Ada Petisi Dukung Obama jadi Presiden Prancis? | Makassar Today
Connect with us

Internasional

Ada Petisi Dukung Obama jadi Presiden Prancis?

Published

on

Publik Prancis diramaikan dengan sebuah petisi yang menginginkan agar mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama menjadi Presiden Prancis 2017. Petisi muncul saat para kandidat presiden Prancis sibuk kampanye untuk merebut simpati publik.

Petisi itu diluncurkan oleh situs yang bernama Obama2017.fr. Dalam situs itu, publik Prancis didesak untuk membuat gebrakan dengan berani memilih orang asing sebagai presiden.

Tak hanya petisi, poster “Obama17” juga ramai bertebaran di Prancis. Menurut situs petisi tersebut, meski Obama bukan warga Prancis, dia memiliki kemampuan untuk menjadi Presiden Prancis.

Pemilu Presiden Prancis akan digelar 23 April mendatang. Jika dalam pemilu itu tidak ada kandidat yang meraih suara mayoritas untuk menjadi presiden, maka akan dilanjutkan pada pemilu putaran kedua pada 7 Mei mendatang.

Situs petisi itu berjanji untuk mengumpulkan satu juta suara untuk mendukung Obama yang sudah dua periode jadi Presiden AS dan meraih Hadiah Nobel Perdamaian.

“Barack Obama memiliki resume terbaik di dunia untuk pekerjaan ini,” tulis situs tersebut “Kami ingin berjuang dengan memilih Presiden asing di negara kita yang indah,” lanjut tulisan di situs itu.

Petisi itu muncul ketika partai ekstem kanan Prancis mulai medominasi dalam jajak pendapat menjelang pemilu.

“Karena pada saat rakyat Prancis memilih secara besar-besaran untuk ekstrem kanan, kita masih bisa memberikan pelajaran demokrasi ke planet ini dengan memilih seorang Presiden Prancis, orang asing,” bunyi kampanye di situs tersebut.

Kelompok yang meluncurkan situs itu juga menyerukan kepada setiap wali kota di Prancis untuk mendukung mereka. Petisi itu disambut para warga Prancis melalui Twitter.

Ludovic Gautier seorang pengguna akun Twitter @Senordiezz menulis; “Saya mempunyai impian! #Obama17 #Presidentielle2017”. Pengguna Twitter lainnya, Anshuman dengan akun @anshuman menulis; “Obama untuk Presiden (Prancis) #yeswecan #ouionpeut #obama17”. (*)

Jika Pemilihan Gubernur Sulsel digelar hari ini, siapa pilihan Anda?

Jika Pilwalkot Makassar digelar hari ini, siapa pilihan Anda?

Advertisement

Comments

Internasional

Azan Berkumandang, Wasit Ternama Ini Langsung Hentikan Permainan

Published

on

By

Mantan wasit ternama Premier League, Mark Clattenburg, mendapatkan sorotan lagi setelah bekerja di Arab Saudi. Ketika sedang memimpin pertandingan, Clattenburg menghentikan laga sejenak karena azan berkumandang.

Hal ini terjadi pada laga Kings Cup, atau Piala Liga Arab Saudi, antara Al-Feiha melawan Al-Fateh di Stadion King Salman Sports City, Rabu (24/1/2018).

Dilansir dari detik.com, ketika skor masih sama kuat 1-1, di mana laga memasuki menit ke-94, azan berkumandang dan Clattenburg langsung meniup peluit meminta laga untuk dihentikan sementara.

Azan berkumandang cukup keras, hal itu terdengar jelas pada video yang viral. Diperkirakan ada masjid di dekat stadion King Salman Sports City.

Laga setidaknya berhenti selama tiga menit sebelum Clattenburg kembali melanjutkan pertandingan. Pada akhirnya, Al Feiha berhasil mencetak gol kemenangan pada menit ke-118 melalui Sami Al Khaibari.

Mark Clattenburg Stop the Matches during Adzan #markclattenburg #respect

A post shared by Alwi (@bian19hafiz) on

Al Feiha pun dipastikan melaju ke perempat final Kings Cup.

Clattenburg memang sudah tak memimpin Premier League sejak Februari 2017 dan menjadi kepala perwasitan di Federasi Sepakbola Arab Saudi. Tak ayal namanya sempat hilang dari peredaran, hingga video dia menghentikan laga karena azan ini viral. (*)

Jika Pemilihan Gubernur Sulsel digelar hari ini, siapa pilihan Anda?

Jika Pilwalkot Makassar digelar hari ini, siapa pilihan Anda?

Baca Selengkapnya
Advertisement

Terpopuler