Tips Mengolah Mie Instan yang Sehat | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Food - Travel

Tips Mengolah Mie Instan yang Sehat

Published

on

Mie Instan seolah menjadi teman dalam keadaan apapun, karena keberadaannya bisa dengan mudah ditemukan. Harganya pun murah dan cara memasaknya juga tidak rumit. Namun, dibalik kemudahan dan kelezatan yang ditawarkan oleh mie instan, terdapat efek buruk yang tidak boleh diabaikan karena bisa membahayakan kesehatan. Tentu ini adalah mimpi buruk bagi penggemar makanan cepat saji yang satu ini.

Namun jangan risau, karena kali ini kami akan memberikan tips mengenai cara masak mie instan yang sehat sehingga Anda pun bisa mengkonsumsinya dengan aman.


1. Perhatikan Tanggal Kadaluarsa yang Tercantum pada Kemasan Mie Instan

Ini adalah hal pertama yang harus Anda perhatikan, bukan hanya mie instan tetapi juga pada makanan olahan pabrik yang lainnya. Dengan selalu mempehatikan tanggal kadaluarsa, berarti Anda juga memperhatikan kesehatan Anda. Sehingga telitilah sebelum Anda membeli mie instan.

2. Masak Mie Hingga Matang dan Perhatikan Petunjuk Memasak Mie Instan

Selain tanggal kadaluarsa, sebaiknya Anda juga memperhatikan petunjuk penyajian dan cara memasak mie instan yang tertera pada kemasan. Masaklah mie hingga benar-benar matang supaya mie bisa lebih mudah dicerna oleh tubuh.

Hindari memakan mie dalam kondisi yang mentah, karena itu akan berakibat buruk pada sistem pencernaan. Mie yang mentah akan lebih sulit dicerna sehingga beban kerja sistem pencernaan menjadi lebih berat. Tak jarang banyak yang mengalami sakit perut setelah mengkonsumsi mie instan dalam kondisi mentah.
Untuk menghindari hal ini tentu saja Anda harus memasak mie instan dengan benar. Ukur waktu memasak mie supaya mie bisa matang dengan sempurna.

3. Jangan Masukkan Bumbu ke dalam Mie Instan yang Tengah Dimasak dan Kurangi Bumbu Mie Instan

alterntif text

Sebagian orang memiliki kebiasaan yang satu ini, namun sebaiknya Anda tidak menirunya, karena sebenarnya bumbu mie instan memiliki kandungan yang berbahaya dan jika dicampurkan dengan air yang bersuhu tinggi malah akan semakin berbahaya, Dalam petunjuk penyajian pun hal ini sudah dijelaskan dengan baik. Sembari Anda menunggu mie instan yang sedang Anda masak itu matang, Anda bisa menyiapkan bumbu dengan menuangnya ke atas piring atau mangkok, dan setelah mie instan matang, Anda hanya perlu menambahkannya di atas piring atau mangkok tersebut.

Dan sebaiknya Anda juga mengurangi bumbu mie instan yang Anda gunakan, karena bumbu mie instan tersebut mengandung banyak MSG dan garam yang memiliki batas aman untuk dikonsumsi. Opsi yang lainnya adalah Anda bisa membuat bumbu sendiri untuk mie instan ini.

4. Tambahkan Sayuran, Daging atau Telur

Jika Anda juga memperhatikan kemasan, Anda akan melihat bahwa mie instan juga memiliki sejumlah kecil nutrisi. Namun nutrisi ini masih kalah dengan jumlah karbohidrat yang ada di dalam mie instan sehingga tetap saja kandungan gizi mie instan tidak seimbang.
Untuk mengatasinya, Anda bisa menambahkan dengan sayuran, daging atau telur. Penambahan inipun sebaiknya Anda menggunakan bahan-bahan yang masih segar dan bukan bahan yang dibekukan.

5. Jangan Tambahkan Nasi saat Memakan Mie Instan

Kebanyakan orang menjadikan mie instan sebagai lauk. Padahal sebenarnya kandungan karbohidrat dan kalori di dalam mie instan sudah tinggi, sehingga jika dicampur dengan nasi, tubuh akan menerima banyak karbohidrat dan kalori, akibatnya kadar gula dalam tubuh juga akan tinggi.

Oleh karenanya jangan jadikan mie instan sebagai lauk. Sebagai gantinya, Anda bisa mencampurnya dengan aneka sayuran, daging atau telur saja.

Nah, itulah tips untuk mengolah mie instan yang sehat. Meskipun Anda adalah penggemar mie instan, sebaiknya Anda tidak mengkonsumsinya terlalu sering apalagi jika sampai setiap hari karena itu akan berdampak pada kesehatan.

BAGIKAN:
Advertisement
alterntif text
Comments

Trending