Diduga Peras Napi, Kepala Pengamanan Rutan Minta Dicopot | Makassar Today
Connect with us

Sulsel

Diduga Peras Napi, Kepala Pengamanan Rutan Minta Dicopot

Published

on

MAKASSAR – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Jaringan Aktivis Mahasiswa Indonesia (Jaksa indonesia) menggelar aksi unjuk rasa di depan Rumah Tahanan (Rutan) Klas I, Jl Kompleks Rutan Gunung Sari Makassar, Senin (6/2/2017).

Dalam askinya, para mahasiswa menuntut Kepala Pengamanan Rutan Klas I Makassar, terkait duaan pemerasan yang dilakukan oknum petugas rutan kepada sejumlah nara pidana (napi). Para demonstran juga mensinyalir, Rutan Klas I Makassar menjadi tempat peredaran narkoba.

“Rutan yang harusnya menjadi tempat pembinaan para napi malah diduga menjadi tempat tindak kriminal seperti pungli dan narkoba. Oknum sipir yang bertugas untuk membina dan menjaga warga binaan tidak sesuai dengan mekanisme humanisasi yang seharusnya memperlakukan warga binaan sebagai manusia,” tegas Kordinator Aksi, Ashabul Kahfi.

Adapun dugaan pungli kepada napi oleh oknum sipir, kata Ashabul, terjadi dalam proses pengurusancuti bersyarat (CB) dan Pembebasan Bersyarat (PB). Ashabul juga juga membeberkan indikasi peredaraan narkotika yang diduga melibatkan oknum sipir. Peredaran narkotika itu, dibuktikan dengan beberapa temuan pada saat sidak oleh pihak BNNP Sulsel serta adanya pengakuan dari salah satu mantan napi berinial WD.

demo mahasiswa di rutan klas i makassar (1)

“Maka dengan dasar inilah kami anggap bahwa rutan kelas 1 makassar sangat tdak humanis dalam proses pembinaan warga binaan, begitu pun dgan prosesi pelayanan warga binaan yang diskriminatif, sehingga kami meminta kepada pihak yang bersangkutan untuk mecopot kepala pengamanan (KP) yang kami anggap gagal dalam menjalankan tugasnya,” pungkas Ashabul.

Setelah menyampaikan aspirasinya, pihak Rutan Klas I Makassar kemudian menerima salah seorang perwakilan demonstran. Usai bertemu dengan pihak Rutan, para demonstran kemudian membubarkan diri dengan tertib.

Namun mereka berjanji akan melakukan aksi yang sama jika tuntutan mereka tidak dipenuhi pihak rutan. Hingga berita ini diturunkan, pihak Rutan Klas I Makassar belum berhasil dikonfirmasi. (hajji taruna)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Sulsel

Jelang Pilgub Sulsel, 4 Kecamatan di Gowa Dijaga Brimob Kelapa Dua

Published

on

By

Makassartoday.com – Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel tinggal menghitung hari. Segara persiapan dalam rangka menjaga keamanan dilakukan pihak kepolisian.

Tak hanya melibatkan unsur aparat daerah, pengamanan Pilkada Serentak di Sulsel juga melibatkan personel dari Mabes Polri. Seperti pengamanan di wilayah Kabupaten Gowa.

Setidaknya satu kompi pasukan dari Brimob Kelapa Dua Mabes Polri diturjunkan di wilayah yang dikenal sebagai basis utama salah satu paslon gubernur itu.

Kapolres Gowa AKBP Shinto Silitonga, Jumat (22/6/2018) bahkan telah melakukan arahan langsung guna melakukan persiapan pergeseran ke titik lokasi pengamanan.

Mengawali pemberangkatan pasukan terlebih dahulu menerima arahan dari setap perwira pendamping tiap peleton selanjutnya menuju kendaraan yang telah disiapkan.

Adapun empat titik lokasi penempatan personil Brimob di antaranya Mako Polres Gowa, Polsek Bajeng, Tinggimoncong dan Polsek Bungaya.

Seluruh pasukan dibentuk dalam empat peleton dengan tugas yang berfariasi dan ditempatkan berdasarkan Rayonisasi Jajaran Polres Gowa. Hal ini bertujuan untuk dapat mengcover setiap Kecamatan yang berada dalam 4 rayon tersebut.

“Pasukan ini cepat kami geser dengan harapan seluruh personel dapat beradaptasi dengan situasi dan kondisi yang ada, sekaligus dapat merangkul seluruh masyarakat, tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk dapat mendukung menciptakan Pilkada Damai di wilayah hukum Polres Gowa,” terang Kapolres Gowa, AKBP Shinto Silitonga. (Hajji Taruna)

BAGIKAN:
Baca Selengkapnya

Sulsel

Terios Seruduk Pembatas Halte Depan Kampus UIM

Published

on

By

Makassartoday.com – Minibus Daihatsu Terios warna putih, DD 1127 KP mengalami kecelakaan tunggal di Jl Perintis Kemerdekaan, Kamis (21/6/2018) sekitar pukul 09.00 WITA.

Mobil yang dikemudikan, Muh Jabir, Ketua RW, beralamat di Jl Sahabat, Kelurahan Tamalanrea Indah, Kecamatan Tamalanrea, Makassar, Sulsel menabrak pembatas halte busway setelah mengalami oleng, tepat di Kampus Universitas Islam Makassar (UIM).

“Saya menuju pulang dari arah kota, tiba-tiba oleng mobil tidak terkendali sampai menabrak batas halte,” beber pengemudi.

Beruntung tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian ditaksir mencapai belasan jutaan rupiah.

Sekitar pukul 10.15 Wita, mobil tersebut dievakuasi oleh mobil truk sampah yang kebetulan melintas didekat kejadian dan selanjutnya mobil diderek ke bengkel terdekat. (Hajji Taruna)

BAGIKAN:
Baca Selengkapnya

Sulsel

Kapolda Sulsel Sambangi Polres Gowa

Published

on

By

Makassartoday.com – Kapolres Gowa, AKBP Shinto Silitonga, beserta para pejabat utama menyambut kedatangan Kapolda Sulsel Irjen Pol Umar Septono di halaman Mapolres Gowa, Rabu (20/6/2018) pagi.

Adapun kedatangan Kapolda Sulsel di Polres Gowa dakam rangka kunjungan kerja sekaligus silaturrahmi bersama jajaran personel Polres Gowa.

Tampak Kapolda Sulsel menyalami satu per satu para pejabat utama Polres Gowa yang berjajar menyambut kedatangannya.

Kapolda pun terlebih dahulu menuju ruang kerja Kapolres Gowa sebelum akhirnya menuju Aula Endra Dharmalaksana untuk memulai kegiatan tatap muka dengan seluruh personil Polres Gowa.

Saat dikonfirmasi, Kapolres Gowa menyampaikan rasa bangganya atas kunjungan Kapolda Sulsel di Polres Gowa disela-sela kesibukannya. (Hajji Taruna)

BAGIKAN:
Baca Selengkapnya