Kenali Ciri-Ciri Gejala ADHD Pada Anak | Makassar Today
Connect with us

Health

Kenali Ciri-Ciri Gejala ADHD Pada Anak

Published

on

ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) merupakan gangguan perkembangan dalam peningkatan aktivitas motorik anak-anak yang menyebabkan anak bertingkah tidak lazim. Sebagai orangtua, anda harus selalu sigap dan cermat dalam melihat pola tingkah laku dan perkembangan anak.

Apabila orangtua tidak memberi perhatian khusus secara ekstra, gejala ADHD tidak ketahuan, karena biasanya sepintas yang terjadi nampak normal dan baik-baik saja. Namun seiring berjalannya waktu, hingga kebiasaan-kebiasaan tersebut telah semakin mendarah daging pada anak, barulah para orangtua sadar ada yang aneh terhadap anaknya. Dan jika anda mengetahuinya sudah dalam keadaan yang demikian, maka untuk membuat anak anda normal dalam kondisi yang seharusnya akan menjadi lebih sulit.

Untuk itu sebagai orangtua anda wajib terus memperhatikan tingkah laku buah hati anda, dan sebaiknya waspadalah apa bila anak anda melakukan beberapa hal di bawah ini, yang diyakini sebagai ciri-ciri ADHD pada anak.

1. Anak sering Melamun atau Sulit Memusatkan Pada Suatu Perhatian (Inattention)

Buah hati anda yang mengalami ADHD akan sulit untuk memusatkan pada satu perhatian dan suka melamun. Jika anda mengatakan sesuatu, mereka akan sulit untuk menangkap perkataan anda karena kurangnya focus yang mereka berikan pada setiap perkataan anda. Sebagai contoh misalnya, mainan sering tertinggal di sekolah atau di tempat lain, jarang menyelesaikan tugas hingga tuntas karena tidak fokus dan mudah dialihkan konsentrasinya, dan seringnya membuat kesalahan merupakan ciri dari kurangnya pemusatan atau fokus. Dan hal tersebut merupakan salah satu indikasi ADHD yang harus anda waspadai. Apabila anak anda mengalami hal demikian sebaiknya bawa anak anda ke therapis yang sudah berpengalaman agar bisa mendapat kesembuhan.

2. Anak yang Hiperaktif


Memang anak kecil terutama di bawah usia lima tahun sangat gemar bermain dan hiperaktif, hal tersebut nampak wajar dan sulit untuk dibedakan mana anak yang mengalami ADHD ataupun tidak. Namun pada pengidap ADHD, perilaku hiperaktif berbeda dari yang biasanya. Mereka lebih menunjukkan sifat banyak berbicara, tidak dapat tenang ataupun diam pada satu tempat, mempunyai kebutuhan untuk selalu bergerak, sering membuat gaduh di setiap suasana, selalu memegang apa saja yang dilihatnya, sulit untuk duduk diam seperti anak lain, lebih gelisah dan implusif dari teman sebaya atau seusianya, dan juga suka berterik-teriak.

3. Anak Bertindak Tanpa Berpikir (Impulsif)

Ciri lain dari penderita ADHD yaitu selalu bertindak tanpa berfikir terlebih dahulu tentang apa dampak yang akan timbul setelahnya. Mereka lebih suka menentang suatu aturan dan membuat aturan baru. Penderita ADHD kesulitan untuk menunda respon atau biasa dikatakan tidak sabaran, sehingga mereka senang terburu-buru. Selain itu mengambil barang orang lain dengan paksa, reaktif, dan tidak menyukai antri sering mereka lakukan.

4. Anak Sering Cemas

Anak yang mengalami ADHD akan mengalami perasaan cemas. Khawatir dan takut juga akan sering dialami pada penderita ADHD ini. Pengamatan dan perhatian dari orangtua sangat dibutuhkan untuk membantu mereka sembuh dari ADHD. Selain itu, mereka sangat sensitif terhadap kritikan. Mereka tidak suka pada kritikan yang diberikan orang lain kepada mereka. Anak ADHD menganggap segala yang dikerjakan sudah benar dan tidak membutuhkan kritik. Sulit beradaptasi atau kecemasan pada situasi baru dan tidak familiar dengannya adalah ciri dari rasa cemas yang dimiliki penderita ADHD. Sifat pemalu dan cenderung menarik diri juga dimiliki oleh anak ADHD.

5. Anak Suka Menentang

Seringnya melanggar aturan oleh anak ADHD dianggap hal yang biasa, karena pada dasarnya mereka tidak suka ada aturan yang mengikat mereka. Oleh karenanya anak ADHD lebih sering mendapat masalah pada seseorang yang memiliki otoritas dan juga penderita ADHD sering merasa terganggu dan pemarah dari pada teman seusianya.

Nah, itulah ciri-ciri gejala dari ADHD. Jika buah hati anda termasuk dalam kategori ciri diatas, segeralah periksa ke dokter atau psikiater.

Advertisement
Comments

Women

Mengenal Ciri Wanita Yang Ingin Menikah!

Published

on

By

Makassartoday.com – Wanita adalah makhluk misterius yang sulit ditebak. Dari mulut, mereka mengatakan “Iya” tapi di hati mereka mengatakan “Tidak”. Jadinya kamu yang bingung.

Sudah bukan pertanyaan lagi kalau wanita lebih cepat ingin menikah dibanding pria. Bukan berarti kamu bisa cuek saja apalagi kalau kamu sudah dalam hubungan yang serius. Menunda terlalu lama tidak baik untuk sebuah hubungan karena akan menimbulkan konflik yang berkepanjangan.

Kalau kamu belum punya pasangan dan sudah siap untuk menikah, jangan khawatir. Tidak perlu agresif dalam mendekati para wanita. Justru kalau pria terlalu agresif, membuat wanita tinggi hati. Mereka akan berusaha untuk jual mahal. Bisa-bisa kamu bakalan ditolak mentah-mentah. Caranya mudah. Cukup mengamati jawaban dari bahasa tubuh mereka saja.

Kalau kamu melihat gerak-gerik berikut pada setiap wanita, siap-siaplah bertindak. Selamat membaca!

1. Mulai sering upload foto anak kecil atau foto bersama anak kecil di media sosial.

Jika kamu sudah siap untuk menikah namun belum ketemu pasangan, jangan galau! Banyak jalan menuju Arab. Salah satunya dengan memperhatikan foto teman-teman wanita kamu di media sosial terutama BBM. Biasanya, setiap hari para wanita akan mengganti foto profil namun setiap hari juga foto yang diganti ada anak kecilnya. Kalau kamu melihat tanda seperti itu, berarti sang wanita menitipkan pesan “Aku mau nikah.”

Kalau sudah punya hubungan dengan wanita itu, maka kamu jangan pura-pura lugu dan tidak tahu. Segera datangi orang tuanya dan minta untuk menikah. Kadang-kadang wanita tidak mau memberitahukannya.

2. Mulai sering membicarakan tentang pernikahan.

Sedang ngumpul-ngumpul bersama teman-teman pasti sering tema pembahasan tentang pernikahan. Itu juga tanda lho! Orang-orang itu udah kepengen kali untuk menikah. Bagi wanita dan pria, kalian harus jeli. Ini adalah peluang emas untuk menggaet pasangan karena kalian sedang berada di komunitas yang kepengen menikah segera.


3. Mulai nonton atau baca tentang hal-hal yang berbau pernikahan.

Kalau jumpa wanita di toko buku yang sedang melihat-lihat buku tentang pernikahan atau jumpa di toko kaset, boleh langsung tanya “Mau nikah, dek ya?” Mudah-mudahan tidak ditabok sama buku, ya. Kalau ditabok, anggap aja sebagai awal sebuah hubungan perkenalan. Minta nomor HP, pin BBM, dan langsung PDKT. Jangan tunggu lama karena proses untuk wanita dengan tanda-tanda seperti itu, akan cepat proses jadiannya. Langsung ajak nikah.

4. Mulai sering update status tentang cinta di media sosial.

Coba perhatikan status wanita-wanita di media sosial Facebook dan BBM. Pasti akan banyak sekali yang menuliskan status galau atau memasang foto kata-kata motivasi tentang pernikahan. Jangan dianggap biasa aja! Sebenarnya mereka tidaklah galau tetapi sedang menyampaikan sebuah sandi rahasia “Aku mau nikah, aku mau dilamar.” Jangan mikir lagi! Langsung PING aja wanita itu dan ajak nikah.

5. Mulai sering datang di acara pernikahan teman.

Ada undangan pernikahan dari teman. Kamu harus datang karena di sana kamu akan mendapatkan banyak sekali wanita-wanita yang siap untuk dilamar. Seperti orang jaman dulu, sering dapat jodoh pada saat pesta pernikahan orang lain. Tandanya mudah. Tinggal lihat saja wanita yang datang tidak dengan pasangannya. Itulah dia, sang wanita yang mulai ingin menikah.

Salah satu alasan wanita-wanita ini datang pada saat pernikahan teman adalah supaya tidak enak telah diundang, menyambung silaturrahmi, tapi sebenarnya ada alasan lain yang disembunyikan yaitu supaya sang wanita diperhatikan oleh para pria yang jomblo di pesta itu, didekatin, dan pada akhirnya diajak nikah.

Ini hanyalah penelitian non ilmiah dan pernah dipresentasikan di hadapan ratusan orang bagi sepuluh di grup media sosial rahasia. Kalau benar, Alhamdulillah. Kalau salah, ya sudah.

(Sumber: hipwee)

Baca Selengkapnya
Advertisement

Terpopuler