Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Dihelat di Makassar | Makassar Today
Connect with us

Sulsel

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Dihelat di Makassar

Published

on

MAKASSAR – Sebagai salah satu kota dengan angka pertumbuhan ekonomi tertinggi di Indonesia, kota Makassar terpilih sebagai kota tempat pelaksanaan gerakan Nasional 1000 Startup Digital yang rencananya akan dibuka secara resmi oleh Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, di kampus Universitas Hasanuddin, Sabtu (11/3/2017).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Makassar, Ismalil Hajiali saat di konfirmasi menyambut baik rencana ini dan ikut memberikan dukungan sepenuhnya demi suksesnya event yang berskala nasional ini.

“Ini kesempatan yang sangat baik untuk anak-anak muda kita. Salah satu misi Pemerintah Kota Makassar yakni menciptakan entrepreneurship muda demi mendukung suksesnya program Makassar Sombere’ dan Smart City” ujar Ismail Hajiali saat di konfirmasi diruang kerjanya, Selasa (7/3/2017).

Dengan adanya program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital ini Makassar, Ismail Hajiali mengharapkan dapat melahirkan pengusaha-pengusaha sukses yang kemudian menjadi jembatan bagi pengusaha pemula lainnya untuk sukses.

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital merupakan Program besutan Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama KIBAR Indonesia yang bertujuan menjadi solusi atas berbagai masalah dengan memanfaatkan teknologi digital demi mewujudkan potensi Indonesia menjadi The Digital Energy of Asia pada tahun 2020.

Sementara itu, Public Relations Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, Rizky Kurniawan Suhyar menjelaskan alasan dipilihnya Makassar sebagai salah satu kota tempat pelaksanaan even ini.

“Ekosistem startup di Makassar sudah mulai memperlihatkan bentuknya dalam hal komponen-kompenen pendukung dari ekosistem penunjangnya. Berbagai elemen seperti komunitas startup dan programmer, asosiasi dan profesional, institusi pendidikan, dan pemerintah setempat sudah sangat mendukung tumbuhnya ekosistem startup di Makassar,” ujar Rizky Kurniawan Suhyar.

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital akan menyapa Kota Makassar pada Ignition pertama di Universitas Hasanuddin pada 11 Maret 2017. Berbagai persiapan telah dilakukan KIBAR bersama Dinas Kominfo Makassar bersama mitra lokal lainnya untuk memaksimalkan semangat dan tujuan dari program ini.

Pada tahap pertama akan ada 200 peserta yang akan terpilih di setiap kota untuk mengikuti Ignition, sebuah seminar yang akan menginspirasi para peserta untuk membuat sebuah startup yang menyelesaikan masalah dan memberikan dampak positif bagi masyarakat. Tahapan ini sangat penting bagi setiap calon pendiri startup untuk memahami pola pikir kewirausahaan sebelum memulai startup-nya masing-masing.

“Para pelaku industri startup di Makassar sangat senang mendengar kabar Gerakan Nasional 1000 Startup Digtial akan hadir di sini. Respons mereka sangat positif terhadap inisiatif ini,” Rizky menambahkan.

“Untuk mengikuti gerakan ini tidak hanya untuk mereka yang merupakan seorang programmer dan designer saja. Kami juga mengajak rekan-rekan dari segala bidang seperti kedokteran, pertanian, komunikasi, bahasa dan lainnya untuk turut mengikuti gerakan ini. “Saya yakin industri startup Makassar dapat berkembang pesat dan menopang perekonomian Makassar dan Indonesia,” tutup Rizky.

Untuk mendaftar sebagai peserta di event ini, cukup dengan mengisi form registrasi direg.1000startupdigital.id. Program ini terbuka untuk yang sudah ataupun belum memiliki ide, sudah atau belum memiliki tim, maupun yang sudah memiliki produk. Namun, jika ingin mendaftar dengan tim, semua anggota harus mendaftar secara individual, dan mengikuti program dari awal hingga akhir.

Sebagai salah satu syarat pendaftaran, semua peserta harus membuat sebuah video berdurasi maksimal dua menit, yang menggambarkan masalah besar yang ingin diselesaikan, beserta ide dan solusi yang akan dibuat dengan memanfaatkan teknologi digital. Video tersebut kemudian di-upload ke YouTube dengan menyertakan hashtag #1000startupdigital. Pendaftaran ditunggu sampai tanggal 10 Maret 2017.

Untuk mendapatkan keterangan lanjutan, para calon peserta juga bisa mendatangi posko Pertolongan Pertama Pada (yang) Kebingungan (P3K) yang tersedia disejumlah tempat yakni, Rumah Software Indonesia Makassar Technopark (Kantor Dinas Kominfo Makassar) jalan Andi Pangeran Pettarani No.62, AIESEC Unhas, jalan Borong Raya Perumahan Graha Janna Land Block C No.14, Meethup Hangout Point, Jl Kebahagiaan Utara, Blok A BTP. (idiris)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Sulsel

Jelang Pilgub Sulsel, 4 Kecamatan di Gowa Dijaga Brimob Kelapa Dua

Published

on

By

Makassartoday.com – Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel tinggal menghitung hari. Segara persiapan dalam rangka menjaga keamanan dilakukan pihak kepolisian.

Tak hanya melibatkan unsur aparat daerah, pengamanan Pilkada Serentak di Sulsel juga melibatkan personel dari Mabes Polri. Seperti pengamanan di wilayah Kabupaten Gowa.

Setidaknya satu kompi pasukan dari Brimob Kelapa Dua Mabes Polri diturjunkan di wilayah yang dikenal sebagai basis utama salah satu paslon gubernur itu.

Kapolres Gowa AKBP Shinto Silitonga, Jumat (22/6/2018) bahkan telah melakukan arahan langsung guna melakukan persiapan pergeseran ke titik lokasi pengamanan.

Mengawali pemberangkatan pasukan terlebih dahulu menerima arahan dari setap perwira pendamping tiap peleton selanjutnya menuju kendaraan yang telah disiapkan.

Adapun empat titik lokasi penempatan personil Brimob di antaranya Mako Polres Gowa, Polsek Bajeng, Tinggimoncong dan Polsek Bungaya.

Seluruh pasukan dibentuk dalam empat peleton dengan tugas yang berfariasi dan ditempatkan berdasarkan Rayonisasi Jajaran Polres Gowa. Hal ini bertujuan untuk dapat mengcover setiap Kecamatan yang berada dalam 4 rayon tersebut.

“Pasukan ini cepat kami geser dengan harapan seluruh personel dapat beradaptasi dengan situasi dan kondisi yang ada, sekaligus dapat merangkul seluruh masyarakat, tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk dapat mendukung menciptakan Pilkada Damai di wilayah hukum Polres Gowa,” terang Kapolres Gowa, AKBP Shinto Silitonga. (Hajji Taruna)

BAGIKAN:
Baca Selengkapnya

Sulsel

Terios Seruduk Pembatas Halte Depan Kampus UIM

Published

on

By

Makassartoday.com – Minibus Daihatsu Terios warna putih, DD 1127 KP mengalami kecelakaan tunggal di Jl Perintis Kemerdekaan, Kamis (21/6/2018) sekitar pukul 09.00 WITA.

Mobil yang dikemudikan, Muh Jabir, Ketua RW, beralamat di Jl Sahabat, Kelurahan Tamalanrea Indah, Kecamatan Tamalanrea, Makassar, Sulsel menabrak pembatas halte busway setelah mengalami oleng, tepat di Kampus Universitas Islam Makassar (UIM).

“Saya menuju pulang dari arah kota, tiba-tiba oleng mobil tidak terkendali sampai menabrak batas halte,” beber pengemudi.

Beruntung tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian ditaksir mencapai belasan jutaan rupiah.

Sekitar pukul 10.15 Wita, mobil tersebut dievakuasi oleh mobil truk sampah yang kebetulan melintas didekat kejadian dan selanjutnya mobil diderek ke bengkel terdekat. (Hajji Taruna)

BAGIKAN:
Baca Selengkapnya

Sulsel

Kapolda Sulsel Sambangi Polres Gowa

Published

on

By

Makassartoday.com – Kapolres Gowa, AKBP Shinto Silitonga, beserta para pejabat utama menyambut kedatangan Kapolda Sulsel Irjen Pol Umar Septono di halaman Mapolres Gowa, Rabu (20/6/2018) pagi.

Adapun kedatangan Kapolda Sulsel di Polres Gowa dakam rangka kunjungan kerja sekaligus silaturrahmi bersama jajaran personel Polres Gowa.

Tampak Kapolda Sulsel menyalami satu per satu para pejabat utama Polres Gowa yang berjajar menyambut kedatangannya.

Kapolda pun terlebih dahulu menuju ruang kerja Kapolres Gowa sebelum akhirnya menuju Aula Endra Dharmalaksana untuk memulai kegiatan tatap muka dengan seluruh personil Polres Gowa.

Saat dikonfirmasi, Kapolres Gowa menyampaikan rasa bangganya atas kunjungan Kapolda Sulsel di Polres Gowa disela-sela kesibukannya. (Hajji Taruna)

BAGIKAN:
Baca Selengkapnya