda memberikan perintah pada anak anda namun anak anda terlihat malas untuk melakukannya, jangan langsung menganggap bahwa anak anda memang pemalas dan sulit untuk diatur. Sebaiknya diperhatikan dulu kondisinya sebelum anda melakukan perintah tersebut. Apakah dia sedang kelelahan habis mengerjakan sesuatu, atau karena hal lainnya.

Dan apabila kondisi anak sedang kelelahan, sebaiknya berilah kesempatan untuk beristirahat terlebih dahulu, agar tenaganya kembali pulih. Setelah itu minta tolong lah dengan lembut dan sabar sehingga anak tidak akan merasa terpaksa untuk melakukan hal tersebut.

Tips agar anak menuruti kata orang tua di atas dapat anda terapkan mulai saat ini juga, semakin sering anda menerapkannya maka akan semakin besar peluang anak menuruti kata anda.

alterntif text

BAGIKAN:
alterntif text
loading...
Loading...
Comments

Terpopuler

loading...
To Top